Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Perbedaan Lapisan Jok Kulit Sintesis dan Kulit Asli, Jangan Tertipu!

×

Perbedaan Lapisan Jok Kulit Sintesis dan Kulit Asli, Jangan Tertipu!

Share this article
Perbedaan Lapisan Jok Kulit Sintesis dan Kulit Asli

Bagi anda yang berencana mengganti atau memasang jok kendaraan kesayangan anda, maka penting untuk mengetahui perbedaan lapisan jok kulit sintesis dan kulit asli agar anda tidak salah atau tertipu.

Jika anda ingin mengganti kulit jok kendaraan anda, maka saat ini terdapat dua model jok yang umum tersedia dipasaran yakni jok dengan bahan sintesis dan juga kulit asli. Kedua jenis jok ini memiliki perbedaan harga dan kualitas yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran anda.

Example 300x600

Maka dari itu, penting bagi anda mengetahui perbedaan kedua jok ini agar anda tidak sampai salah memilih atau malah tertipu oknum penjual jok nakal.

Lalu apa saja perbedaa dari kedua jenis jok ini? simak sebagai berikut.

Perbedaan Lapisan Jok Kulit Sintesis dan Kulit Asli

Perbedaan Lapisan Jok Kulit Sintesis dan Kulit Asli

Aroma

Perbedaan yang pertama ada pada aroma kedua bahan ini. Aroma keduanya berbeda. Aroma jok berbahan kulit asli dinilai khas di mana ada sedikit bau amis kulit, tapi tidak terlalu menyengat.

Hal ini dikarenakan proses finishing-nya telah diolah sedemikian rupa. Selain itu, aroma jok kulit asli tidak bisa ditiru kulit sintetis. Aroma jok kulit sintetis biasanya mempunyai bau yang menyengat seperti bau karet. Jika kondisinya masih baru, baunya bisa benar-benar tercium.

Sebagai catatan, cara ini hanya dapat dilakukan oleh anda yang sudah terbiasa mencium aroma bahan kulit asli sebab masih banyak orang yang belum pernah beli ataupun tidak terbiasa menggunakan produk berbahan tersebut.

Tekstur

Perbedaan selanjutnya terletak di bagian tekstur jok kulit asli dan sintetis. Jika diraba sekilas, jok kulit asli mempunyai tekstur yang lebih kasar, sedangkan jok kulit sintetis memiliki tekstur lebih halus. Walaupun tekstur jok kulit asli lebih kasar, jika dirasakan ataupun digunakan, terasa lebih nyaman dibandingkan dengan kulit sintetis.

Oleh karena itu, wajar jika jok mobil yang menggunakan bahan kulit asli ditawarkan dengan harga lebih mahal. Berdasarkan penelusuran, harganya mulai Rp7 jutaan ke atas.

Tepian Jok

Tepian jok antara yang berbahan kulit asli dengan sintetis juga berbeda. Pada tepian jok kulit asli, cenderung kasar saat dipegang, sedangkan untuk jok kulit sintetis, sebaliknya, bahkan dinilai sempurna.

Sebagai Informasi, bahan kulit sintetis lebih mudah dibentuk atau dijahit hingga terkesan lebih rapi dibandingkan kulit asli. Karena itu, biaya pemasangan jok berbahan kulit asli lebih mahal, di mana pemasangannya butuh waktu lebih lama dan kesabaran ekstra.

Pori-pori Jok

Perbedaan selanjutnya yang mungkin belum diketahui banyak pemilik mobil yaitu di bagian pori-pori bahannya. Jok berbahan kulit sintetis memiliki jarak antar pori yang terlihat rapi dengan ukuran sama. Berbeda terbalik dengan yang kulit asli. Jok kulit asli mempunyai jarak antar pori yang kurang teratur dengan ukuran berbeda satu sama lain.

Namun, nyatanya untuk kualitas daya serap keringat, jok berbahan kulit asli lebih unggul. Jok ini cocok dipakai oleh pengguna mobil yang sering beraktivitas di luar atau outdoor. Dengan memiliki daya serap keringat yang baik, jok berbahan kulit asli tentu lebih nyaman digunakan. anda pun bisa merasakan kenyamanannya saat duduk langsung di joknya setelah beraktivitas sehari-hari.

Tapi, perawatannya harus ekstra karena mudah kotor. Pengguna jok ini bisa menggunakan cairan khusus untuk merawat joknya agar tidak cepat kusam.

Label Produk

Dan terakhir, perlu anda ketahui dimana label produk antara jok bahan kulit asli dengan sintetis juga berbeda dimana pada umumnya produk yang berbahan kulit sintetis menyampaikan informasi tentang bahannya secara detail. Untuk jok dengan bahan ini, biasanya tertulis beragam istilah asing pada labelnya, seperti manmade materials, fabric materials, dan lain-lain.

Bagi anda yang ingin memastikan joknya berbahan kulit asli atau sintetis, dapat mengecek labelnya. Namun, sebagai catatan, ini jangan dijadikan satu-satunya cara untuk membedakan kedua jok tersebut. Sebab ada beberapa produsen jok yang menyembunyikan labelnya agar tidak diketahui banyak konsumennya.

Demikian informasi mengenai cara mengetahui perbedaan lapisan jok kulit sintesis dan kulit asli agar anda tidak salah pilih dan beli dan membuat anda menyesal di kemudian hari. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600