Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Merawat Helm Agar Tetap Wangi dan Tidak Apek

×

Begini Cara Merawat Helm Agar Tetap Wangi dan Tidak Apek

Share this article
Cara Merawat Helm Agar Tetap Wangi

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara merawat helm agar tetap wangi dan tidak apek sehingga perjalanan anda berkendara motor pun tetap nyaman serta tidak terganggu bau-bauan yang mengganggu.

Walaupun kadang disepelekan, tetapi merawat helm agar tetap wangi dan tidak apek merupakan bagian penting dari pemeliharaan perlengkapan berkendara yang sering kali diabaikan. Mungkin terdengar sepele, tapi hal tersebut bisa sangat berperan memastikan kenyamanan berkendara anda.

Example 300x600

Pastinya bukan merupakan hal menyenangkan terus mencium bau-bauan yang aneh selama perjalanan bukan? mengingat helm motor dalam keadaan tertutup dan menempel diwajah. Selain itu, helm yang berbau apek juga akan membuat perasaan anda ingin terus melepas helm saat berkendara dimana hal tersebut bukanlah tindakan bijak karena bisa membahayakan keselamatan anda.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara merawat helm agar tetap wangi dan tidak berbau apek yang bisa anda simak serta ikuti sebagai berikut.

Cara Merawat Helm Agar Tetap Awet, Wangi dan Tidak Apek

Cara Merawat Helm Agar Tetap Wangi

Hindari meletakkan helm sembarangan

Tips pertama dan penting untuk anda ingat adalah dimana saat anda sedang parkir, disarankan untuk menggunakan sarung helm guna melindunginya dari paparan panas atau sinar matahari langsung. Hindari meletakkan helm pada spion untuk mengurangi risiko lecet akibat jatuh.

Sebaiknya, simpan helm di dalam tas helm untuk dibawa atau gantungkan di atas jok motor. Alternatif lain adalah menyimpan helm di dalam bagasi motor untuk menjaganya dari hujan atau pencurian.

Dan penting juga anda catat dimana apabila helm tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya disimpan dengan rapi, contohnya dengan menutupinya menggunakan kain atau membungkusnya agar terlindungi dari debu dan potensi timbulnya sarang laba-laba.

Cuci busa dan gunakan pewangi helm

Tips selanjutnya untuk menghilangkan bau apek pada helm kesayangan anda, maka sebaiknya cuci busa helm menggunakan sabun khusus bayi atau sabun cuci piring. Hindari mencuci dengan deterjen untuk menghindari kerusakan pada busa.

Anda bisa menyikat perlahan kotoran pada busa menggunakan sikat gigi bekas, lalu anda bisa keringkan busa helm. Setelah busa helm kering, anda bisa semprotkan cairan pengharum helm ke busanya.

Coating helm

Apabila anda memiliki helm mahal dengan harga jutaan, maka tentunya sayang disayangkan apabila bagian luar helm menjadi lecet. Dan untuk menghindarinya, sangat disarankan untuk me-coating bagian luar helm agar tidak mudah lecet dan tergores. Coating sangat disarankan ketika pertama kali membeli helm dimana biaya coating helm bervariatif, mulai dari Rp300 ribu sampai Rp650 ribu.

Demikian informasi mengenai cara merawat helm agar tetap wangi dan tidak apek sehingga perjalanan anda berkendara motor pun tetap nyaman tanpa terganggu bau-bau yang bisa membuat anda tidak betah dan mengganggu konsentrasi berkendara anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600