Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Cek Freon AC Mobil Bermasalah

×

Begini Cara Cek Freon AC Mobil Bermasalah

Share this article
Cara Cek Freon AC Mobil Bermasalah

Apakah anda merasa Ac mobil anda tidak berfungsi normal seperti biasanya? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara cek freon AC mobil bermasalah.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana memastikan bahwa freon dalam sistem AC mobil berada dalam kondisi yang optimal adalah kunci untuk AC tetap dingin dan menjaga kenyamanan berkendara, terutama di iklim tropis seperti Indonesia.

Example 300x600

Sebagai informasi freon, atau refrigeran berfungsi sebagai zat pendingin yang mengalir melalui sistem AC untuk menyerap panas dari udara kabin mobil, sehingga udara yang keluar dari ventilasi menjadi sejuk. Apabila freon berkurang atau mengalami kebocoran, maka otomatis hal tersebut akan mengakibatkan kinerja AC akan menurun drastis, membuat pendinginan tidak efektif dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Perlu juga anda ketahui dimana ada beberapa jenis freon AC mobil yang umum digunakan. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Jenis-Jenis Freon AC Mobil

Hydrocarbon

Seperti namanya, freon jenis ini berisi karbon dan hidrogen yang sangat aman bagi lingkungan dan tidak menyebabkan pemanasan global. Namun freon jenis ini sangat jarang ditemukan di pasaran dan umumnya hanya terdapat di pabrikan mobil.

R-134a

R134a termasuk freon golongan Hydrocarbon atau HFC. Freon jenis ini sangat umum ditemukan pada bengkel AC karena lebih aman lingkungan dan tidak mengganggu lapisan ozon karena tidak adanya kandungan Chlor di dalamnya.

R-22

R-22 ini termasuk ke dalam freon golongan Hydro Chloro Fluoro Carbon atau HCFC. Meski tak seaman R134a, namun jenis ini masih banyak digunakan. Freon jenis ini mengandung Chlor yang cukup berbahaya bagi lingkungan.

R-12

Jenis freon yang terakhir adalah R-12 atau yang kerap disebut Chloro Fluoro Carbon atau CFC. Karena kandungan Chlor yang tinggi, maka freon jenis ini sudah tidak digunakan lagi

Cara Cek Freon AC Mobil

Cara Cek Freon AC Mobil Bermasalah

Setelah mengetahui apa saja jenis freon mobil, maka berikut kami bagikan cara cek freo AC mobil yang bisa anda simak dibawah ini.

 Cek Sight Glass

Cara cek freon AC mobil yang pertama adalah dengan melihat sight glass. Salah satu fungsi sight glass sendiri adalah melakukan pengecekan kondisi freon AC mobil Anda.

Sight glass adalah benda yang biasanya berbentuk kotak dan memiliki lapisan kaca tembus pandang di atasnya dan terletak di samping kompresor AC kendaraan.

Perhatikan warna yang terlihat dari sight glass, jika hijau maka kondisi freon AC mobil Anda masih baik. Jika anda melihat warna merah, maka besar kemungkinan freon AC bermasalah.

Sedangkan jika Anda menemukan banyak buih di dalamnya, artinya ada yang tidak beres dengan sistem AC mobil Anda.

Cara cek freon AC mobil dengan manifold gauge

Apabila dibandingkan cara di atas, cara cek freon AC mobil dengan manifold gauge memberikan hasil yang lebih akurat. Namun anda perlu merogoh kantong untuk menebus alat tersebut.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup nyalakan AC mobil hingga mesin dalam kondisi langsam. Berikutnya, buka tutup katup freon dan sambungkan dengan manifold gauge.

Lalu anda bisa cek berapa tekanan yang tertera pada manifold gauge, sudahkah sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil anda.

Demikian informasi mengenai cara cek freon AC mobil bermasalah. Sebagai catatan, apabila anda tidak memiliki kemampuan teknis atau peralatan memadai, maka sebaiknya anda mempercayakan pengecekan AC mobil pada bengkel kesayangan anda agar mereka bisa melakukan pengecekan dengan cara yang benar dan baik sesuai dengan kemampuan mereka. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600