Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Ini Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah

×

Ini Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah

Share this article
Ini Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah

Lampu sein motor anda tiba-tiba mati sebelah? pastinya membuat anda bingung dan bertanya-tanya bukan? Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab lampu sein motor mati sebelah yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana lampu sein motor adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai alat penunjuk arah saat berkendara untuk pengguna jalan lain. Lampu sein biasanya terletak di bagian depan dan belakang motor, baik di sisi kiri maupun kanan. Saat pengendara mengaktifkan lampu sein, lampu tersebut akan berkedip, memberi sinyal kepada pengguna jalan lainnya tentang arah yang akan diambil oleh pengendara, apakah akan berbelok ke kiri atau ke kanan.

Example 300x600

Tentu saja ketika lampu sein motor mati sebelah menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bahkan bisa membahayakan keselamatan berkendara sebab pengguna jalan lain tidak akan mengetahui tanda ketika anda akan berubah arah atau berbelok kiri atau kanan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab lampu sein motor mati sebelah. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah

Ini Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah

Saklar kotor

Penyebab pertama, hal ini bisa menjadi kecurigaan utama ketika menemukan sein motor mati sebelah. Periksalah dengan cara menggerakan saklar, apabila saklar bergerak sesuai arah, artinya ia masih berfungsi baik.

Apabila saklar tidak membuat sein menyala, artinya tidak ada aliran listrik yang mengalir pada saklar tersebut. Aliran listrik pada saklar dapat tersendar karena kondisinya yang kotor atau rusak. Oleh sebab itu, saklar tidak dapat mengirimkan sinyal dan membuat sein mati sebelah.

Flasher rusak atau kotor

Hal lain yang bisa menyebabkan sein mati sebelah adalah flasher rusak atau kotor. Fungsi flasher sein adalah untuk membuat sein motor berkedip. Sirkuit listrik yang ada dalam flasher yang mengatur arus agar membuat kedipan pada sein motor.

Apabila ingin mengetahui apakah flaser sein mengalami kerusakan atau tidak, ada dua cirinya yang dapat dikenal, yakni sein motor terus menyala tanpa berkedip dan lampu sein tidak menyala atau mati sebelah.

Sein motor yang terus menyala tanpa berkedip pertanda flasher sein yang rusak terjadi pada sirkuit tengah ketika titik sentuh dalam posisi bertemu. Sementara jika sein motor tidak menyala artinya titik sentuh yang berada di sirkuit tengah tersebut berpisah.

Tegangan aki kurang maksimal

Apabila seluruh komponen motor tidak mengalami kerusakan, sementara sein tetap mati sebelah, besar kemungkinan ada penyebab lain yakni tegangan aki yang tidak maksimal.

Aki motor anda harus memiliki voltase yang baik, yaitu di atas 12 volt. Jika motor Anda memiliki voltase kurang dari 12 volt, maka akan percuma dan bisa menyebabkan sein motor mati sebelah.

Bohlam dan kabel putus

Apabila salah satu bohlam ada yang putus, pasti akan berpengaruh pada bohlam lainnya. Satu bohlam yang putus dapat membuat sein tidak berkedip meski dalam keadaan menyala.

Bohlam-bohlam pada sein saling mempengaruhi satu sama lain. Dengan demikian, harus dipastikan bahwa seluruh bohlam pada sein tidak ada yang rusak atau putus, karena jika salah satu bohlam putus akan membuat sein motor menjadi terganggu.

Demikian informasi mengenai penyebab lampu sein motor mati sebelah yang bisa menambah wawasan anda tentang motor jika anda mengalami masalah ini dan membuat anda bingung. Demikian informasi mengenai penyebab lampu sein motor mati sebelah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600