Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
PengetahuanFinance

5 Panduan Cara Menjual Tanah dengan Cepat dan Efektif

×

5 Panduan Cara Menjual Tanah dengan Cepat dan Efektif

Share this article
Cara Menjual Tanah dengan Cepat dan Efektif

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara menjual tanah dengan cepat dan efektif yang bisa anda coba terapkan untuk menjual tanah anda dengan mudah.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana tanah merupakan salah satu aset properti yang tiap tahun harganya naik dan bisa menjadi investasi yang sangat baik. Tidak heran apabila orang-orang dulu menjadikan tanah sebagai sarana investasi selain emas yang dianggap sangat potensial dan memberikan keuntungan tinggi dimasa depan.

Example 300x600

Namun walaupun begitu, menjual tanah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan sebab banyak hal yang harus menjadi pertimbangan dan juga yang harus dilakukan agar penjualan tanah bisa terjadi seperti yang diinginkan.

Dan di era kemajuan teknologi digital seperti saat ini, memasarkan tanah menjadi salah satu hal yang mudah dan efektif dilakukan banyak orang dengan hadirnya beragam platform jual beli properti, periklanan digital, hingga sosial media.

Sesuai dengan judul diatas, maka pada kali ini kami akan membagikan panduan cara menjual tanah dengan cepat dan efektif yang bisa anda simak dibawah ini.

Panduan Cara Menjual Tanah dengan Cepat dan Efektif

Cara Menjual Tanah dengan Cepat dan Efektif

Iklankan melalui Situs Properti

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana terdapat teknik pemasaran yang bisa anda lakukan sebagai cara menjual tanah dengan cepat, seperti salah satunya memanfaatkan kemajuan teknologi. Caranya bisa dengan memasarkan tanah dijual secara online, seperti melalui situs properti terpercaya dan populer dimana saat ini tersedia banyak pilihan yang bisa anda pilih.

Dengan melakukan hal tersebut, akan ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menjual tanah di situs properti terkenal. Salah satunya adalah listing properti anda berpotensi menjangkau ribuan, bahkan jutaan calon pembeli potensial.

Simak panduan dan langkah-langkah umum yang bisa anda lakukan dibawah ini.

  • Persiapkan dulu seluruh informasi terkait tanah yang ingin dijual, seperti ukuran, lokasi dan akses, serta tentukan harga jualnya
  • Pilih situs properti yang menjanjikan dan banyak dikunjungi oleh calon pembeli, misalnya Rumah123
  • Iklankan tanah di website tersebut melalui tautan ini
  • Lalu lengkapi formulir registrasi
  • Isi data diri beserta informasi mengenai tanah
  • Gunakan foto berkualitas tinggi untuk menampilkan visualisasi yang menarik.

Pasarkan lewat Media Sosial

Selain situs jual-beli properti, cara menjual tanah dengan cepat juga bisa dilakukan lewat media sosial seperti Instagram, Facebook, atau X. Beberapa media sosial yang disebutkan di atas, bahkan memiliki fitur iklan yang bisa dimanfaatkan untuk menjangkau jaringan pengguna yang lebih luas.

Cara memasarkan properti di media sosial pun mudah, kamu cukup mengunggah foto atau video tanah yang akan dijual. Kemudian, tambahkan deskripsi lengkap mengenai tanah yang akan dijual untuk diketahui oleh calon pembeli.

Minta Bantuan Agen Properti

Apabila anda tidak ingin dipusingkan dengan urusan menjual tanah, maka anda bisa menggunakan jasa agen properti untuk memasarkan tanah tersebut dimana cara ini bisa menjadi salah satu cara efektif jual tanah cepat laku.

Agen properti akan bertindak sebagai perantara dan pihak yang mencarikan pembeli potensial untuk tanah tersebut. Namun, jika ingin menjual tanah via agen properti, pastikan anda mencari agen properti tepercaya dengan reputasi baik.

Selanjutnya, anda bisa menghubungi agen tersebut dengan memberikan informasi tentang lokasi, ukuran, dan harga jual tanah. Meskipun biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal karena adanya fee agen, tetapi anda tidak perlu repot lagi untuk mengurus penjualan tanah seorang diri.

Jual Tanah melalui Bank

Selain menggunakan situs properti dan media sosial, anda juga bisa mencoba cara jual tanah cepat laku melalui bank. Dalam prosesnya, bank tidak bertindak sebagai pembeli, tetapi hanya perantara yang membantu anda menemukan pembeli untuk tanah tersebut.

Bank akan membantu mencarikan pembeli karena bank memiliki program bantuan kepemilikan lahan yang disebut Kredit Pemilikan Tanah (KPT) yang hanya diperuntukkan bagi pembelian tanah.

Sebelum “menjual” tanah melalui bank, anda harus mencari bank yang menyediakan fasilitas KPT. Sementara itu, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi calon penjual tanah saat melakukan pengajuan KPT ke bank, di antaranya sebagai berikut.

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi Surat Nikah
  • Menyertakan Sertifikat Hak Milik (SHM)/Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB)/Sertifikat Hak Guna Usaha (SHGU)/akta notaris.

Pasarkan Tanah kepada Kerabat Dekat

Dan cara terakhir yang bis anda lakukan dan mungkin termudah dari semua cara diatas adalah memasarkan tanah kepada kerabat dan orang-orang terdekat anda. Seperti yang kita ketahui bersama dimana salah satu masalah umum yang dihadapi ketika menjual tanah bagi pemula adalah mendapatkan calon pembeli pembeli potensial. Namun, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Salah satunya dengan memasarkan tanah kepada kerabat dekat seperti saudara, tetangga, atau teman dekat. Apabila mereka kurang berminat membeli tanah yang anda jual, maka anda bisa meminta bantuannya untuk ikut memasarkan properti tersebut.

Anda juga bisa menjanjikan komisi apabila berhasil menjual properti anda, agar mereka menjadi lebih semangat membantu memasarkan tanah yang akan dijual.

Sekian informasi tentang tips cara menjual tanah yang efektif, mudah dan juga cepat untuk anda ikuti. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600