Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

7 Ketahui Penyebab Lampu Utama Motor Redup Atau Tidak Terang

×

7 Ketahui Penyebab Lampu Utama Motor Redup Atau Tidak Terang

Share this article
Penyebab Lampu Utama Motor Redup

Mendapati masalah lampu motor yang redup atau tidak terang seperti biasanya, pastinya dapat menganggu kenyamanan berkendara, khususnya pada saat cahaya matahari mulai redup pada sore menjelang malam dan malam hari.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana lampu utama motor yang redup atau tidak terang bisa menjadi masalah serius bagi kenyamanan bahkan hingga keselamatan berkendara motor dijalan, dimana lampu motor sebagai penerang agar mata pengendara bisa melihat jelas arah depan motor walaupun pada kondisi yang minim cahaya atau pada malam hari.

Example 300x600

Selain itu, lampu motor juga sebagai penanda bagi pengguna kendaraan lain untuk mengetahui adanya kendaraan lain pada saat malam hari, dimana lampu motor akan bisa terlihat jelas oleh pengendara lain di jalan raya.

Ketika lampu motor redup atau tidak terang, pastinya hal ini akan memberikan masalah yang tidak bisa dianggap enteng, sehingga banyak pemilik motor yang mengalami masalah tersebut menjadi bingung apa yang menjadi penyebabnya.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab lampu motor redup atau tidak terang yang bisa anda simak dibawah ini.

Penyebab Lampu Utama Motor Redup

Penyebab Lampu Utama Motor Redup

Mika lampu buram

Pertama, penyebab lampu motor redup yang paling umum dan sering terjadi adalah karena mika lampu yang buram. Kondisi ini umumnya terjadi karena faktor usia pakai kendaraan. Cahaya panas dan juga paparan sinar matahari lambat laun akan menyebabkan mika lampu menjadi kekuningan lalu buram. Kondisi inilah yang membuat cahaya dari lampu tidak bisa diteruskan dengan sempurna.

Bola lampu lemah

Baik lampu halogen maupun LED, keduanya akan melemah seiring berjalannya waktu. Kondisi ini akan dipercepat jika terjadi masalah dalam instalasi kelistrikan, seperti kelebihan atau kekurangan arus. Jika lampu sudah melemah, maka tidak akan bisa menghasilkan cahaya maksimal.

Kualitas lampu rendah

Penyebab lampu motor redup berikutnya adalah kualitas lampu buruk. Untuk itu sangat penting bagi pemilik kendaraan hanya menggunakan lampu kualitas baik sesuai standar pabrikan. Selain kurang terang, lampu dengan kualitas buruk juga kurang aman digunakan.

Tipe lampu tidak sesuai

Saat mengganti lampu motor, sangat penting memperhatikan standar yang sudah ditetapkan masing-masing pabrikan. Jika lampu tidak sesuai, maka cahaya yang dihasilkan bisa redup atau juga bisa membuat reflektor meleleh karena terlalu besar arus yang diberikan.

Fitting lampu rusak

Fitting atau dudukan lampu yang rusak akan membuat arus listrik tidak bisa sepenuhnya diterima lampu. Kondisi ini selain membuat lampu redup juga bisa berpotensi menyebabkan korsleting. Cirinya cukup jelas, fitting lampu yang rusak biasanya terlihat meleleh atau terkoyak.

Sistem kelistrikan bermasalah

Penyebab lampu motor redup yang selanjutnya adalah terjadinya masalah pada sistem kelistrikan motor. Permasalahan ini seperti aki yang mulai tekor, saklar berkarat, dan juga kabel yang mengalami keausan. Kerusakan-kerusakan pada komponen kelistrikan itu akan membuat arus listrik yang diperlukan berkurang.

Kabel meleleh atau terputus

Anda bisa mengecek kabel lampu pada motor mengalami kerusakan seperti meleleh atau terputus atau tidak? sebab jika hal ini terjadi, maka daya listrik yang dikirim ke lampu akan terganggu sehingga lampu motor menjadi redup.

Demikian informasi mengenai pembahasan mengenai penyebab lampu motor redup atau tidak terang yang harus anda ketahui. Sebagai saran, agar lampu motor tetap terang dan awet, anda harus pastikan selalu menggunakan lampu dengan spesifikasi dan tipe yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600