Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pengetahuan

Begini Contoh Surat Perjanjian Damai Dan Cara Membuatnya

×

Begini Contoh Surat Perjanjian Damai Dan Cara Membuatnya

Share this article
Contoh Surat Perjanjian Damai

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh surat perjanjian damai beserta cara membuatnya yang bisa anda simak dibawah ini untuk anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya.

Sesuai dengan namanya, surat perjanjian damai merupakan dokumen hukum yang dibuat antara dua pihak yang telah terlibat dalam konflik atau perselisihan. Dokumen ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai tanpa melibatkan proses hukum yang lebih rumit.

Example 300x600

Pada umunya surat perjanjian damai mencantumkan kesepakatan antara kedua belah pihak mengenai penyelesaian masalah, kompensasi yang mungkin diberikan, serta langkah-langkah untuk mencegah konflik serupa terjadi di masa depan.

Adapun untuk membuat surat perjanjian damai, maka langkah pertama adalah menentukan poin-poin kesepakatan yang akan dicantumkan dalam dokumen tersebut. Hal ini melibatkan negosiasi antara kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan yang adil dan saling menguntungkan. Setelah kesepakatan telah dicapai, poin-poin tersebut kemudian dituangkan ke dalam surat perjanjian damai dengan bahasa yang jelas dan tegas.

Selanjutnya dokumen ini kemudian ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai tanda persetujuan mereka terhadap isi surat perjanjian. Dengan demikian, surat perjanjian damai tidak hanya menjadi bukti kesepakatan antara kedua belah pihak, tetapi juga menjadi dasar hukum yang dapat dijadikan acuan jika terjadi perselisihan di masa mendatang.

Untuk lebih jelasnya, berikut struktur dan format surat yang baik dan benar bagi anda yang ingin membuat surat ini.

Format Surat Perjanjian Damai

  • Identitas Pihak yang Bertikai
  • Identitas semua pihak yang terlibat, termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya, disertakan dalam isi surat.
  • Keterangan tentang Perselisihan: penyebab perselisihan, waktu terjadinya, dan informasi lainnya
  • Daftar Isi Surat
  • Dalam kebanyakan kasus, tertulis tentang persyaratan perdamaian yang harus dipenuhi oleh pihak yang bersalah.
  • Keterangan Tidak Mengulangi Perbuatan
  • Memberikan hukuman atau denda yang spesifik jika pihak yang bersalah mengulangi kesalahan atau perbuatan.
  • Tanda tangan dari semua pihak yang terlibat dalam masalah ini
  • Dan terakhir, semua pihak harus tanda tangan untuk menyatakan persetujuan. Jika ada saksi, saksi juga harus tanda tangan.

Contoh Surat Perjanjian Damai

Contoh Surat Perjanjian Damai

Apabila anda telah memahami struktur dan format suratnya, maka berikut beberapa contoh surat perjanjian damai yang bisa anda simak dibawah ini.

Contoh Surat Perjanjian Damai Masalah Rumah Tangga

SURAT PERJANJIAN DAMAI

Kami yang bertanda tangan dibawah ini

Pihak Pertama (Suami)

Nama : Ahmad Isari

Umur : 39 Tahun

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Kampung Ningrat RT 01/09

Pihak Kedua (Istri)

Nama : Fania Larisa

Umur : 35 Tahun

Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga

Alamat : Kampung Ningrat RT 01/09

Sehubungan dengan terjadinya kesalahpahaman antara kedua belah pihak pada beberapa hari yang lalu, maka hari ini pada tanggal 24 Agustus 2018 kami selaku pihak yang terkait telah sepakat untuk berdamai. Sesuai dengan hasil perjanjian dan kesepakatan yang telah kami buat bersama antara lain:

