Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Mengatasi Mobil yang Terasa Berat Saat Dikemudikan

×

Begini Cara Mengatasi Mobil yang Terasa Berat Saat Dikemudikan

Share this article
Cara Mengatasi Mobil yang Terasa Berat Saat Dikemudikan

Apakah anda merasa mobil anda terasa berat dan berbeda dari kondisi normal saat anda kemudikan? maka terdapat beberapa hal yang penting dan wajib untuk anda periksa agar mobil kembali ringan dikemudikan dan tidak menimbulkan masalah yang lebih parah kedepannya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana semakin tua usia mobil, maka hal tersebut akan otomatis berimbas pada fungsi komponen-komponen didalam mobil, mulai dari komponen mesin, komponen pendinginan, komponen kemudi dan lain sebagainya.

Example 300x600

Dan faktor usia lah yang kadang menjadi salah satu penyebab umum mobil terasa berat dikemudikan yang besar kemungkinan terdapat komponen yang telah aus pada sistem kemudi dan perlu diganti.

Kondisi ini tentu tidak bisa disepelekan atau dibiarkan, sebab menyangkut kenyaman anda berkendara sekaligus keselamatan anda dan orang lain ketika berkendara di jalan raya dimana mobil yang berat dikemudikan bisa membuat mobil sulit dibelokkan atau dikontrol secara normal.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa hal yang perlu anda periksa dan perhatikan untuk mengatasi mobil yang terasa berat saat dikemudikan sebagai berikut.

Cara Mengatasi Mobil yang Terasa Berat Saat Dikemudikan

Cara Mengatasi Mobil yang Terasa Berat Saat Dikemudikan

Menambah oli power steering

Hal pertama, perlu anda perhatikan dimana kekurangan oli power steering bisa menyebabkan kemudi mobil terasa berat pada saat dikemudikan dimana oli di sistem power steering ini berfungsi untuk memberikan tekanan dan melumasi pompa power steering. Jika terlalu sedikit, maka akan membuat kemudi terasa lebih berat.

Apabila oli power steering ini lebih rendah dibandingkan dengan batas minimal, anda bisa menambahkannya hingga ke level yang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil. Dengan catatan oli masih dalam kondisi yang baik, tidak berbau aneh dan menggumpal.

Mengukur tekanan udara ban

Pada saat anda merasa mobil menjadi berat saat dikemudikan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada ban. Pada saat ban kekurangan angin, maka luas permukaan yang menempel di jalan akan semakin lebar. Kondisi ini akan membuat kemudi menjadi lebih berat.

Pastikan tekanan angin pada ban sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Jika solusi ini tidak membantu, maka anda bisa melakukan spooring dan balancing pada roda kendaraan untuk membuat roda menjadi balance dan sejajar.

Mengganti oli power steering

Seperti oli pada bagian mesin, oli power steering ini juga akan mengental seiring berjalannya waktu. Apabila oli ini mengental, maka oli tersebut tidak bisa melumasi setiap komponen dengan maksimal. Tandanya adalah oli berwarna pekat, sangat kental, dan bahkan terdapat gumpalan.

Mengganti pompa power steering

Seiring dengan berjalannya waktu, pompa power steering memerlukan peremajaan agar bisa bekerja dengan maksimal kembali. Fungsi dari pompa power steering ini adalah memberikan tekanan agar sistem power steering bisa bekerja. Jika pompa ini mengalami kerusakan, maka Anda akan kesulitan memutar kemudi, terlebih pada kecepatan rendah.

Mengganti rack steer

Cara mengatasi mobil yang terasa berat saat dikemudikan berikutnya adalah dengan mengganti rack steer. Rack steer berfungsi untuk menghubungkan kemudi dengan roda dan juga suspensi. Selain kemudi terasa berat, ciri lainnya rack steer mobil Anda sudah rusak adalah kemudi yang bergetar.

Mengganti power steering belt

Dan terakhir, karena terbuat dari karet, power steering belt perlahan akan mengalami keausan yang ditandai dengan munculnya retakan-retakan pada belt. Selain itu, belt juga akan mengeras dan tidak elastis lagi.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan karena terjadinya malafungsi pada sistem kemudi kendaraan, sebaiknya anda melakukan perawatan secara berkala sesuai dengan instruksi yang telah diberikan pabrikan.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi mobil yang terasa berat saat dikemudikan untuk anda perhatikan asal mula pemicunya untuk segera anda lakukan perbaikan agar mobil kesayangan anda kembali normal digunakan seperti sedia kala. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600