CURHAT
Bimbang
1 month ago
4 comments
Pernah gak sih kalian suka dan menikmati hobi kalian, tapi sepertinya semesta gak respect sama hobi atau kegiatan yang kalian sukai?

Gue dari dulu suka menggambar, menulis dan tertarik dengan hal-hal berbau editing walau gak keren2 banget karya yang gue hasilin. Karena suka menggambar, gue mencoba memosting hasil karya gue di Ig, awalnya niat gue ya untuk sekadar upload aja, dan juga siapa taukan ada yang suka. Tapi ternyata manusia itu serakah ya? wkwkwkwk.

lama kelamaan gue pengen karya gue ada yang apresiasi, dan Alhamdulillah diapresiasi walau yang nge-like karya gue yahhh, bisa dihitung dengan jarilah. Tapi gue seneng ada yang bilang art gue bagus.

Dan makin kesini, yang bisa dihitung dengan jari itu, yang jadi penyemangat gue makin lama makin sedikit. Dan.. yeah dari temen-temen gue atau orang tua gue, gak ada respon berarti walau gak ada yg judge sih (mereka gak dukung dan gak nge-bully gue, tapi reaksinya ya, ya nghokay. gitu doang). tapi kayak gue rasa, hobi dalam verse gue makin melenceng tujuannya kena gak ada respon gitu, dan terasa hambar, tapi gue gak mau berhenti dari hobi gue. Kelen paham gak maksud gue?:(

Kasih nasehat dong, biar gue tetap semangat dengan hobi yang gue jalanin, makasih udah baca☺️


Sort Comments by:
Points Newest Oldest

Vodka_Machiato / 1 pts / 1 month ago
Bagusin aja gambarnya dan tekniknya, anak TK juga kalau dia gambar pasti dipuji bagus, bukan berarti dia seniman. Mungkin art lu biasa-biasa aja sehingga orang-orang cenderung skip karya lu.

Tapi kalau lu merasa gambarlu udah bagus, gak usah mencari validasi dari orang2 lain. Gua juga punya temen yg suka posting gambarnya, sumpah goresannya bagus2, wajar karena dia jurusan seni rupa, tapi gua jarang muji dia secara langsung, gua berkata dalam hati aja bahwa dia keren banget, that's it, gak kasih like atau pujian.
Smongko4 / 1 pts / 1 month ago
Thanks Hyung atas nasehatnya 🥺
diedhephaestion / 1 pts / 1 month ago
gue jg pernah ada di posisi lu, tapi gue nulis bukan gambar. emang, ketika kita mulai publish karya kita pasti kita ngarepin respon orang lain dan emg apresiasi mereka ngaruh bgt ke semangat & motivasi kita untuk terus berkarya. gua cuma mau cerita pengalaman gue nih, gue dulu nulis dan yg baca udh sampe 17k an. trs gue nyoba nulis lagi dan readers gue jd anjlok parah, sejak itu gue jd ga pernah publish karya gue krn anggapan "yg baca udah dikit, ga ada yg nyemangatin nulis lagi". dan sekarang ,udh sekitar 3 taun sejak gue terakhir publish tulisan gue.

intinya adalah, kita ngarep orang2 apresiasi karya kita itu wajar bgt, tp jgn biarin itu jd faktor utama lu buat gambar. lu hrs fokus ke tujuan murni lu gambar apa, mungkin utk kesenangan lu sendiri/utk mengasah skill lu, tp bukan buat 'menyenangkan' orang2. cukup alihin fokus lu dari 'karya gue buat orang lain' jadi 'karya gue gue buat untuk diri gue sendiri'. dan poin penting lg jgn pernah berenti, krn kalo udh berenti bangkitnya bakal susah:)
Smongko4 / 1 pts / 1 month ago
Makasih bgt kak udah ngasih solusi, buat masalah aku🥺