Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

5 Penyebab Utama Mesin Mobil Pincang Yang Harus Anda Ketahui

×

5 Penyebab Utama Mesin Mobil Pincang Yang Harus Anda Ketahui

Share this article
Penyebab Utama Mesin Mobil Pincang

Bagi anda yang merasakan performa mesin mobil kesayangan anda tidak seperti biasanya, maka bisa jadi mesin mobil anda “pincang” yang menjadi bahasa populer dalam dunia otomotif untuk masalah ini. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab utama mesin mobil pincang.

Istilah mesin mobil pincang tentunya bukan berarti pincang dalam artian sebenarnya sebab mobil tidak memiliki kaki seperti manusia. Tetapi mesin pincang merujuk pada kondisi mesin mobil mengalami getaran saat idle atau kondisi saat mesin menyala namun kendaraan tidak bergerak.

Example 300x600

Kondisi ini pastinya membingungkan dan membuat resah para pemilik mobil dimana biasanya yang paling sering menjadi penyebab utamanya adalah karena busi. Akan tetapi ketika mesin menyala tidak tidak bergerak, sebenarnya bisa dipicu oleh beberapa penyebab lainnya yang penting untuk anda ketahui. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Utama Mesin Mobil Pincang

Penyebab Utama Mesin Mobil Pincang

Masalah injector atau karburator

Penyebab utama dan paling sering juga terjadi adalah karena injector yang bermasalah atau rusak menjadi faktor utama mesin mobil menjadi pincang ketika RPM rendah. Seperti diketahui, injector berperan penting dalam proses injeksi bahan bakar ke bagian silinder mesin.

Dengan begitu bahan bakar bisa bercampur dengan udara sehingga proses pembakaran mesin menjadi optimal. Apabila komponen ini bermasalah, maka mobil akan bergetar walaupun kopling belum dilepas ketika RPM rendah.

Kompresi bermasalah

Penyebab kedua dimana masalah ini bisa disebabkan karena adanya masalah kompresi. Pada umumnya kompresi mesin injeksi pada silinder berada di kisaran 10 kpa hingga 12 kpa. Apabila kompresi mobil kurang dari 10 kpa maka mobil akan terasa pincang saat mobil melaju. Saat anda baru menyalakan mobil, mesin akan bergetar hingga getaran tersebut terasa di bagian kabin.

Engine Control Unit bermasalah

ECU yang bermasalah juga menjadi faktor penyebab mesin mobil pincang ketika RPM rendah. Seperti diketahui, ECU berperan penting terhadap kontrol kinerja sistem mobil secara keseluruhan. Mulai dari sistem injeksi hingga sistem pengapian.

Contohnya, ketika arus listrik tidak tersalurkan ke bagian koil, maka kinerja injector akan berhenti sehingga mesin pincang saat kondisi idling atau RPM rendah.

Karet engine mounting sudah getas

Getas atau rusaknya karet engine mounting juga dapat menyebabkan mobil pincang ketika RPM rendah. Sebab komponen ini berfungsi untuk meredam getaran, apabila rusak maka getaran mesin tidak dapat diredam dengan baik.

Mulai dari, kopling aus, propeller shaft tidak seimbang, keausan pada konektor propeller, batang piston bengkok, keausan pada as roda, hingga pelek atau ban mobil bergelombang mengutip keterangan resmi Daihatsu.

Busi aus

Dan penyebab terakhir dimana busi merupakan komponen mobil yang berperan penting terhadap keberhasilan proses pembakaran campuran dan bahan bakar. Apabila komponen ini rusak, maka proses pembakaran menjadi kurang optimal sehingga mesin mobil menjadi pincang ketika RPM rendah.

Demikian informasi mengenai penyebab utama mesin mobil pincang yang penting untuk anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600