Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Mengatasi Bunyi Aneh dan Misterius Mobil

×

Cara Mengatasi Bunyi Aneh dan Misterius Mobil

Share this article
Cara Mengatasi Bunyi Aneh dan Misterius Mobil

Apakah anda mendengar dan terganggu akan suara atau bunyi-bunyi misterius dari mobil anda? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi bunyi aneh dan misterius dari mobil anda.

Tiba-tiba mendengar suara atau bunyi aneh yang berasa dari mobil merupakan hal yang umum dialami banyak pemilik mobil dimana asal bunyian tersebut masih misterius dan tidak diketahui berasal dari mana. Yang pasti diketahui bunyian tersebut berasal dari mobil karena terus mengikuti ketika mobil dikendarai.

Example 300x600

Bunyi-bunyian tersebut tersebut tentu tidak bisa disepelekan sebab bisa jadi terjadi kerusakan pada part mobil dan menyebabkan menimbulkan bunyi. Dan apa bila tidak segera diperbaiki, kerusakan bisa bertambah parah.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi bunyi aneh dan misterius mobil yang bisa anda coba terapkan dibawah ini.

Cara Mengatasi Bunyi Aneh dan Misterius Mobil

Cara Mengatasi Bunyi Aneh dan Misterius Mobil

Mengganti Ban

Selain berfungsi sebagai penyalur tenaga mobil ke jalan raya, ban ternyata juga menentukan kenyamanan Anda pada saat berkendara. Karena ban terbuat dari karet, maka bisa mengeras seiring berjalannya waktu.

Karet ban yang sudah mengeras ini dapat menimbulkan suara gesekan yang cukup kencang hingga merambah ke kabin. Jika menginginkan suara minimal, maka Anda bisa memilih ban dengan jenis soft compound.

Menambah peredam suara

Cara mengatasi mobil berbunyi saat berjalan berikutnya adalah dengan menambahkan peredam suara. Sebenarnya peredam suara ini sudah diberikan oleh pabrikan pada mobil Anda, biasanya terdapat pada bagian kap mesin dan pintu-pintu mobil.

Namun peredam ini juga memiliki usia pakai untuk bisa berfungsi secara maksimal. Jika Anda sudah mulai mendengar suara bising dari luar yang masuk hingga ke dalam kabin, maka sebaiknya Anda menambah atau mengganti peredam agar kesenyapan kabin terjaga.

Mengganti komponen mobil yang rusak

Selain dari gesekan ban dengan permukaan jalan raya, suara bising yang timbul pada kendaraan Anda juga bisa berasal dari komponen mobil yang telah aus. Seperti shock absorber yang mati, timing belt kering dan aus, karet bushing arm menipis, link stabilizer yang oblak dan juga baut-baut yang sudah longgar.

Anda bisa memperbaiki komponen mobil yang telah aus tersebut atau menggantinya dengan yang baru untuk hasil yang lebih maksimal.

Menempatkan perkakas pada boks khusus

Tidak jarang suara berisik yang masuk ke kabin mobil ini terjadi lantaran saling terbenturnya alat atau perkakas kendaraan. Nah, cara mengatasi mobil yang bunyi saat berjalan berikutnya adalah dengan menempatkan perkakas pada boks khusus untuk mengurangi suara yang timbul pada saat mobil bergerak.

Anda juga bisa membungkus perkakas tersebut menggunakan kain atau menambahkan busa untuk mengurangi kebisingan.

Menambahkan karpet pada lantai mobil

Dan terakhir untuk mengatasi bunyi pada kabin adalah dengan menambahkan karpet pada lantai mobil. Selain untuk menjaga lantai agar bersih dari debu, kotoran dan air, karpet tambahan juga berfungsi meredam bunyi yang berasal dari bawah atau kolong mobil. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan karpet mobil yang tebal agar peredaman bisa menjadi maksimal dan suara atau bunyi-bunyian tidak kedengaran di telinga anda.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi bunyi aneh dan misterius dari mobil yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600