Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Bedakan STNK Palsu dan Asli Ketika Membeli Kendaraan Bekas

×

Begini Cara Bedakan STNK Palsu dan Asli Ketika Membeli Kendaraan Bekas

Share this article
Cara Bedakan STNK Palsu dan Asli

Bagi anda yang ingin membeli kendaraan bekas, maka penting bagi anda mengetahui cara bedakan STNK palsu dan asli agar anda tidak tertipu membeli kendaraan bodong yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak bisa dipungkiri dimana jual beli kendaraan dengan status bekas atau seken menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin mendapatkan kendaraan impian dengan harga murah dari harga baru, bahkan tidak menutup kemungkinan mendapatkan kendaraan dengan harga “miring”.

Example 300x600

Walaupun menggiurkan dengan harga murah, tetapi terdapat sejumlah pertimbangan yang harus anda perhatikan ketika membeli kendaraan bekas dimana seperti yang kita ketahui bersama, maraknya penipuan dan penjualan unit kendaraan yang tidak sesuai dengan norma-norma hukum di Indonesia dan bisa menyebabkan masalah bagi anda kedepannya.

Salah satunya adalah maraknya penipuan STNK palsu kendaraan yang mana hal ini bisa anda hindari apabila anda mengetahui cara bedakan STNK palsu dan asli ketika membeli kendaraan bekas,

Dan sesuai dengan judul diatas, berikut kami bagikan cara bedakan STNK palsu dan asli yang penting anda ketahui bagi anda yang berencana membeli kendaraan bekas yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Bedakan STNK Palsu dan Asli Ketika Membeli Kendaraan Bekas

Cara Bedakan STNK Palsu dan Asli

Perbedaan stiker hologram

Cara pertama untuk membedakan STNK palsu atau asli dapat dilakukan dengan mengecek stiker hologram. Pada STNK asli, stiker hologram berada di bagian kanan yang dibubuhkan dengan pemasangan yang halus. Hologram pada STNK asli tidak akan berubah warna jika diterawang. Sebaliknya, apabila hologram tersebut berubah warna saat diterawang, maka dapat dipastikan STNK tersebut palsu.

Terdapat lubang berbentuk ejaan STNK

Lubang ini tidak bisa dilihat dari jauh karena sangat kecil. Letaknya berada di bagian kanan STNK. Terdapat 50 lubang kecil yang membentuk ejaan STNK apabila Anda memperhatikan dengan teliti. Pada STNK palsu, lubang ini tidak ada alias polos.

Jenis kertas STNK

Perlu anda ketahui dimana jenis kertas STNK asli lebih tebal daripada STNK palsu. Apabila Anda meraba kertasnya akan terasa lebih kasar, karena terdapat pengamanan tertentu yang hanya dapat dirasakan pada STNK asli. Sedangkan, jenis kertas pada STNK palsu cenderung halus, mudah dilipat, dan mudah sobek, mengutip Auto2000.

Barcode

Dan terakhir, untuk membedakan asli atau palsu juga bisa dilihat dari kode batang atau barcode yang terdapat pada STNK. Pada STNK asli, barcode akan mengungkap identitas pemilik kendaraan ketika di-scan. Sementara, pada STNK palsu tidak akan ada informasi apa pun ketika barcode di-scan. Untuk melakukan scan barcode bisa dilakukan di kantor SAMSAT terdekat dan gratis.

Demikian informasi mengenai cara bedakan STNK palsu dan asli agar anda tidak tertipu membeli kendaraan bodong yang penting untuk anda ketahui agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600