Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Panduan Cara Membayar Denda Tilang Manual yang Baik dan Benar

×

Panduan Cara Membayar Denda Tilang Manual yang Baik dan Benar

Share this article
Cara Membayar Denda Tilang Manual

Bagi anda yang terkena tilang di jalan karena melanggar peraturan lalu lintas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara membayar denda tilang manual yang baik dan benar.

Sebagai informasi, Denda tilang kendaraan adalah sanksi administratif yang dikenakan kepada pengemudi kendaraan baik roda dua dan roda empat yang melanggar peraturan lalu lintas yang telah diatur dalam Undang-Undang.

Example 300x600

Tilang memiliki arti lain singkatan dari “bukti pelanggaran” yang diberikan oleh petugas kepolisian yang bertugas kepada pengendara yang ditemukan melanggar hukum lalu lintas, seperti melanggar batas kecepatan, tidak memakai helm, tidak memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap, melanggar lampu merah, dan berbagai pelanggaran lalu lintas lainnya.

Ketika seorang pengendara mendapatkan tilang, pengendara akan menerima surat tilang yang berisi informasi tentang jenis pelanggaran yang dilakukan, jumlah denda yang harus dibayar, dan petunjuk mengenai cara membayar denda tersebut.

Adapun pembayaran denda ini bertujuan untuk menegakkan hukum lalu lintas dan mendisiplinkan pengendara agar lebih mematuhi peraturan di jalan raya, sehingga dapat meningkatkan keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

Panduan Cara Membayar Denda Tilang Manual yang Baik dan Benar

Cara Membayar Denda Tilang Manual

Ketika anda menerima tilang manual dari petugas kepolisian, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami proses pembayaran denda tilang dengan benar. Denda tilang merupakan sanksi administratif yang dikenakan bagi pelanggaran lalu lintas, dan membayar denda ini adalah kewajiban untuk menyelesaikan proses hukum dan menghindari masalah lebih lanjut. Agar anda tidak bingung dan melakukan kesalahan, penting untuk mengikuti panduan cara membayar denda tilang manual yang baik dan benar.

Dan berikut kami bagikan panduannya yang bisa anda simak dibawah ini.

Datang ke Kejaksaan Negeri

Anda bisa datang ke Kejaksaan Negeri sesuai tanggal yang tertera di slip tilang warna biru. Jika ingin menghindari antrean panjang, jangan datang hari Jumat. Jangan lupa berpakaian sopan, sebab jika tidak Anda kemungkinan ditolak masuk ke kawasan Kejaksaan Negeri.

Serahkan slip tilang ke loket

Taruh slip tilang biru di keranjang yang disediakan di loket. Setelah itu, petugas akan memanggil nama para pelanggar untuk langsung melakukan pembayaran denda. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Anda tidak perlu mengikuti sidang jika menerima tilang slip biru.

Bayar denda

Silahkan tunggu sampai nama Anda dipanggil. Ketika sudah dipanggil, segera maju ke depan. Biasanya petugas akan menjelaskan berapa nominal denda tilang dibayar. Setiap denda memiliki nominal berbeda-beda atau ditentukan sesuai pelanggaran yang dilakukan. Jangan takut jika Anda mengetahui bahwa denda maksimal sangat besar, bahkan hingga ratusan ribu. Itu hanya hitungan maksimal saja, biasanya tidak akan semahal itu.

Ambil kembali SIM atau STNK

Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa langsung melakukan pengambilan SIM atau STNK.

Via online

Selain cara manual dan offline diatas, anda juga bisa membayar denda tilang secara online yang bisa anda simak dibawah ini.

Cek kode pembayaran surat tilang

Ketika Anda terkena tilang dengan surat warna biru, bisa juga melakukan pembayaran biaya denda pelanggaran melalui sistem e-Tilang. Ketika anda sudah mendapatkan surat tilang, maka anda akan menerima kode pembayaran besaran denda.

Pembayaran denda

Setelah anda mendapatkan kode pembayaran, segera bayar e-Tilang melalui ATM atau bisa juga lewat internet banking.

Simpan bukti pembayaran denda

Setelah proses pembayaran berhasil, maka anda akan mendapatkan bukti lunas pembayaran denda. Simpan bukti pembayaran denda tersebut, lalu bawa bukti tersebut ke kejaksaan ketika anda akan mengambil STNK atau SIM yang disita polisi sebelumnya.

Mengurus surat tilang merah

Mengurus surat ini berarti anda akan melakukan sidang di pengadilan dan waktu yang sudah ditentukan. Disarankan untuk datang lebih pagi untuk menghindari antrean dan ikut proses pradilan. Setelah itu hakim akan memutuskan denda yang mesti dibayar dan lakukan pembayaran pada loket. Selanjutnya bawa bukti pembayaran untuk ditukarkan barang bukti STNK atau SIM.

Demikian informasi mengenai panduan cara membayar denda tilang manual yang baik dan benar untuk anda ikuti dan terapkan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600