Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Apakah Aman Potong Per untuk Bikin Mobil Ceper? Begini Penjelasannya

×

Apakah Aman Potong Per untuk Bikin Mobil Ceper? Begini Penjelasannya

Share this article
Apakah Aman Potong Per untuk Bikin Mobil Ceper

Bagi anda yang memiliki pertanyaan apakah aman potong per untuk bikin mobil ceper? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan jawaban yang bisa menjadi referensi atas pertanyaaan tersebut.

Membuat mobil menjadi ceper ala-ala mobil balap menjadi hal yang menarik bagi banyak pemilik mobil dan salah satu cara mudah membuat mobil jadi ceper adalah dengan memotong per. Namun yang harus anda pertanyakan adalah apakah ini aman untuk kendaraan dan kenyamanan serta keamanan anda berkendara?

Example 300x600

Sekedar informasi dimana memotong per mobil memang merupakan salah cara yang banyak dilakukan pemilik mobil untuk membuat mobil menjadi terlihat ceper dimana dengan memotong per mobil, hal tersebut akan otomatis membuat ground clearance mobil turun dan bodi lebih dekat dengan permukaan jalan.

Namun selain memotong per mobil, ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat mobil jadi lebih ceper seperti mulai dari pemasangan air suspension, penggantian coilover, penggantian per dengan lowering kit hinga potong per mobil.

Pemotongan per mobil untuk membuat mobil jadi ceper memang telah dilakukan sejak lama oleh para pemilik mobil dimana cara ini dianggap lebih mudah serta tidak membutuhkan biaya besar apabila dibandingkan dengan cara lain. Bahkan dalam hitungan jam saja, mobil bisa langsung tampak ceper ala mobil-mobil balap.

Namun pertanyaannya adalah apakah memotong per untuk bikin mobil ceper aman? simak penjelasannya dibawah ini.

Per Mobil Aman atau Tidak Untuk Dipotong

Apakah Aman Potong Per untuk Bikin Mobil Ceper

Walaupun tidak direkomendasikan untuk dilakukan, namun banyak mekanik mobil mengatakan memotong per mobil untuk jadi ceper sebenarnya sah-sah saja dilakukan selama dilakukan dengan cara yan benar dimana per tetap bisa duduk dengan presisi di mangkok pernya.

Karena banyak kejadian pemotongan per kobil membuat ujung ulir menjadi berbeda dan hal tersebut harus disesuaikan dengan mangkok pernya. Adapun kunci dalam proses potong per ini adalah untuk menyesuaikan agar bagian per keong yang telah dipotong dapat digunakan dengan aman.

Baiknya dilakukan secara manual aja, misal ujung per dibentuk dengan cara dipalu hingga bisa cocok dengan mangkoknya. Ujung ulir yang cocok dengan dudukannya membuat per tidak bisa terpental atau bahkan sampai copot saat menopang bobot mobil yang tengah bergerak. Bahkan bisa terlepas kalau kena jalan berlubang, selain itu mobil jadi enggak berisik karena per duduk dengan sempurna ke mangkok per nya.

Namun memang cara ini tidak disarankan sebab bisa mengurangi faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara. Dan juga akan menyulitkan mengembalikan per bawaan mobil kembali ke kondisi standar karena telah di potong.

Fungsi Per Pada Mobil

Agar anda memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk memotong per mobil kesayangan anda agar tampak lebih ceper, maka berikut kami bagikan beberapa fungsi yang bisa berisiko apabila anda salah memotong per mobil.

Kenyamanan Berkendara

Per mobil dirancang untuk menyerap guncangan dari jalan, sehingga mengurangi getaran dan benturan yang dirasakan oleh penumpang. Ketika kendaraan melewati jalan berlubang, polisi tidur, atau permukaan yang tidak rata, per mobil bekerja dengan meredam kejutan ini, memastikan perjalanan tetap nyaman. Sistem suspensi yang baik memungkinkan pengendaraan yang lebih halus dan lebih menyenangkan, bahkan di jalanan yang kurang sempurna.

Pengendalian dan Stabilitas

Per mobil juga berperan penting dalam menjaga stabilitas kendaraan saat berkendara. Mereka membantu menjaga keempat roda tetap menapak di jalan, yang sangat penting untuk pengendalian dan pengereman yang efektif. Saat mobil berbelok atau melakukan manuver cepat, sistem suspensi membantu menyeimbangkan beban dan mengurangi risiko terguling atau kehilangan kendali. Dengan demikian, suspensi yang baik meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang dengan memastikan bahwa kendaraan tetap stabil dalam berbagai kondisi berkendara.

Perlindungan Komponen Lain

Sistem suspensi juga melindungi komponen lain dari kendaraan dari kerusakan. Dengan menyerap dan meredam getaran serta guncangan, per mobil mengurangi tekanan pada rangka kendaraan dan berbagai komponen mekanis lainnya. Ini membantu memperpanjang umur pakai kendaraan dan mengurangi kebutuhan perawatan serta perbaikan yang mahal. Komponen seperti roda, ban, dan sistem kemudi mendapat manfaat langsung dari fungsi per mobil yang efektif, karena mereka tidak harus menanggung beban penuh dari guncangan jalan.

Demikian informasi mengenai penjelasan menjawab pertanyaan apakah aman potong per untuk bikin mobil ceper. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600