Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Agar Awet

×

Begini Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Agar Awet

Share this article
Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Agar Awet

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara merawat kaki-kaki mobil agar awet yang bisa membuat mobil anda tetap nyaman dan budget perbaikan kaki mobil tidak perlu anda keluarkan dalam waktu dekat.

Penting untuk anda diketahui setiap pemilik mobil dimana merawat kaki-kaki mobil adalah aspek penting dalam pemeliharaan kendaraan agar tetap nyaman dikendarai dan juga menekan biaya perbaikan. Namun sayangnya, hal ini sering diabaikan oleh banyak orang dan menganggap hal tersebut masalah yang sepele, hingga nanti pada saat kaki-kaki mobil rusak dan baru menyesalinya.

Example 300x600

Adapun kaki-kaki mobil meliputi sistem suspensi, ban, roda, dan komponen terkait lainnya yang berfungsi sebagai penopang utama yang memastikan kenyamanan, stabilitas, dan keselamatan selama berkendara.

Dengan perawatan mobil khususnya kaki-kaki yang tepat, komponen-komponen ini dapat berfungsi dengan optimal, mengurangi risiko kerusakan, dan memperpanjang umur kendaraan anda. Oleh karena itu, memahami cara merawat kaki-kaki mobil dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga performa mobil tetap prima.

Dan berikut kami bagikan tips cara merawat kaki-kaki mobil agar awet yang bisa membuat mobil anda tetap nyaman untuk menjadi referensi anda sebagai berikut.

Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Agar Awet

Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Agar Awet

Hindari membawa muatan berlebih

Tips pertama untuk menjaga kaki-kaki mobil tetap baik adalah dengan menghindari membawa muatan yang berlebihan. Setiap jenis mobil memiliki batasan kapasitasnya sendiri, termasuk jumlah penumpang dan beban total yang diizinkan.

Ini sering terjadi saat melakukan perjalanan dengan membawa banyak barang. Perhatikan batas beban mobil dan atur barang dengan lebih baik. Membawa muatan melebihi kapasitas maksimal dapat merusak shockbreaker, yang bertugas meredam guncangan selama perjalanan.

Hindari jalan berlubang atau rusak

Perhatikan kondisi jalan yang akan dilalui. Sebaiknya hindari jalan yang rusak atau berlubang, untuk mencegah kerusakan pada komponen kaki-kaki mobil. Jika terpaksa melintasi jalanan rusak, ada baiknya kurangi kecepatan untuk mengurangi benturan keras pada kaki-kaki.

Ganti ban dan lakukan spooring secara berkala

Ganti ban secara teratur setiap tiga tahun atau 40 ribu kilometer, sesuai kebutuhan dan kondisi penggunaan mobil. Lakukan spooring setiap 10 ribu kilometer atau enam bulan sekali untuk menjaga posisi roda agar tetap lurus.

Pengecekan rutin dan pemilihan tempat parkir yang tepat

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap komponen kaki mobil sebelum melakukan spooring. Pastikan parkir mobil di permukaan rata untuk menghindari kerusakan pada kaki mobil. Dengan perawatan yang tepat, kaki mobil akan tetap dalam kondisi optimal.

Gunakan pelek mobil sesuai anjuran pabrikan

Dan tips terakhir, penting untuk menggunakan pelek mobil sesuai anjuran pabrikan agar tidak merusak komponen penunjang lainnya. Walapun banyak pemilik mobil yang ingin mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar untuk penampilan yang berbeda, namun disarankan untuk mematuhi standar yang telah ditetapkan pabrik.

Demikian informasi tentang tips cara merawat kaki-kaki mobil agar awet yang penting untuk anda terapkan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600