Perjanjian suami kepada istri
Pihak suami berjanji untuk tidak mengulangi kembali perbuatan yang telah dilakukan pada pihak istri, seperti melakukan kekerasan fisik, mengeluarkan kata-kata kasar, merusak barang-barang, hingga mengusir pihak istri. Tindakan tersebut sangat berbahaya dan dapat dibawa ke ranah hukum. Untuk itu pihak suami telah berjanji apabila mengulangi perbuatannya lagi, maka pihak suami bersedia untuk diproses secara hukum.
Lebih bertindak adil dan bijaksana dalam memimpin rumah tangga untuk menciptakan suasana keluarga yang nyaman.
Suami diminta untuk lebih bertanggung jawab kepada istri dan anak dalam kondisi dan keadaan apapun.
Siap menerima segala konsekuensi apabila mengulangi kesalahannya di kemudian hari.
Diharapkan lebih aktif lagi dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan sekitar tempat tinggal.
Perjanjian istri kepada suami
Bersikap sopan, jujur, dan bijaksana dalam mengurus rumah tangga.
Bersikap lebih terbuka kepada suami dan memberitahu secara jujur apabila ada hal yang dirasa dapat merusak rumah tangga.
Istri diharapkan dapat menerima suami apa adanya dalam kondisi dan keadaan apapun.

Demikian surat perjanjian damai ini dibuat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Surat perjanjian damai ini dapat dijadikan sebagai bukti hukum apabila diperlukan.

Kampung Ningrat, 23 Oktober 2023

Yang Membuat Perjanjian Yang Membuat Perjanjian

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

Ahmad Isari Fania Larisa

Saksi

Rian Isari
Slamet Cahyono
Cinta Larisa

Surat Perjanjian Damai Kecelakaan Lalu Lintas

SURAT PERJANJIAN DAMAI

Kami yang bertanda tangan dibawah ini

Pihak Pertama

Nama : Ahmad Mulyadi

Umur : 35 Tahun

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Kampung Puma RT 01/09

Pihak Kedua

Nama : Dede Rahadi

Umur : 37 Tahun

Pekerjaan : Pedagang

Alamat : Kampung Soang RT 07/09

Sehubung dengan adanya kecelakaan lalu lintas yang terjadi antara pihak pertama dan pihak kedua pada hari Kamis, 31 Oktober 2017 di Kampung Mangga yang mengakibatkan kerugian dan luka-luka yang diderita oleh pihak kedua. Pihak pertama selaku pihak yang bersalah menyadari bahwa perbuatannya salah baik terhadap pihak kedua maupun hukum negara.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk menyelesaikan masalah ini dengan berdamai dan masalah ini akan dimusyawarahkan di rumah pihak kedua. Nantinya musyawarah ini akan dihadiri oleh keluarga dari kedua pihak terkait.

Apapun isi dari perjanjian perdamaian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak ialah:

Kedua belah pihak sudah saling memaafkan dan tidak boleh ada dendam di kemudian hari.
Segala kerugian dan biaya pengobatan pihak kedua akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak yang bersalah.
Pihak kedua telah sepakat untuk tidak melaporkan kejadian kecelakaan lalu lintas ini kepada pihak yang berwajib dan tidak akan menuntut secara perdata maupun pidana.
Pihak kedua atau korban berjanji tidak akan menggunakan kesempatan ini untuk memeras pihak pertama, dan pihak kedua tidak boleh menuntut apapun selain yang sudah disepakati bersama.
Pihak pertama telah berjanji untuk lebih berhati-hati lagi dalam berkendara. Apabila suatu hari pihak pertama mengulangi perbuatannya, maka pihak pertama bersedia untuk diproses secara hukum sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Demikian surat perjanjian damai ini dibuat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Surat perjanjian damai ini dapat dijadikan sebagai bukti hukum apabila diperlukan.

Kampung Soang, 23 Oktober 2023

Yang Membuat Perjanjian Yang Membuat Perjanjian

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

Ahmad Mulyadi Dede Rahadi

Saksi

Rian Mulyadi
Slamet Rahadi
Sintia Amelia

Demikian informasi tentang contoh surat perjanjian damai serta cara membuatnya dan lengkap beserta stuktur surat yang baik dan benar untuk menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600