Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pengetahuan

Begini Contoh Surat Rekomendasi LPDP Lengkap Serta Cara Membuatnya

×

Begini Contoh Surat Rekomendasi LPDP Lengkap Serta Cara Membuatnya

Share this article
Contoh Surat Rekomendasi LPDP

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh surat rekomendasi LPDP lengkap dengan cara membuatnya yang bisa anda gunakan sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan anda.

LPDP merupakan program pemerintah yang banyak di cari para siswa untuk bisa mengejar cita-citanya. LPDP sendiri adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang merupakan sebuah program beasiswa yang dikelola Kementerian Keuangan dan menyediakan beasiswa untuk menempuh pendidikan master dan doktoral di dalam maupun di luar negeri.

Example 300x600

Karena menawarkan beasiswa gratis dan mudah, tidak heran apabila program LPDP ini banyak diburu para calon mahasiswa untuk bisa memperoleh kesempatan berkuliah di luar negeri dengan dukungan dan bantuan pemerintah.

Namun tentunya seperti program beasiswa lain, terdapat sejumlah syarat dan proses seleksi yang harus diikuti. Dan salah satunya adalah memiliki surat rekomendasi LPDP yang ditandatangani oleh akademisi, tokoh masyarakat atau atasan di tempat kerja.

Cara Membuat Surat Rekomendasi LPDP

Bagi anda yang ingin mengikuti program LPDP ini dan bingung bagaimana cara membuat surat rekomendasi LPDP ini, maka berikut kami bagikan cara membuat surat ini yang bisa anda simak dibawah ini.

Cek buku panduan pendaftaran LPDP

Hal yang pertama untuk anda lakukan adalah mengunduh dan mengecek buku panduan pendaftaran LPDP terbaru. Dalam buku ini, anda akan menemukan contoh format surat rekomendasi yang bisa ditiru. Perlu anda ketahui bawah tidak menutup kemungkinan format ini akan berubah-ubah setiap tahun, jadi sebaiknya pastikan anda mengecek format surat rekomendasi yang terbaru.

Pemberi rekomendasi

Surat rekomendasi bisa diberikan oleh dosen anda di kampus, atasan tempat anda bekerja atau oleh tokoh masyarakat. Namun, dalam memilih pemberi surat rekomendasi tersebut, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan, yakni Status kelulusan, Kesinambungan antara bidang studi yang diambil dengan pekerjaan saat ini dan Kesinambungan antara bidang studi yang diambil dengan program sosial yang dilakukan saat ini.

Terlepas dari apapun cara yang anda pilih untuk mendapatkan prasyarat yang satu ini, pastikan bahwa anda menyampaikan permohonan surat rekomendasi tersebut dengan baik dan sopan. Anda bisa mengirimkan email menggunakan gaya bahasa yang baik dan pada jam-jam kerja.

Gaya bahasa

Dalam surat rekomendasi LPDP akan terdapat kotak khusus yang digunakan oleh pemberi rekomendasi untuk menjabarkan deskripsinya mengenai anda. Gaya bahasa yang digunakan dalam hal ini tentu harus formal. Namun, pemberi rekomendasi tidak perlu menuliskan rekomendasinya dalam Bahasa Inggris ketika anda ingin mengambil S2 atau S3 di luar negeri. Selain itu, deskripsi rekomendasi ini juga bisa diketik atau ditulis dengan tangan.

Tanda tangan

Tantangan bagi calon awardee LPDP yang sudah lama lulus dari universitasnya adalah permohonan tanda tangan dari pihak pemberi rekomendasi. Tidak jarang DPS atau DPA mahasiswa tersebut merupakan dosen senior yang cukup susah ditemui karena sibuk atau lokasinya jauh.

Contoh Surat Rekomendasi LPDP dan Cara Membuatnya

Contoh Surat Rekomendasi LPDP

SURAT REKOMENDASI

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama :
NIP (Jika ada) :
Pangkat/Gol (opsional) :
Jabatan :
Instansi :
Alamat Lembaga :
No. Telp/Handphone :

Email :

Memberi rekomendasi kepada:

Nama :
Instansi :
Alamat :

Deskripsi Rekomendasi:

Pelamar (nama kamu) memiliki kemampuan akademik dan non akademik yang baik. Selama saya mengenal pelamar, dia merupakan pribadi yang aktif dalam keorganisasian sastra baik di dalam kampus maupun luar kampus. Turut membantu (terkait pengalaman yang memiliki dampak bagi sekitar) dengan membina serta ikut membantu pelaksanaan (jelaskan satu bentuk kerja nyata).

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 2024

Nama Pemberi Rekomendasi,

Cara Mengajukan Surat Rekomendasi LPDP

Berikut langkah cara mengajukan surat itu ke pihak LPDP yang bisa anda simak dibawah ini.

Surat Rekomendasi Online Form

Jenis pengajuan pertama ini dilakukan dengan menginput seluruh data pemberi rekomendasi di aplikasi pendaftaran LPDP. Kemudian pelamar diminta mengisi biodata singkat terkait pemberi rekomendasi. Seperti nama, nomor telepon, dan sebagainya. Setelah itu pelamar akan diminta mengisi sebuah rekomendasi. Lalu rekomendasi dikirim ke LPDP.

Surat Rekomendasi Offline Form

Cara selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengunggah dokumen pada aplikasi pendaftaran LPDP. Adapun bentuk dokumen yang akan diunggah nantinya merupakan contoh yang telah disebutkan di atas.

Demikian informasi mengenai contoh surat rekomendasi LPDP serta panduan cara membuatnya dimana surat ini menjadi salah satu syarat wajib dan harus anda persiapkan ketika mendaftar program LPDP ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600