Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Tips Cara Tepat Memilih Ban Mobil Listrik

×

Tips Cara Tepat Memilih Ban Mobil Listrik

Share this article
Tips Cara Tepat Memilih Ban Mobil Listrik

Bagi anda yang bingung memilih ban untuk mobil listrik kesayangan anda, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan tips cara tepat memilih ban mobil listrik yang baik dan sesuai dengan kebutuhan mobil anda.

Walaupun memiliki fungsi yang sama dan terlihat tidak ada perbedaan mencolok, namun penting memberi perhatian khusus pada saat anda berencana mengganti ban mobil listrik anda dimana jenis mobil ini berbeda secara karakteristik dari mobil konvensional.

Example 300x600

Selain itu ada beberapa perbedaan lainnya seperti obot yang umumnya lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional, dimana baterainya sendiri memiliki bobot sekitar 30-50 persen dari bobot total.

Tidak hanya itu, kabin mobil EV lebih senyap dibandingkan kendaraan konvensional, sehingga suara yang keluar dari ban akan lebih terdengar, baik noise dari telapak (umumnya frekuensi tinggi), maupun noise akibat ban bersinggung dengan permukaan jalan (umumnya frekuensi rendah).

Dengan pemilihan ban mobil yang tepat untuk mobil listrik, hal ini akan berperan dalam meningkatkan efisiensi energi tetapi juga memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Dan tanpa basa-basi lagi, berikut kami bagikan tips cara tepat memilih ban mobil listrik yang bisa anda simak dibawah ini.

Tips Cara Tepat Memilih Ban Mobil Listrik

Tips Cara Tepat Memilih Ban Mobil Listrik

Indeks beban

Perlu anda ketahui dimana baterai mobil EV menambah bobot kendaraan secara signifikan dibandingkan kendaraan bermesin konvensional. Bobot tambahan tersebut dapat memberikan tekanan tambahan pada ban oleh karena itu diperlukan ban dengan indeks beban yang sesuai dengan bobot kendaraan.

Informasi Indeks beban ini dapat ditemui di dinding ban, yang penulisannya satu kesatuan dengan ukuran ban. Hal ini turut menentukan seberapa besar tekanan udara yang sesuai untuk ban tersebut.

Gesekan rendah

Memilih ban dengan hambatan gesek (rolling resistance coefficient) yang lebih kecil akan berkontribusi terhadap hambatan gulir yang lebih rendah. Hal tersebut berarti anda akan mendapatkan lebih banyak jangkauan dan efisiensi dari kendaraan listrik Anda, yang dapat membantu berkontribusi terhadap keberlanjutan dan masa pakai baterai.

Senyawa karet yang kuat

Torsi instan pada kendaraan listrik dapat menyebabkan peningkatan keausan pada ban. Ban yang dibuat dengan kompon karet berkualitas dirancang memiliki kekuatan untuk menahan torsi tambahan tersebut.

Periksa Sertifikasi dan Rekomendasi Produsen

Perhatikan agar selalu periksa sertifikasi dan rekomendasi dari produsen mobil listrik anda. Banyak produsen kendaraan listrik yang memberikan rekomendasi spesifik mengenai jenis ban yang ideal untuk model kendaraan mereka. Mengikuti rekomendasi ini dapat membantu memastikan bahwa Anda memilih ban yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik mobil anda.

Kebisingan rendah

Dan terakhir, kendaraan listrik sudah lebih senyap karena tidak adanya kebisingan mesin, sehingga untuk menjaga pengendaraan tetap mulus dan senyap, sebaiknya pilih ban dengan teknologi peredam kebisingan.

Demikian informasi mengenai tips cara tepat memilih ban mobil listrik yang baik dan bisa menjadi panduan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600