Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Mengatasi Ban Depan Mobil Miring Dengan Mudah

×

Begini Cara Mengatasi Ban Depan Mobil Miring Dengan Mudah

Share this article
Cara Mengatasi Ban Depan Mobil Miring

Apakah anda menemukan ban depan mobil anda miring? maka anda tidak perlu kuatir, sebab kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi ban mobil miring dengan mudah.

Dengan berjalannya waktu pemakaian, ban mobil akan kehilangan fungsinya dan tidak berfungsi dengan baik lagi. Salah satunya ban yang miring. Pastinya kondisi ini tidak boleh anda sepelekan sebagai pemilik mobil.

Example 300x600

Apabila dibandingkan dengan ban belakang, ban di bagian depan merupakan bagian ban yang paling sering mengalami kondisi miring ini karena menjadi tumpuan mobil saat bermanuver dan sering menghantam permukaan jalan yang tidak rata. Mobil dengan penggerak roda depan akan lebih terlihat mengalami kondisi miring ini.

Kondisi ban miring ini pun sangat mudah dilihat bahkan bagi anda yang tidak berpengalaman memlihat kondisi mobil dengan detail. Ketika anda mencoba meluruskan setir, maka anda bisa melihat kondisi ban yang miring. Ban depan mobil ini bisa miring ke dalam (negative camber) atau miring ke luar (positive camber).

Selain akan mengganggu penampilan mobil, kondisi ban miring bisa juga berbahaya untuk keselamatan berkendara dan bahkan bisa meletus tiba-tiba karena tingkat keausan ban yang berbeda.

Faktor yang menyebabkan ban depan mobil miring

Apa saja penyebab ban miring? simak sebagai berikut.

  • Tekanan udara ban terlalu rendah.
  • Tingkat keausan ban yang tidak merata.
  • Kerusakan yang terjadi pada suspensi kendaraan.
  • Terjadi permasalahan pada sistem pengereman.
  • Berat mobil tidak seimbang.

Cara menyetel ban depan mobil miring

Cara Mengatasi Ban Depan Mobil Miring

Apabila anda mendapati ban depan mobil anda miring, maka sebaiknya segera lakukan cara mengatasinya untuk mengembalikan sudut ban ke posisi semula. Simak panduannya yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

Memeriksa tekanan udara ban

Pertama, cara menyetel ban depan mobil miring adalah dengan melakukan pemeriksaan pada tekanan udara ban depan. Setiap jenis kendaraan dan juga tipe ban memiliki tekanan udara yang berbeda-beda. Yang terbaik adalah dengan menyesuaikan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi.

Untuk melakukan pengukuran tekanan udara pada ban, gunakan alat pengukur tekanan udara atau tire pressure gauge agar pengukuran bisa presisi. Jika tekanan udara pada ban depan mobil terlalu rendah, maka segera lakukan penambahan udara hingga ke batas yang telah ditetapkan, begitu juga sebaliknya.

Memeriksa tingkat keausan ban

Ban aus yang tidak merata juga bisa menyebabkan ban depan mobil menjadi miring. Apabila tingkat keausan ban sudah terlalu parah, maka segera lakukan penggantian pada ban tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik agar ban mobil bisa aus merata adalah dengan melakukan rotasi pada keempat ban tersebut.

Melakukan balancing

Selain melakukan proses spooring, pemilik kendaraan juga bisa melakukan proses balancing pada roda depan mobil yang miring ini. Proses ini sangat berguna agar titik keseimbangan roda bagian kanan, kiri, atas, dan bawah ini bisa sama.

Melakukan spooring

Berikutnya yang bisa anda lakukan pada saat ban depan mobil miring adalah dengan melakukan spooring pada ban mobil tersebut. Spooring ini berguna agar posisi kedudukan keempat sudut pada roda mobil ini bisa kembali sejajar seperti semula.

Memeriksa sistem suspensi dan pengereman

Dan langkah terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan pada sistem suspensi dan juga pengereman. Suspensi mobil yang bermasalah bisa menyebabkan ban tidak bisa menopang bobot kendaraan dengan maksimal. Sedangkan jika pengereman bermasalah, maka akan membuat keausan ban menjadi tidak merata.

Untuk menjaga agar ban mobil tidak miring, maka pemilik kendaraan wajib untuk melakukan pengecekan pada ban mobil secara teratur. Selain kondisi ban, pengecekan pada sistem suspensi dan pengereman mobil juga harus diperhatikan, karena hal ini juga bisa membuat ban depan mobil miring.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi ban mobil miring dengan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600