Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pengetahuan

Begini Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Online, Mudah dan Gratis

×

Begini Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Online, Mudah dan Gratis

Share this article
Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Online

Kabar gembira untuk anda yang ingin belajar bahasa inggris tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun, sebab kali ini kami akan membagikan cara belajar bahasa inggris secara online, gratis dan mudah dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak negara di seluruh dunia. Meskipun setiap negara menggunakan bahasanya sendiri, tetapi bahasa inggris merupakan bahasa yang memungkinkan orang dari dua negara bisa berbicara dan saling memahami satu sama lain.

Example 300x600

Sebut saja contohnya apabila anda sebagai orang Indonesia bertemu dengan orang Korea, anda tidak perlu belajar bahasa Korea dan juga sebaliknya dimana anda bisa saling memahami dan mengerti jika keduanya bisa berbicara dengan baik dalam bahasa inggris.

Untuk belajar bahasa inggris pun tidak sulit dimana saat ini telah hadir banyak lembaga pendidikan bahasa inggris yang memberikan bimbingan belajar bahasa inggris baik itu di kelas maupun secara private. Akan tetapi tentunya terdapat biaya kursus yang harus anda bayarkan.

Tetapi anda tidak perlu berkecil hati bagi anda yang memiliki dana terbatas dan tidak mampu untuk les, atau mengambil kursus, sebab saat ini telah hadir beragam platform belajar bahasa inggris online yang bisa anda gunakan dengan mudah, kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Selain itu, metode belajar online ini juga sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengambil kursus atau bimbel.

Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara belajar bahasa inggris secara online, gratis dan mudah dilakukan dengan menggunakan platform berupa situs atau aplikasi sebagai berikut.

Situs Belajar Bahasa Inggris Online

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Online

Ello

Pada daftar pertama, anda bisa mencoba belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan bantuan situs Ello, dimana situs ini cocok bagi anda yang ingin memperbaiki kemampuan listening. Pada situs ini terdapat 1.300 pelajaran listening untuk anda jadikan latihan belajar bahasa inggris.

Selain itu, Ello juga memiliki banyak topik yang telah dibagi berdasarkan level dan kemampuan anda. Tidak hanya itu, dalam setiap pelajaran listeningnya, anda akan diberikan sebuah transkrip dengan kosakata dan kuis. Program listening dalam situ ini bisa diunduh dengan format MP3 agar anda bisa lebih mudah belajar bahasa Inggris dimana saja dan kapan saja.

Hal menarik lain dari Ello yang jangan sampai anda lewatkan adalah adanya materi listening yang tidak hanya yang diberikan oleh native speaker tetapi juga diberikan oleh non-native speaker. Dengan demikian, anda bisa belajar listening dengan berbagai accent yang berbeda sehingga anda bisa belajar menginditifikasi bahasa inggris walaupun memiliki cara pengucapan yang berbeda.

Duolingo

Untuk rekomendasi situs dan aplikasi yang selanjutnya untuk belajar bahasa inggris secara online adalah situs bernama Duolingo yang merupakan nama yang sudah sangat populer digunakan banyak orang diseluruh dunia. Layanan ini bisa anda akses via website melalui browser id.duolingo.com maupun aplikasi mobile sehingga memungkinkan anda bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Karena kemudahannya ini, maka tidak heran bila situs ini cukup populer, dan terbukti aplikasi situs ini telah diunduh jutaan kali.

Dengan Duolingo, anda bisa belajar bahasa Inggris dalam empat poin penting yakni listening, writing, speaking, serta reading. Adapat belajar bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan, tidak membosankan serta gratis. Pembelajaran bahasa inggris pun mudah untuk dipahami karena situs ini menghadirkan animasi dan tampilan visual menarik dalam setiap metode pembelajarannya, sehingga aplikasi ini pun ramah bagi anak-anak yang ingin belajar bahasa inggris.

BBC Learning English

Dan daftar situs selanjutnya untuk belajar bahasa Inggris yang efektif adalah situs yang dikelola oleh BBC yang merupakan perusahaan penyiaran asal Inggris yang sangat populer yakni BBC Learning English. Dengan situs ini, anda bisa mendapatkan berbagai kursus dengan level yang berbeda-beda.

Pada situs ini anda akan menemukan beragam pilihan program di situs yang bisa anda pilih seperti kebudayaan, bahasa, hingga peristiwa yang sedang terjadi saat itu. Hal menarik lainnya adalah anda juga bisa mendownload artikel-artikel dan postingan dari situs ini dengan format PDF atau file dengan format audio.

BBC Learning English adalah situs yang tepat untuk belajar listening, karena dilengkapi dengan berbagai rekaman video dan audio. Ada bagian bernama Words in the News berisi video-video berdurasi pendek mengenai topik-topik menarik yang bisa ditonton sebagai media belajar.

Bagi anda yang lebih tertarik menambah kosakata bahasa Inggris, anda bisa memilih bagian The English Speak dimana terdapat sebuah program yang fokus pada ekspresi-ekspresi idiom. Selain itu, ada juga program 6 Minute English yang akan membantu anda menambah wawasan tentang bidang kesehatan, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagainya.

British Council

Dan terakhir adalah aplikasi bernama British Council dimana situs ini sendiri dibuat oleh organisasi budaya yang telah mendapat izin khusus dari Ratu Elizabeth II, yaitu British Council.

Situs ini memberi anda kesempatan untuk belajar bahasa Inggris secara gratis dengan menyediakan berbagai game, cerita, aktivitas listening, dan latihan grammar yang mendalam. Selain itu, anda dapat menemukan informasi tentang fitur atau topik yang ingin Anda pilih dengan melakukan pencarian pada hal-hal favorit pada peta situs. Selain itu, mengetahui segala fasilitas yang ditawarkan oleh situs ini akan sangat membantu.

Selain itu situs British Council adalah tempat yang bagus untuk belajar listening, dengan aktivitas dan video di bagian Listen and Watch. Selain itu, ada bagian di situs yang membantu anda belajar tata aturan grammar, serta informasi tentang bisnis dan pekerjaan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki bagian yang disebut “Menulis untuk Tujuan”, yang memungkinkan anda menguji kemampuan menulis akademik anda dan semua itu bisa anda lakukan dengan gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun.

Sekian informasi mengenai panduan cara belajar bahasa Inggris secara online, mudah dan gratis yang bisa diterapkan berbagai umur dan kalangan. Anda cukup memastikan memiliki sinyal internet yang baik. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600