Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Bahaya Membiarkan Anak Kecil Duduk di Jok Depan Mobil

×

Bahaya Membiarkan Anak Kecil Duduk di Jok Depan Mobil

Share this article
Membiarkan Anak Kecil Duduk di Jok Depan Mobil

Bagi anda pemilik kendaraan yang memiliki anak dan terbiasa duduk di jok depan maka penting anda ketahui bahayanya yang tidak boleh anda sepelekan. Simak bahaya membiarkan anak kecil duduk di jok depan mobil dibawah ini.

Bukan rahasia lagi dimana masih banyak pemilik mobil yang memiliki literasi keamanan mengemudi yang masih belum luas, dan hal ini tersebut bisa dilihat dari banyaknya kebiasaan mengemudi mobil yang salah dan umum kita liat di jalan raya.

Example 300x600

Salah satuunya adalah dengan membiarkan anak kecil duduk di jok mobil depan yang mana hal tersebut bisa berbahaya untuk sang buah hati serta keamanan mengemudi di jalan raya. Tidak heran apabila, saat ini banyak produsen mobil menempelkan stiker khusus larangan anak kecil di jok depan yang berada di tudung sinar matahari penumpang depan sebagai pengingat kepada pemilik mobil.

Perlu anda ketahui dimana praktisi keselamatan berkendara mengatakan posisi duduk anak di dalam mobil harus diperhatikan berdasarkan postur tubuh atau tinggi badan. Jika kaki anak sudah menginjak lantai saat duduk di jok mobil maka boleh duduk di sebelah sopir. Sementara jika kaki anak masih menggantung baiknya duduk di kursi baris belakang.

Lalu apa saja bahaya membiarkan anak kecil duduk di jok depan mobil? simak sebagai berikut.

Bahaya Membiarkan Anak Kecil Duduk di Jok Depan Mobil

Membiarkan Anak Kecil Duduk di Jok Depan Mobil

Terjerat sabuk pengaman

Sebagai catatan pertama, perlu anda ketahui bahwa sabuk pengaman tiga titik memiliki fitur retraktor pengunci darurat (Emergency Locking Retractor/ELR) untuk menghentikan sabuk yang mengendur tiba-tiba dan pretensioner buat mengeratkan sabuk bila terjadi kecelakaan. Pada anak kecil terdapat risiko sabuk menjerat leher bila kedua fitur itu bekerja.

Sehingga karena alasan itu, syarat menggunakan sabuk pengaman tiga titik adalah sabuk bahu harus melewati bahu secara melintang, tapi tidak boleh mengenai leher. Sabuk pangkuan harus diletakkan serendah mungkin di atas pinggul, dan titik pengait sabuk tidak boleh lebih rendah dari tinggi bahu.

Terkena airbag

Alasan selanjutnya adalah kepala anak kecil bisa terbentur kantong udara yang keras saat meletup. Kantong udara sudah disesuaikan untuk orang dewasa, sehingga berbahaya bagi anak kecil jika mengenai wajah mereka.

Selain itu, ada potensi kesulitan bernapas karena tertekan oleh kantong udara yang sedang mengembang.

Jangan dipangku

Dan terakhir, sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana sabuk pengaman hanya dirancang untuk satu orang, jadi jangan pernah menempatkan anak kecil di pangkuan orang dewasa, terutama saat mengemudi. Selain itu posisi anak juga jadi lebih dekat dengan kantung udara ketika dalam posisi dipangku.

Demikian informasi mengenai bahaya membiarkan anak kecil duduk di jok depan mobil yang bisa menjadi referensi anda dan menambah wawasan cara aman mengemudi baik untuk anda dan keluarga tercinta. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600