Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Cek Status Uji Emisi Kendaraan

×

Begini Cara Cek Status Uji Emisi Kendaraan

Share this article
Cara Cek Status Uji Emisi Kendaraan

Saat ini pemerintah tengah menggencarkan uji emisi kendaraan bermotor untuk menangani polusi udara yang kian memburuk. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara cek status uji emisi kendaraan yang wajib anda ketahui.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana dalam menyikapi persoalan polusi udara yang kian buruk di kota-kota besar seperti Jakarta, maka pemerintah gencar menghimbau kendaraan untuk menguji emisi dimana kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan dikenakan sanksi tilang.

Example 300x600

Dengan pengujian Emisi bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi kendaraan dan efektivitas pembakaran bahan bakar dalam mesin kendaraan. Kendaraan bermotor yang memenuhi persyaratan emisi menunjukkan bahwa kendaraan tersebut dalam keadaan baik dan dapat digunakan secara aman di jalan. Dengan begitu polusi udara yang disebabkan karena emisi dari kendaraan yang tidak layak beroperasi bisa ditekan.

Oleh karena itu pemilik kendaraan bermotor khususnya di atas usia tiga tahun harus memastikan kendaraan yang dikendarai telah lulus uji emisi untuk menjaga kesehatan udara yang kita hirup bersama-sama, sekaligus untuk menghindari sanksi tilang.

Adapun cara cek status uji emisi kendaraan pun sangat mudah dmana anda bisa mengeceknya langsung dari HP atau laptop anda. Simak panduannya sebagai berikut.

Cara Cek Status Uji Emisi Kendaraan

Cara Cek Status Uji Emisi Kendaraan

Melalui aplikasi

Cara pertama bisa dengan mengunduh lebih dahulu aplikasi bernama E-uji Emisi pada Android melalui Play Store. Kemudian buka aplikasi itu tanpa perlu membuat akun atau Login.

Berikutnya pilih”Sejarah Uji Emisi” untuk mengetahui apakah pernah melakukan uji emisi atau belum. Selanjutnya masukkan pelat nomor kendaraan yang dimiliki.Jika sudah, akan muncul informasi mengenai hasil uji emisi,jka belum, bakal muncul informasi “Mohon maaf nomor data pengujian tidak ditemukan”.

Aplikasi ini juga memiliki fitur bakal pemilik kendaraan mendaftar uji emisi dan memilih bengkelnya.

Situs uji emisi Jakarta

Cara mengecek uji emisi selanjutnya adalah dengan masuk ke dalam situs https://ujiemisi.jakarta.go.id/tentang-uji-emisi. Sama seperti aplikasi sebelumnya, di sini anda juga tidak perlu membuat akun.

Setelah situs terbuka, pemilik kendaraan cukup input data nomor polisi kendaraan ke dalam kolom, setelah itu tekan ‘cari’. Jika belum melakukan uji emisi, maka muncul informasi ‘tidak lulus, belum uji emisi, dan kedaluwarsa’.

Manfaat Uji Emisi Kendaraan

Uji emisi kendaraan memiliki beberapa manfaat yang signifikan. Berikut beberapa manfaatnya yang kami kutip dari sumber resmi Dinas Perhubungan (Dishub).

  • Pencegahan Kerusakan Kendaraan: Melalui uji emisi, kita dapat secara rutin memeriksa kondisi mesin kendaraan. Ini sangat bermanfaat untuk memastikan kinerja mesin optimal dan mencegah kerusakan yang lebih serius.
  • Menjaga Kualiats Udara: Uji emisi kendaraan juga berkontribusi besar dalam menjaga kualitas udara yang bersih dan mengurangi tingkat polusi. Dengan mengidentifikasi kendaraan yang melepaskan emisi berlebih, kita dapat mengambil tindakan untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.
  • Kepatuhan Terhadap Aturan: Seperti yang telah dijelaskan, uji emisi adalah kewajiban yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang kendaraan bermotor lama.

Mematuhi aturan ini adalah langkah penting untuk menghindari denda berdasarkan pasal 285 dan pasal 286 Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dengan denda maksimal Rp250.000 untuk sepeda motor dan maksimal Rp500.000 untuk mobil.

Demikian informasi mengenai cara cek status uji emisi kendaraan untuk mengetahui apakah status kendaraan anda layak beroperasi di jalan atau tidak apabila dilihat dari emisi yang dikeluarkan dan bisa berdampak negatif pada lingkungan khususnya menjadi penyebab polusi udara. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600