Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pengetahuan

Begini Contoh Surat Paklaring Beserta Syarat dan Formatnya

×

Begini Contoh Surat Paklaring Beserta Syarat dan Formatnya

Share this article
Contoh Surat Paklaring Beserta Syarat dan Formatnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh surat paklaring yang bisa anda gunakan sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan surat ini.

Dalam dunia kerja, surat paklaring pastinya sudah tidak asing lagi dimana surat ini kadang digunakan yang berhubungan saat akan berhenti bekerja atau resign.

Example 300x600

Lalu apa itu surat paklaring? Surat paklaring sendiri merupakan dokumen yang menjelaskan informasi terkait pengalaman dan posisi kerja seseorang di suatu perusahaan dimana pada surat ini akan memuat informasi mengenai posisi yang akan tempati sejak pertama bergabung hingga mengundurkan diri.

Surat paklaring terbit dari perusahaan tempat anda bekerja. Akan surat ini tidak hanya bisa dibuat perusahaan, tetapi surat ini juga dibuat oleh lembaga kecil yang memiliki hak dan kewajiban. Mengenai kegunaan surat paklaring ini bisa anda gunakan untuk banyak hal nantinya yang mana bisa anda simak sebagai berikut.

  • Melamar Pekerjaan di Perusahaan Lain
  • Mengurus Pencairan Dana BPJS Ketenagakerjaan
  • Mengajukan Pinjaman
  • Mengajukan Kartu Kredit
  • Melamar Beasiswa Jalur Profersional Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Syarat Membuat Paklaring

Contoh Surat Paklaring Beserta Syarat dan Formatnya

Walaupun anda bisa mengajukan surat paklaring ke perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya, tetapi sebelum mengajukan, pastikan anda memenuhi syarat sebagai berikut.

Mengundurkan Diri Baik-baik

Untuk dapat mengajukan surat paklaring, maka seorang karyawan harus mengundurkan diri baik-baik untuk membuat surat paklaring dan meninggalkan nama baik serta tidak terlibat masalah apa pun di perusahaan lama.

Telah Bekerja Minimal 1 Tahun

Surat paklaring tidak bisa diajukan sewaktu-waktu sebab umumnya perusahaan memiliki peraturan bahwa paklaring hanya bisa diterbitkan untuk pekerja yang telah memenuhi kontrak selama satu tahun atau lebih. Sebab apabila seseorang resign sebelum satu tahun, justru perusahaan menilai bahwa anda adalah karyawan yang kurang profesional dan tidak matang dalam menyelesaikan pekerjaan.

Menyelesaikan Kewajiban Sebelum Mengundurkan Diri

Meskipun akan mundur dari perusahaan, bukan berarti karyawan bisa menurunkan etos kerja. sebelum mundur, dia harus bekerja sebagaimana job desk yang ada. Sebelum meninggalkan kantor, pastikan untuk menyelesaikan tugas yang ada, menyerahkan berkas ke atasan, dan sebagainya. Sederhananya, selesaikan pekerjaan terakhirmu sebelum mengurus pengunduran diri.

Memiliki Hubungan Baik dengan Teman Kerja di Perusahaan Lama

Untuk meyakinkan perusahaan baru, seorang profesional yang memiliki paklaring akan membubuhkan nomor handphone teman kerja lama sebagai referensi. Perusahaan bisa saja melakukan tanya jawab singkat mengenai diri anda untuk meyakinkan manajemen. Jika hubungan anda kurang baik dengan rekan kerja, mereka bisa urung menerima anda.

Contoh Surat Paklaring

Screenshot

Sekian informasi tentang contoh surat paklaring lengkap dengan syarat dan formatnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600