Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

×

Begini Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Share this article

Bagaimana cara mengatasi motor susah hidup saat mesin dingin? pertanyaan ini banyak ditanyakan para pemilik motor yang mengalami kendala menjalankan mesin motor ketika lama tidak digunakan.

Tentu saja menghadapi masalah motor yang susah hidup saat mesin dingin bisa menjadi pengalaman yang menjengkelkan bukan? Apalagi jika anda sedang dalam keadaan terburu-buru karena ada urusan atau kebutuhan mendadak.

Example 300x600

Perlu anda ketahui dimana kondisi motor susah hidup saat mesin dingin bisa disebabkan karena berbagai kondisi atau berbagai faktor, mulai dari masalah pada sistem pengapian, karburator, hingga kualitas bahan bakar yang digunakan.

Maka dari itu pentingnya memiliki pemahaman yang cukup tentang penyebab dan solusi masalah ini agar tidak jadi bingung ketika dihadapkan dengan masalah ini. Selain itu, dengan pemahaman yang baik tentang motor anda, maka otomatis akan membantu anda cara merawat motor yang baik dan benar dan memperpanjang usia motor kesayangan anda.

Lalu bagaimana cara mengatasi motor susah hidup saat mesin dingin? simak panduan dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Baterai atau aki lemah

Pertama, hal yang perlu anda cek pertama aki motor yang sering menjadi penyebab utama motor susah hidup dimana aki memiliki fungsi utama untuk menyalurkan kelistrikan dan menyalakan mesin motor.

Jika tegangannya kurang proses menyalakan mesin bisa terganggu, jadi ada baiknya mengecek aki secara berkala sehingga tidak kesulitan menghidupkan mesin motor di pagi hari. Solusi masalah ini anda dapat meminjam aki lain buat menyalakan mesin atau istilahnya jumper. Namun yang paling tepat adalah mengganti aki rusak dengan yang baru.

Apabila motor anda punya kick starter, ada baiknya menggunakan fitur ini buat menyalakan mesin yang membandel.

Busi rusak

Komponen busi yang mengalami kerusakan dapat menjadi faktor penyebab motor susah hidup, umumnya karena masa pakainya sudah habis. Jadi pastikan juga untuk memeriksa kondisi busi, dan apabila terlihat sudah tampak longgar atau berwarna hitam pekat, maka itu merupakan pertanda kondisinya sudah tidak bagus.

Segera ganti dengan busi baru yang bisa berfungsi dengan optimal, supaya sistem pengapian motor tetap berjalan normal. Lalu, jika ternyata masalahnya ada pada kabel busi, maka bagian tersebut juga sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Tips agar motor tidak susah hidup

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat motor agar tidak susah dihidupkan.

  • Panaskan mesin sebelum memakai motor.
  • Sebaiknya gunakan bahan bakar sesuai standar an terjamin kualitasnya
  • Apabila motor tidak akan digunakan dalam waktu lama, sebaiknya tetap dipanaskan juga mesinnya secara rutin
  • Apabila ada komponen yang sudah habis masa pakainya, segera ganti dengan yang baru
  • Sebaiknya selalu jaga kebersihan motor, jangan lupa untuk membersihkan atau mencucinya secara rutin
  • Sebisa mungkin untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung

Demikian informasi mengenai cara mengatasi motor susah hidup saat mesin dingin yang bisa anda terapkan untuk mengatasi kondisi ini sekaligus memperpanjang usia kendaraan motor kesayangan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600