Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

×

Begini Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Share this article
Penyebab Klakson Mobil Mati

Klakson mobil yang mati pastinya dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara, dan oleh karena itu penting untuk mengetahui penyebab klakson mobil mati dan juga cara mengatasinya.

Sebagaimana yang anda ketahui bersama klakson mobil adalah komponen penting yang berfungsi sebagai alat komunikasi di jalan raya dimana ketika klakson mobil mati, hal ini bisa menjadi masalah serius karena dapat mengurangi kemampuan pengemudi untuk memberi tanda bahaya atau memberi tahu pengemudi lain tentang keberadaannya.

Example 300x600

Ketika klakson mobil tiba-tiba mati dan tidak berfungsi, pastinya banyak pemilik mobil menjadi kebingungan apa yang menjadi penyebabnya dan juga bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan penyebab klakson mobil mati dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Penyebab Klakson Mobil Mati

Masalah pada kabel

Yang pertama dan merupakan penyebab umum yang paling sering terjadi adalah karena adanya masalah kabel. Persoalan kelistrikan mobil ini kerap terjadi dan bisa menimpa siapa saja. Biasanya, klakson bermasalah karena kabel yang mengalami korsleting, putus, berjamur, dan berkarat. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan pengetesan dengan melibatkan alat bernama test lamp.

Hubungkan alat dengan kabel klakson, lalu tekan sakelarnya. Apabila lampu tes tidak menyala, itu berarti dapat dipastikan kabel klakson mobil rusak. Anda dapat melakukan tes ini di bengkel terdekat.

Relay klakson usang

Penyebab klakson mobil mati bisa juga karena relay kotor, usang, ataupun terkena air. Pada beberapa tipe kendaraan yang dilengkapi relay, fungsi komponen ini adalah sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai.

Letaknya ada pada sistem kelistrikan mobil dan berperan penting dalam menghasilkan bunyi ketika tombol klakson ditekan. Bila relay telah usang, maka ia tidak akan maksimal dalam menghubungkan klakson dengan sumber listrik. Adapun cara mengatasi yang dapat anda lakukan adalah mengganti baru baru sesuai rekomendasi pabrikan mobil.

Switch klakson rusak

Sebagai informasi dimana switch adalah komponen yang terletak pada tombol klakson dan terhubung dengan setir kendaraan. Bagian ini berfungsi sebagai penghubung tekanan yang diberikan pada tombol klakson ke sumber bunyi.

Saat komponen tersebut macet, maka berapa kali pun anda menekan tombol klakson, tidak akan ada suara yang muncul. Sebab itu, perlu dilakukan pembongkaran pada bagian kemudi dan tombol klakson untuk memperbaiki bagian switch-nya.

Sakelar berkarat

Sakelar juga dapat menjadi penyebab klakson mobil mati. Biasanya hal tersebut diakibatkan kotoran yang menumpuk di dalamnya, karat pada lempengan tembaga saklar, atau masalah pada sistem kelistrikan lainnya.

Apabila sakelar klakson sudah terganggu, maka bisa dipastikan tidak dapat berfungsi maksimal. Kita bisa langsung menghubungi dealer kendaraan untuk melakukan perbaikan mengingat prosesnya cukup rumit.

Sekring putus

Dan terakhir, penyebab klakson mobil mati bisa berasal dari sekring yang putus. Sebagai informasi dimana sekring dalam instalasi klakson mobil berperan sebagai pengaman rangkaian listrik agar tidak kelebihan muatan. Bentuknya mirip dengan garpu berlapis plastik berwarna dan terletak di bagian dalam ruang mesin.

Setiap komponen di dalam sekring sangatlah krusial bagi keberlangsungan mobil. Jika satu saja kabel putus, maka seluruh sistem kelistrikan akan ikut bermasalah. Contohnya klakson mobil mati. Tindakan yang dapat anda ambil untuk memperbaikinya adalah menggantinya dengan komponen baru.

Demikian informasi mengenai penyebab klakson mobil mati dan juga cara mengatasinya. Apabila anda tidak bisa mengatasinya sendiri, maka sebaiknya anda membawa mobil anda ke bengkel kesayangan anda untuk membuat klakson mobil anda kembali berfungsi normal. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600