Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Tips Cara Mengatasi Mika Lampu Menguning Jadi Kinclong Kembali

×

Tips Cara Mengatasi Mika Lampu Menguning Jadi Kinclong Kembali

Share this article
Cara Mengatasi Mika Lampu Menguning

Mika lampu kendaraan yang menguning pastinya dapat mengurangi tampilan dan estetika kendaraan kesayangan anda, dan oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi mika lampu menguning jadi kinclong kembali yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana mika lampu yang menguning menjadi masalah umum yang sering ditemukan dimana karena posisi lampu yang berada didepan kendaraan, pastinya secara otomotis akan mengganggu penampilan kendaraan.

Example 300x600

Pada umumnya, mika lampu yang menguning disebabkan oleh kendaraan yang sering terpapar sinar matahari langsung atau polusi jalanan, dimana kualitas lampu akan sedikit berkurang walaupun masih tetap kelihatan normal, dan juga akan mengganggu penampilan kendaraan anda tampak depan.

Namun jangan kuatir, sebab terdapat beberapa cara mengatasi mika lampu menguning menjadi kinclong kembali, dan salah satunya adalah dengan menggunakan odol atau pasta gigi. Cara ini memang masih banyak yang mengetahui dimana pasta gigi ini cara mudah yang bisa anda coba terapkan pada mika lampu kendaraan anda.

Kenapa pasta gigi dapat mengatasi mika lampu menguning? perlu anda ketahui bahwa pasta gigi mengandung bahan pemutih seperti baking soda dan peroksida yang dapat membersihkan dan menjernihkan mika lampu utama mobil yang sudah menguning.

Dan ada kesempatan kali ini, kami akan membagikan langkah-langkahnya yang bisa anda simak berikut.

Mengatasi Mika Lampu Menguning Jadi Kinclong Dengan Pasta Gigi

Cara Mengatasi Mika Lampu Menguning

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membasahi permukaan mika lampu dengan air lalu keringkan menggunakan kain bersih sampai tidak ada air tersisa.
  • Lalu anda bisa oleskan pasta gigi secara merata pada permukaan mika dan biarkan selama beberapa menit. Pastikan semua bagian terolesi.
  • Selanjutnya semprotkan air agar pasta gigi basah lalu gunakan sikat gigi atau kain bersih untuk menggosok permukaan mika lampu secara menyeluruh hingga bersih.
  • Kemudian anda bisa lampu dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain bersih hingga tidak ada sisa pasta gigi atau air yang tertinggal.

Jadi sebelum anda terburu-buru mengganti mika lampu utama dengan yang baru, sebaiknya mencoba membersihkannya dengan pasta gigi terlebih dahulu.

Tips Merawat Mika Lampu Agar Tidak Menguning

Merawat mika lampu agar tidak menguning memerlukan beberapa langkah sederhana namun efektif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menjaga mika lampu mobil tetap jernih dan kinclong.

Rutin Membersihkan Mika Lampu

Bersihkan mika lampu secara rutin menggunakan sabun mobil dan air bersih. Hindari penggunaan deterjen yang keras atau bahan kimia yang bisa merusak permukaan mika. Setelah membersihkan, keringkan dengan kain lembut agar tidak meninggalkan goresan.

Gunakan Wax atau Sealant

Aplikasikan wax atau sealant khusus untuk lampu mobil secara berkala. Produk ini membentuk lapisan pelindung yang mencegah mika dari paparan sinar UV dan polusi, sehingga membantu mika tetap jernih lebih lama.

Parkir di Tempat yang Teduh

Jika memungkinkan, sebaiknya anda memarkir kendaraan anda di tempat yang teduh atau gunakan penutup mobil saat parkir di luar ruangan. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mempercepat proses menguning pada mika lampu.

Hindari Kontak dengan Bahan Kimia Berbahaya

Jauhkan mika lampu dari bahan kimia berbahaya seperti aspal, tar, atau produk pembersih yang mengandung amonia. Jika terkena, segera bersihkan dengan air dan sabun mobil untuk mencegah kerusakan.

Gunakan Pelindung Mika

Dan terakhir, anda bisa mempertimbangkan untuk memasang pelindung mika (headlight film) yang dirancang khusus untuk melindungi lampu dari goresan dan efek sinar UV. Pelindung ini mudah dipasang dan bisa membantu menjaga kejernihan mika dalam jangka panjang.

Dengan perawatan yang konsisten dan perhatian terhadap detail-detail kecil, Anda dapat menjaga mika lampu mobil tetap bersih dan jernih, serta memperpanjang umur penggunaannya.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi mika lampu menguning jadi kinclong kembali yang bisa anda coba ikuti dirumah dengan bahan yang umum ditemukan di kamar mandi yakni pasta gigi. Apabila anda telah melakukan cara ini tetapi tetap tidak berhasil, dan mika lampu utama anda masih buram, maka anda pertimbangkan untuk menggunakan produk poles khusus atau berkonsultasi dengan bengkel spesialis lampu. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600