Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Mengetahui Aki Mobil Mulai Lemah

×

Begini Cara Mengetahui Aki Mobil Mulai Lemah

Share this article
Cara Mengetahui Aki Mobil Mulai Lemah

Apakah anda sedang mencari bagaimana cara mengetahui aki mobil mulai lemah? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan panduannya.

Mengetahui tanda-tanda aki mobil yang mulai lemah sangat penting untuk mencegah gangguan pada kendaraan dan memastikan kinerjanya tetap optimal dimana aki mobil berfungsi sebagai sumber energi utama untuk menghidupkan mesin.

Example 300x600

Selain menghidupkan mesin, aki juga menyediakan daya listrik untuk berbagai sistem elektronik dalam mobil saat mesin tidak menyala. Ini termasuk lampu, radio, sistem navigasi, dan perangkat elektronik lainnya. Aki memastikan bahwa semua fitur ini dapat beroperasi dengan baik dan tanpa gangguan.

Ketika aki mulai lemah, berbagai masalah bisa muncul, mulai dari kesulitan saat menghidupkan mesin hingga gangguan pada sistem elektronik mobil. Oleh karena itu, memahami gejala-gejala aki yang mulai melemah dapat membantu anda mengambil tindakan preventif sebelum masalah menjadi lebih serius.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi cara mengetahui aki mobil mulai lemah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengetahui Aki Mobil Mulai Lemah

Cara Mengetahui Aki Mobil Mulai Lemah

Mesin sulit nyala

Pertama dan merupakan tanda paling mudah mengetahui aki sudah lemah yaitu sulit menyalakan mesin. Anda bisa saja mendengar suara aliran listrik hingga dinamo starter bergerak, tetapi mesin kadang nyala dan kadang tidak.

Apabila anda mendapati kondisi ini, maka sebaiknya anda segera mengecek kondisi aki, perhatikan kondisi airnya jika yang digunakan aki basah. Lalu periksa juga tanggal berapa Anda membeli dan memasang aki itu untuk mengetahui usia pemakaiannya.

Klakson dan lampu lemah

Level selanjutnya gejala aki lemah adalah suara klakson mengecil dan lampu utama redup. Hal ini berarti energi listrik yang dialirkan ke komponen itu minim sebab mungkin aki soak.

Jika sudah begini Anda harus hati-hati membawa mobil ke jalan lantaran bila aki benar-benar habis maka bakal kesulitan menyalakan mesin, apalagi pada transmisi matic karena tak ada solusi dorong.

Indikator aki nyala

Melemahnya tegangan aki biasanya bisa terpantau melalui indikator di instrument cluster yang terus menyala. Bila sudah begini maka anda direkomendasikan segera mengganti aki.

Bau aneh

Hal ini hanya terjadi pada aki basah dimana bau biasanya muncul bau aneh dari aki saat mobil sedang menyala. Adapun bau tersebut berasal dari rusaknya sel di dalam aki.

Usia pakai habis

Dan terakhir, penting untuk anda ingat dimana anda sudah harus mulai waspada apabila usia aki sudah lebih dari dua tahun. Bila lebih dari itu aki masih terpantau sehat berarti anda beruntung mendapat produk bagus, walau demikian anda tetap harus siap-siap beli aki baru.

Demikian informasi mengenai cara mengetahui aki mobil mulai lemah yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600