Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Cek Status STNK Mobil Bekas Secara Online

×

Begini Cara Cek Status STNK Mobil Bekas Secara Online

Share this article
Cara Cek Status STNK Mobil Bekas Secara Online

Cara cek status STNK mobil bekas adalah hal yang harus anda ketahui bagi anda yang akan terlibat dengan transaksi jual beli mobil bekas. Hal ini penting agar anda tidak menyesal di kemudian hari karena melewatkan pengecekan STNK dan membuat anda merugi. Simak cara cek status STNK mobil bekas secara online.

Mengapa bisa dikatakan merugi apabila anda tidak mengecek status STNK ketika akan transaksi membeli mobil bekas? sebab bisa saja mobil tersebut sudah mati pajak beberapa tahun dan harusnya biaya tersebut menjadi dasar pertimbangan ketika menetapkan harga jual beli mobil bekas.

Example 300x600

Atau bahkan lebih parahnya, bisa saja terjadi pemalsuan STNK dan anda ternyata mendapatkan mobil bodong dimana pastinya hal tersebut akan membuat anda merugi dan melanggar hukum. Selain itu dengan mengecek status STNK terlebih dahulu, anda bisa melihat identitas kendaraan serta besaran pajaknya.

Untuk melakukan pengecekan STNK mobil bekas pun sangat mudah dimana anda tidak perlu repot-repot mendatangi kantor SAMSAT. Anda cukup mengeceknya secara online dari HP anda. Pastikan anda memiliki sinyal internet yang baik agar proses pengecekan berjalan cepat dan lancar.

Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara cek status STNK mobil bekas secara online untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Cek Status STNK Mobil Bekas Secara Online

Cara Cek Status STNK Mobil Bekas Secara Online

Website Samsat

Cara cek STNK online yang pertama adalah dengan mengunjungi laman website Samsat. Melakukan pengecekan STNK online dengan cara ini memberikan berbagai macam keuntungan jika dibandingkan dua cara yang lainnya.

Pasalnya, pemilik kendaraan akan mendapatkan informasi yang sangat lengkap mengenai data kendaraan tersebut. Mulai dari pajak kendaraan, tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan, nama pemilik, hingga identitas kendaraan itu sendiri. Simak panduan cara cek STNK online melalui website Samsat

Buka website Samsat

Pemilik kendaraan bisa menggunakan ponsel, laptop, maupun komputer. Pastikan jika Anda memiliki jaringan internet yang memadai untuk mengakses laman resmi Samsat ini. Kunjungi laman samsat.info untuk mengetahui website resmi Samsat daerah tempat STNK tersebut dikeluarkan.

Isi data

Selanjutnya, isilah data kendaraan setelah memilih Samsat yang dituju. Pemilik kendaraan akan diminta untuk memasukkan plat nomor kendaraan, nomor rangka, dan juga data lainnya yang diperlukan.

Cek STNK

Jika berhasil, maka pemilik kendaraan akan mendapati identitas kendaraan yang dipaparkan secara terperinci. Mulai dari besaran pajak hingga data kendaraan bermotor yang lainnya.

SMS

Selanjutnya adalah cara cek STNK adalah dengan memanfaatkan SMS. Walaupun saat ini peran SMS sudah mulai ditinggalkan tetapi pemilik kendaraan masih bisa memanfaatkan layanan SMS untuk melakukan pengecekan STNK online.

Keuntungan menggunakan SMS untuk mengecek STNK kendaraan adalah dimana anda tidak harus terhubung dengan internet untuk melakukannya. Hal ini sangat membantu jika pemilik kendaraan berada di daerah yang masih cukup sulit untuk menemukan internet yang memadai.

Namun terdapat beberapa kekurangan jika pemilik kendaraan memutuskan untuk menggunakan SMS untuk mengecek STNK kendaraan secara online ini. Selain cakupan wilayah yang masih sangat terbatas, Anda juga hanya akan mendapatkan informasi yang terbatas pula. Sebelum memulai untuk mengecek STNK secara online, pastikan jika anda memiliki jaringan internet atau pulsa yang mencukupi untuk melakukan kegiatan ini.

Aplikasi e-Samsat

Cara cek STNK online terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi e-Samsat. Namun sebagai catatan dimana layanan ini masih belum mencover seluruh wilayah di tanah air dan baru beberapa kota saja. Simak panduannya sebagai berikut.

Unduh aplikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi, baik di Playstore untuk pengguna Android, atau App Store bagi pengguna iPhone. Pastikan anda hanya mengunduh aplikasi resmi.

Log-in

Setelah terinstal, langkah selanjutny adalah dengan melakukan log-in ke aplikasi e-Samsat tersebut. Pemilik kendaraan akan diminta untuk mengisi data diri dan juga data kendaraan. Pastikan agar identitas diri dan juga kendaraan yang dimasukkan sudah benar, hal ini sangat penting agar data kendaraan yang keluar nantinya sesuai.

Pilih menu

Terdapat berbagai macam opsi yang ditawarkan pada saat membuka aplikasi ini. Jika ingin melakukan pengecekan pada pajak kendaraan, lalu anda bisa pilih menu pendaftaran. Selanjutnya, anda bisa mengisi formulir yang diminta dengan tepat dan klik submit. Apabila berhasil, anda akan diberikan informasi tentang nominal pajak, tanggal jatuh tempo, dan juga pilihan pembayaran.

Demikian informasi mengenai cara cek status STNK mobil bekas secara online yang bisa anda lakukan dengan mudah. Anda cukup memilih salah satu cara termudah menurut anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600