Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Ketahui Manfaat Tutup Pentil Ban Motor dan Mobil

×

Ketahui Manfaat Tutup Pentil Ban Motor dan Mobil

Share this article
Manfaat Tutup Pentil Ban Motor dan Mobil

Banyak pemilik kendaraan yang menganggap remeh fungsi dari penting ban. Untuk itu penting untuk anda ketahui apa saja manfaat dari tutup penting ban motor dan mobil yang juga berperan penting untuk kenyamanan anda berkendara khususnya pada area ban kendaraan anda.

Tidak bisa dipungkiri, karena bentuknya yang kecil dan terkesan sepele, tutup pentil ban mungkin terlihat sebagai komponen kecil yang sepele pada kendaraan, namun peranannya sangat penting dalam menjaga kondisi ban motor dan mobil anda.

Example 300x600

Hal ini terjadi karena masih banyak orang yang belum menyadari arti penting pentil ban pada kendaraan, baik itu motor maupun mobil. Sehingga tidak jarang kita temukan kendaraan tanpa pentil ban, tetapi merasa masih nyaman dan tidak terganggu karenanya.

Dan untuk membantu anda memahami peranan penting dari pentil ban, maka berikut kami bagikan manfaat tutup pentil ban motor dan mobil yang bisa anda simak sebagai berikut.

Manfaat Tutup Pentil Ban Motor dan Mobil

Manfaat Tutup Pentil Ban Motor dan Mobil

Menjaga tekanan udara

Pertama, salah satu fungsi dari tutup pentil ban adalah menjaga tekanan udara di dalam ban agar tetap stabil saat ban mobil mengalami tekanan tak terduga. Saat berkendara, ban bisa saja menghantam batu atau objek lain yang menyebabkan tekanan pada roda. Jika tutup pentil tidak ada, udara dalam ban yang tertekan bisa keluar.

Berbeda jika pentil ditutup, udara dalam ban akan tetap terjaga dan tidak keluar, sehingga menghindari ban menjadi kempis.Dengan pentil yang ditutup juga dapat mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi.

Mencegah kotoran masuk

Manfaat selanjutnya, pentil ban harus selalu ditutup untuk mencegah masuknya kotoran atau benda asing seperti debu, pasir, atau kotoran lainnya. Komponen sil karet ini berfungsi sebagai penahan agar udara di dalam ban tidak bocor atau keluar. Fungsinya sebagai penghalang ruang ban dari kotoran, sebab jika kotoran masuk melalui pentil akan menyebabkan kesulitan pada proses pengisian udara.

Mencegah air masuk

Tutup pentil ban dapat mencegah masuknya air ke dalam ban. Jika air masuk terdapat potensi korosi atau karat pada bagian katup pentil yang dapat menyebabkan kebocoran. Sebaiknya berhati-hati ketika berkendara di area berair atau saat hujan tiba. Pastikan bahwa tutup pentil pada kendaraan masih terpasang dengan baik guna menghindari masuknya air ke dalam ban.

Mencegah ban pecah

Dan terakhir, menutup pentil juga dapat mencegah potensi ban pecah. Saat kendaraan digunakan di jalanan, perlu tekanan ban yang ideal. Jika tekanan udara pada ban berkurang, dapat menyebabkan gerak ban menjadi tidak stabil.

Situasi ini dapat menimbulkan risiko bagi pengendara. Sebab, dalam kondisi tersebut, kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih keras untuk menahan beban ekstra yang diakibatkan tekanan udara berkurang.

Apabila dibiarkan, kawat akan putus dan membuat ban pecah atau benjol. Jika penutup pentil hilang, segera beli lagi. Jangan mengabaikan pentingnya komponen kecil ini karena dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Demikian informasi mengenai apa saja manfaat dari tutup penting ban motor dan mobil yang bisa menambah wawasan anda tentang dunia otomotif dan kerap disepelekan oleh banyak pemilik kendaraan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600