Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Mengatasi Klakson Motor Bermasalah dan Cara Merawatnya

×

Cara Mengatasi Klakson Motor Bermasalah dan Cara Merawatnya

Share this article
Cara Mengatasi Klakson Motor Bermasalah

Jika anda memiliki masalah dimana klakson motor anda tidak berbunyi seperti biasanya, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara mengatasi klakson motor bermasalah dan juga cara merawatnya.

Walaupun mungkin kadang dianggap sepele, tetapi merawat kondisi klakson motor tetap baik merupakan salah satu poin penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara, dan oleh sebab itu mengatasi klakson motor yang bermasalah wajib diketahui bagi anda yang mengalami kondisi serupa.

Example 300x600

Apabila klakson motor anda berbunyi melemah atau bahkan tidak berfungsi, tentunya akan mengurangi fungsi motor dalam berkendara di jalan raya. Sebut saja seperti mengingatkan pengendara atau pengguna jalan lain akan tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Peran klakson pada kendaraan pun telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Pada Pasal 35 dinyatakan klakson adalah komponen pendukung kendaraan yang harus mengeluarkan bunyi tanpa mengganggu konsentrasi pengemudi.

Lalu pada Pasal 64 Ayat 2 ditetapkan klakson sebagai salah satu syarat kendaraan laik jalan. Suara yang dihasilkan klakson diatur pada Pasal 69 yang menyatakan suara klakson paling rendah 83 desibel dan paling tinggi 118 desibel.

Cara Mengatasi Klakson Motor Bermasalah dan Cara Merawatnya

Cara Mengatasi Klakson Motor Bermasalah

Jika anda mengalami masalah atau kendala pada klakson motor anda, maka berikut kami bagikan cara mengatasinya klakson motor bermasalah lengkap dengan cara merawatnya yang bisa anda simak dibawah ini.

Kabel

Apabila motor anda mengalami kondisi klakson yang tidak berbunyi atau suara melemah, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan kabel penhubung klakson pada sistem listrik motor tidak rusak atau terputus. Hal ini penting, sebab jika ini terjadi akan membuat klakson motor anda tidak akan berfungsi seperti waktu normal.

Saklar

Ketika menekan saklar klakson di setang motor, penting memeriksa apakah saklar berfungsi baik dan tidak mengalami kerusakan. Masalah terjadi mungkin hanya pada saklar tidak pada komponen lain seperti kabel.

Klakson

Dam terakhir, adapun pemeriksaan klakson yang bisa anda lakukan di antaranya mengecek kebersihan, debu kotoran, atau korosi dapat menghambat kinerja klakson. Pastikan klakson bebas dari elemen-elemen tersebut dengan membersihkannya menggunakan sikat halus.

Setelah itu, periksa bunyi klakson ketika menekan saklar. Bila tidak terdengar suara sama sekali, mungkin menandakan adanya kerusakan sehingga perlu diganti. Bila merasa tidak yakin dengan cara merawat klakson, lebih bijaksana meminta bantuan ahli.

Cara Merawat Klakson Motor

Adapun cara merawat klakson motor agar tetap berfungsi dengan normal, maka penting untuk membersihkan klakson secara berkala dari debu dan kotoran yang bisa mengganggu kinerjanya.

Anda bisa gunakan lap bersih dan cairan pembersih yang sesuai. Hindari penggunaan air secara langsung pada klakson, karena bisa menyebabkan korsleting.  Dengan membersihkan klakson secara teratur akan membantu menjaga suara klakson tetap nyaring dan jelas.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi klakson motor bermasalah dan juga cara merawatnya yang bisa menjadi panduan dan referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600