Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil? Begini Idealnya

×

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil? Begini Idealnya

Share this article
Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil

Apakah anda memiliki pertanyaan berapa lama masa pakai aki mobil? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan jawabannya.

Sebagai informasi, aki mobil atau baterai mobil merupakan komponen vital dalam sistem kelistrikan kendaraan yang berfungsi sebagai sumber energi dimana aki berfungsi untuk menyimpan energi dalam bentuk kimia dan mengubahnya menjadi listrik saat diperlukan.

Example 300x600

Adapun fungsi utama aki adalah menyediakan listrik untuk menghidupkan mesin mobil melalui starter motor. Tidak hanya itu, aki mobil juga menyuplai listrik untuk berbagai komponen elektronik dalam mobil, seperti lampu, sistem audio, dan komputer mesin kendaraan.

Perawatan aki sangat penting untuk memastikan umur pakai yang optimal dan mencegah masalah kelistrikan pada kendaraan dimana ketika aki bermasalah, hal tersebut otomatis akan membuat pasokan listrik pada kendaraan menjadi terganggu dan bahkan mobil anda tidak dinyalakan serta segala fiturnya.

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil?

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil

Pada umumnya, berapa lama aki mobil bergantung pada kebiasaan pemakaian kendaraan maupun kondisi lingkungan sekitar dimana masa pakai aki mobil bisa singkat atau panjang.

Namun secara rata-rata, aki mobil dapat bertahan hingga satu atau dua tahun. Akan tetapi kembali lagi, hal tersebut bergantung pada merek aki, kebutuhan listrik mobil serta faktor lainnya seperti suhu panas yang bisa memperpendek usia mobil.

Selain itu, mesin mobil yang jarang dinyalakan juga bisa membuat pengisian daya aki lebih minim dan mengakibatkan komponen tersebut kehilangan muatan listrik.

Tips perpanjang masa pakai aki mobil

Bagi anda yang ingin memperpanjang masa paka aki mobil anda, maka berikut beberapa tips untuk memperpanjang usia aki mobil anda menjadi lebih panjang yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Rajin memanaskan mobil, dimana hal ini bertujuan agar komponen aki tetap berfungsi normal menghindari masalah aki yang tidak bisa menyala kembali.
  • Pastikan juga aki selalu terikat dengan baik dengan klem. Aki yang tidak diikat dengan aman dapat bergetar dan berpotensi menyebabkan korsleting.
  • Apabila mobil kerap dipakai berkendara malam hari, pastikan tidak lupa mematikan lampu-lampu sebelum meninggalkan mobil. Menyalakan lampu depan dan lampu pintu mobil secara tidak sengaja dapat menyebabkan aki mobil kehilangan daya secara cepat.
  • Dan terakhir, sebaiknya anda selalu mengecek korosi dan kondisi aki. Penting bagi anda secara rutin mengecek kedua kutub aki mobil, pastikan tidak ada karat atau kotoran yang menempel agar usianya panjang.

Demikian informasi mengenai jawaban akan pertanyaan berapa lama masa pakai aki mobil. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600