Sort Comments by:
Points Newest Oldest

sukatoro / 6 pts / 1 month ago
Kalo pentingnya, penting ga penting. Gw bilang gini karena percuma masuk PTN favorit kalau kuliahnya ga niat. Sebaliknya, ga masuk PTN favorit juga gpp, selama bisa berprestasi di kampusnya.
Masalah dunia kerja, ini agak ada hubungannya sama nepotisme. Biasanya, suatu perusahaan dengan direksi lulusan kampus X akan lebih suka hire lulusan kampus X. Atau, alumnus kampus Y yang buka usaha akan punya kecenderungan untuk hire lulusan kampus Y. Tapi ga selalu yah, ini cuma kecenderungan aja.
Lolly / 1 pts / 1 month ago
Setuju 👍🏻
merida / 1 pts / 1 month ago
Setuju banget. Mau darimana pun lulusannya, kalau udah ada nepotisme, ga ada yang bisa lawan. Dan ga semua ptn itu punya status acceptable di dunia kerja, jadi mending punya skill dan banyak prestasi aja sih
Bukankalian / 1 pts / 1 month ago
Sepakat. Banyakkan juga relasi. Kalo dari ptn terbaik pun dan banyak prestasi, kalo gk punya relasi tetep kalah sama yg banyak relasi.
toples / 1 pts / 1 month ago
Iya, bener. Tp kalo gw bosnya ya selama lo bisa kerja gw pake. Kalo ga bisa kerja mau lulusan UI, ITB, Harvard kah lulusan PT lainnya ya ga gw pake.
Sunbrightlikeadiamond / 2 pts / 1 month ago
Ngaruh, gw dah ngerasain sendiri sih.
Jadi ge lulusan salah satu ptn di pulau kalimantan dan termaksud fav disana. Setelah lulus gw milih pulang kampung ke sumatera. Sampe disini di beberapa perusahaan swasta selalu di tanya lulusan mana, dan ya kebanyak org gatau ptn gw dimana.
Gw punya sodara yg kerja di slhstu prshaan swasta gw coba minta tolong buat titipin cv, berapa minggu kemudian si om nelpon "kmu lulusan mana?" Di univ ini om "oh tapi merka lagi cari yg lulusan univ a" (salah stu ptn di daerah gue lamar dan masuk top ptn di indo).
Penting bgt lu cari2 tau klo di pt.swasta yg lo mau lamar ada alumni univ lo, jadi mreka tuh kyk uda tau kwalitasnya gitu, emng gk semua kyk gitu tapi sejauh ini yg gw cobain hampir semua kyk gtu. Kita punya skill aja jaman sekarang nih gk cukup menurut gw. Gw bukan bilang orang dalam ya.
haewon-kang / 1 pts / 1 month ago
Setuju, gw blm mengalaminya sih
Tapi berdasarkan apa yg gw liat, apa yg sodara gw alami, kating gw, dosen2 gw juga bilang kek gitu.
Kecuali kalo lo punya/buka usaha sendiri, kalo gak gitu kerja di perusahaan start up gitu2.
Sunbrightlikeadiamond / 1 pts / 1 month ago
Iya gw jg setuju kemungkinan perusahaan2 yg gak mandang alumni mana cuma perusahaan startup yg emng butuh skill, dan gk jarang merka nungguin orang2 yg punya skill sampe lulus kemudian rekrut secara langsung.
Dan juga bumn atau pns sih yg gk mandang alumni, ya cuma tau sendiri aja masuk bumn gak gampang, bukan cuma masalah skill tapi ya tau sendiri gimana bobroknya bumn.
pidyass / 1 pts / 1 month ago
begini ya bocil2, mau sekeren apapun ptn/pts km, sepinter apapun km, secakep apapun km, TETEP KALAH sama yg punya koneksi orang dalem. jadi kl skr km msh mhs, yah, dipuas2in aja dulu cara pikirmu yg idealis. kr kl udh lulus dan cari kerja sana sini, gakan guna tuh yg namanya idealis 😂😂😂 yg guna adl KONEKSI.
softblue_ / 1 pts / 1 month ago
pentingnya sih krn ada beberapa tempat kerja yg ngenilai lo lulusan mana kampusnya terakreditasi gak, tp di beberapa tempat juga ada yg ga mentingin itu kok, yg penting skill yg lo punya jelas. so tergantung tempat ngelamar kerja sih menurut gw
Lamputerbang / 1 pts / 1 month ago
kalo masuk ptn favorit, akses lo dalam dunia kerja, relasi, dan wawasan lebih luas. Kenapa? Ya karena terkenal dan sudah diakui kalo alumni dari ptn itu kompeten dibidangnya meskipun gak semua. Jadi saat masuk ptn favorit, harusnya memanfaatkan fasilitas yang ada. Kalo cumaa sekedar masuk ptn favorit dan gak serius ya sama aja. Nol besar. Jadi balik lagi ke pribadi masing masing. Bukan berarti pts lebih rendah, tapi emang akses fasilitas di ptn favorit lebih luas.
Yourname / 1 pts / 1 month ago
Kalau prinsip keluarga gue dan gue masuk/Enda PTN, kuliah dimana itu gak ngaruh sama dunia kerja kalau itu memang kesukaan lu/ favoritnya elu ya ambil, jalani.
Karna kuliah bukan untuk mencari kerja.
Tapi membentuk mindset cara berfikir, intelek.
Kalau gue pribadi begitu sekolah bertahun" tapi kerja sama orang, kenapa bukan kita?/ Kenapa ngak coba memperkerjakan orang lain. Walaupun pada akhirnya cuma buka toko ya itu lebih baik bisa memperkerjakan orang.