Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Ketahui Apa Penyebab Mesin Motor Tidak Ada Pengapian

×

Ketahui Apa Penyebab Mesin Motor Tidak Ada Pengapian

Share this article
Penyebab Mesin Motor Tidak Ada Pengapian

Bagi anda yang mencari apa saja penyebab mengapa mesin motor tidak ada pengapian, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak apa saja yang menjadi penyebabnya.

Jika anda mengalami masalah dengan mesin motor yang tidak ada pengapian, maka tentunya hal tersebut bisa menjadi situasi yang sangat menjengkelkan sekaligus menyebalkan, khususna bagi anda yang akan menggunakan motor untuk bisa pergi beraktivitas atau jalan-jalan.

Example 300x600

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana pengapian pada motor adalah komponen vital dalam sistem pembakaran mesin, yang memungkinkan campuran bahan bakar dan udara untuk terbakar dengan sempurna, sehingga menghasilkan tenaga untuk menggerakkan motor dan dapat melaju di jalan.

Dengan pengapian yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan gagal, maka otomatis akan menyebabkan masalah pada motor dan tidak bisa digunakan sebagaimana biasanya hingga masalah pengapian bisa terselesaikan.

Ada banyak faktor penyebab atau pemicu mengapa pengapian di motor tidak ada dan tidak berfungsi dengan normal. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Mesin Motor Tidak Ada Pengapian

Penyebab Mesin Motor Tidak Ada Pengapian

Busi rusak

Pertama, penyebab motor tidak ada pengapian yang paling umum adalah kerusakan yang terjadi pada busi. Bisa dikatakan jika busi inilah yang berperan penting dalam sistem pembakaran. Jika busi rusak, kotor, atau aus, maka akan membuat pengapian menjadi terganggu.

Aki bermasalah

Selain bertugas dalam sistem kelistrikan, aki juga berperan untuk menyediakan daya listrik yang nantinya akan digunakan untuk memicu pengapian. Aki yang bermasalah tidak bisa menyediakan arus listrik yang diperlukan secara optimal, sehingga membuat pengapian menjadi bermasalah.

Kabel busi aus

Kabel busi ini berfungsi untuk menghubungkan busi dengan sistem pengapian. Namun seiring berjalannya waktu, kabel busi akan mengalami keausan yang akan membuat arus listrik tidak bisa disalurkan secara sempurna. Ganti segera kabel busi jika terdapat bagian yang mulai retak-retak atau bahkan terkoyak.

Koil pengapian rusak

Penyebab hilangnya pengapian pada motor berikutnya adalah kerusakan yang terjadi pada koil pengapian. Koil sendiri bertugas untuk mengubah arus listrik bertegangan rendah yang berasal dari aki menjadi arus bertegangan tinggi yang diperlukan untuk menciptakan pengapian.

Engine cut off rusak

Beberapa motor sudah dilengkapi dengan engine cut off (ECO). Seperti namanya, fungsi dari engine cut off ini adalah untuk mematikan mesin. Terjadinya masalah pada ECO berpotensi menyebabkan motor kehilangan pengapiannya.

CDI rusak

Perlu anda ketahui dimana CDI juga berperan vital pada sistem pembakaran. CDI sendiri berfungsi untuk menghitung kapan waktu pengapian yang tepat sehingga bisa menghasilkan tegangan tinggi, sehingga proses pembakaran bisa bekerja dengan optimal dan efisien. Terdapat beberapa ciri CDI yang sudah lemah atau rusak. Sebut saja tenaga motor drop, motor mati tiba-tiba, dan juga motor menjadi lebih boros.

Saklar side stand switch bermasalah

Penyebab motor tidak ada pengapian yang terakhir adalah permasalahan yang terjadi pada saklar side stand switch. Side stand switch sendiri umumnya terdapat pada motor matik yang berfungsi untuk mencegah mesin tetap nyala jika standar samping masih diturunkan.

Jika saklar ini rusak, maka berpotensi membuat pengapian tidak terjadi karena sistem menganggap standar samping masih turun.

Demikian informasi mengenai penyebab mengapa mesin motor tidak ada pengapian. Dan sebagai saran, sebaiknya anda memastikan melakukan pengecekan pada sistem pengapian secara berkala untuk memastikan pengapian tetap bekerja dengan maksimal. Sebaiknya, anda lakukan penggantian busi setiap 6.000 km untuk memastikan pembakaran tetap maksimal. Semoga berguna dan bermanfaat.

 

Example 120x600