Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

7 Cara Mengatasi Mobil yang Sering Mogok

×

7 Cara Mengatasi Mobil yang Sering Mogok

Share this article
Cara Mengatasi Mobil yang Sering Mogok

Jika anda memiliki mobil yang sering mogok karena karena usia atau karena sparepart yang sudah usang, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mobil yang sering mogok yang bisa anda simak dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana mobil mogok menjadi masalah utama dan menyusahkan bagi para pemilik mobil, khususnya mobil yang sudah termasuk berumur maupun jarang dirawat dengan benar dan rutin.

Example 300x600

Ketika mendapati mobil mogok, pastinya akan membuat anda bingung dan bahkan membuat anda mengeluarkan ongkos lebih untuk memperbaiki mobil agar bisa kembali berjalan normal.

Pada umumnya, mobil yang mogok memiliki tanda-tanda sebelumnya seperti suara mesin yang tidak seperti biasa, lampu indikator yang menyala, hingga getaran lain dan aneh yang jarang dirasakan sebelumnya.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mobil yang sering mogok untuk anda simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Mobil yang Sering Mogok

Cara Mengatasi Mobil yang Sering Mogok

Ganti aki mobil

Cara mengatasi mobil yang sering mogok pertama adalah dengan mengganti baterai alias aki. Seperti yang diketahui bersama, salah satu penyebab mobil sering mengalami mogok adalah masalah pada kelistrikan mobil.

Perlu anda ketahui dimana aki merupakan sumber kelistrikan yang diperlukan mobil. Jika bermasalah maka mobil anda akan lebih mudah mogok. Gejala aki bermasalah adalah mobil Anda menjadi cenderung sulit dihidupkan, terlebih pada pagi hari.

Apabila aki mobil anda masih berfungsi dengan baik dan belum terdapat penggelembungan pada dindingnya, maka anda bisa mencoba untuk mengecasnya lebih dahulu. Namun jika kondisi aki sudah parah, maka tidak ada cara selain menggantinya dengan yang baru. Sebelumnya coba cek tegangan yang ada di dalam aki tersebut.

Ganti alternator

Selain aki bermasalah, alternator juga bisa menjadi biang keladi mobil tiba-tiba mengalami permasalahan kelistrikan. Alternator sendiri memiliki fungsi menyalurkan listrik yang dihasilkan mobil untuk disimpan aki.

Jika alternator bermasalah, maka aki tidak memiliki daya listrik untuk disalurkan ke kelistrikan mobil. Dampaknya, mobil akan susah di-starter dan juga sering mengalami mogok karena suplai listrik terganggu.

Untuk mengatasi hal ini, maka tidak cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

Ganti filter udara

Syarat mesin bisa menyala adalah adanya pasokan bahan bakar, pengapian dan juga udara. Jika salah satunya bermasalah, maka proses pembakaran tak bisa menjadi sempurna.

Filter udara yang kotor akan membuat pasokan udara terhambat dan juga kotor. Akibatnya, proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

Ganti filter bahan bakar

Cara mengatasi mobil yang sering mogok berikutnya adalah melakukan pergantian pada filter bahan bakar, terutama untuk mobil diesel.

Sering kali bahan bakar yang digunakan tidak memiliki kualitas baik sehingga membuat filter menjadi tersumbat dengan kotoran dan juga air yang menghambat distribusi bahan bakar ke mesin.

Ganti busi

Sumber api dalam pembakaran di mesin mobil ini berasal dari busi. Kondisi busi yang sudah rusak bisa mengakibatkan mesin mobil tidak bisa menyala dengan sempurna atau yang juga dikenal dengan pincang.

Mobil memang tetap bisa menyala, namun tenaga yang dihasilkan jauh berkurang karena salah satu silinder tidak bisa melakukan pembakaran optimal.

Memperbaiki injector mobil

Cara selanjutnya adalah dengan memperbaiki sistem injeksi contohnya di bagian injector. Komponen ini perlu penanganan sangat teknis jadi sebaiknya tak dilakukan sendiri, Anda bisa membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk diperiksa sebelum memutuskan penanganan.

Injector menentukan suplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Bila bermasalah pembakaran menjadi tak sempurna, hal ini bisa anda kenali dengan tanda-tanda seperti mobil terasa kurang tenaga atau pedal gas tidak responsif sebelum akhirnya mogok.

Memperbaiki dinamo starter

Cara mengatasi mobil yang sering mogok terakhir adalah mencoba memperbaiki dinamo starter dimana part ini berfungsi memutar mesin mobil pada saat dihidupkan. Walaupun termasuk slow moving parts, namun bukan berarti dinamo starter ini tidak bisa rusak.

Beruntungnya, jika dinamo starter mengalami kendala masih bisa diperbaiki, sehingga anda tidak perlu membeli yang baru, kecuali jika kondisinya memang sudah mati total.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi mobil yang sering mogok untuk menjadi referensi anda. Apabila anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka anda bisa mencoba membawanya ke bengkel kesayangan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600