Sort Comments by:
Points Newest Oldest

Rorojonggrang / 3 pts / 5 days ago
Menurutku salah satu indikator keberhasilan ortu dalam membimbing anaknya adalah dengan diperhatikannya kesehatan mental si anak.
quirkyalone / 1 pts / 5 days ago
Sepemikirannn
Qoproth / 3 pts / 5 days ago
1. Moral compass
Dimana nggak perlu ada aturan, atau hukuman dia bisa tahu mana yang baik dan buruk. Contohnya, tidak perlu ada hukuman pidana, tapi dengan sadar kalau menimbun obat / oksigen atau barang2 yang penting untuk keselamatan orang itu salah.
Tidak perlu diberikan imbalan 'pahala' atau 'rejeki berlipat' untuk bersedakah dan berbuat baik ke sasama.

2. Indepensi
Contohnya dalam hal finansial, tidak perlu minta-minta ke orang tua, keluarga, teman atau yang lain.

3. Berpikir kritis untuk dirinya sendiri
Anak baik digambarkan sebagai anak penurut. Orang tua berkata apa, anak menurut. Hal ini bukan sesuatu yang baik di kehidupan. Jika semuanya menurut, ada yang jelek / tidak sesuai anak akan terbiasa menurut saja. Anak hanyalah jadi suruhan yang menurut perintah. Tidak bisa mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.

Anak tentunya perlu mendengarkan kata-kata orang lain, salah satunya orang tua. Tapi soal mengambil keputusan, ambil sendiri. Pertimbangkan semua masukan yang diberikan, tapi ambil tanggung jawab. Jangan sampai ketika mengambil salah jalah, "ya kan disuruh ibu aku" "wah salah ibu aku nih", lepas tanggung jawab dan menyalahkan orang.
Lamputerbang / 2 pts / 1 week ago
Gatau wkwk, yang pasti cara didik yg ayah gue terapkan, 70% gak akan gue terapkan ke anak gue nanti. Gue pengen gak membatasi dia dalam hal apapun tapi tetep ngasih tau dia bahwa ada batas batas tertentu yg harus dijaga.

Sebagai orang tua gue cuma bisa ngebentuk 50% dari total kehidupannya, itupun kalau dia mempertahankan apa yang gue kasih. sisanya ya dia cari sendiri, gue cuma pengen dia mempertahankan batas batas apa yg harus dijaga supaya gak bablas dan dia bisa punya pikiran sehat dalam mengambil sebuah keputusan. Jadi tetep aja gagal atau enggaknya seseorang balik lagi ke cara dia menjalani hidupnya.
cheese / 1 pts / 5 days ago
Setuju sama pemikiran kakak
coffeelady / 2 pts / 2 weeks ago
susah jawabnya ya 😂 krn anaknya baik ato pinter ato sukses ato kaya jg belum tentu krn bimbingan ortu.. bisa aja krn pengaruh lingkungan.. tp aku pribadi merasa jd ortu sukses kalo anakku tau manner dan sopan santun sih.. kl masalah prestasi akademis ya yg pentinh dia berusaha aja.. yg penting manner
Anone / 2 pts / 5 days ago
Ini menurut kita sebagai orang tua atau sebagai anak?

Kalo sebagai orang tua, walaupun aku belum menikah dan punya anak, aku ingin nantinya aku bisa mengajarkan cara mengungkapkan ekspresi apa yang dirasakan, dipikirkan, dilihat dsb. Karena menurutku kalo nanti anakku bisa membagi apa yang dia rasakan, itu mungkin akan priceless buat aku sih. Sekalipun itu fakta terburuk. Aku gak mau anakku jadi kayak aku yang gak bisa feel free to share anything, karena gak tau caranya.

Kalo sebagai anak, keberhasilan dimata orang tua ku adalah menghasilkan uang. Aku udah nurut, udah pinter, tp aku gak bisa menghasilkan uang yang banyak, jadi ya aku biasa aja dimata orang tua hihihi
Yahoo / 2 pts / 2 weeks ago
Seorang ibu dan seorang bapak
Dan kedua nya adalah guru

Bila mau berhasil jadilah orang tua yg mendidik anak nya ke jalan yg benar
Begitu juga sebaliknya bila mau gagal yg silakan arah kan ke jalan yg salah
Tapi apakah ada orang tua seperti itu?
Ya paling orang tua yg mengajarkan sesuatu yg mereka anggap itu benar dan mereka sukai

Itu teori itu kemauan itu usaha
Tapi bukan itu yg memutuskan
QueenLiana / 2 pts / 2 weeks ago
Menurut aku adalah mereka yg
1. anak anak nya cepat mandiri dan tdk menjadi beban orang tua di usia 20 an.
2. Anak anak nya memiliki pekerjaan yang halal dan tidak menindas orang lemah.
3. Memiliki finansial yg cukup, tidak membuatnya lupa akan berbakti kepada orang tua,
4. dan memiliki finansial yg lebih dari cukup tidak membuatnya tinggi hati terhadap orang yg dibawa.
5. Memiliki sopan santun, dan tata krama yang tinggi serta dasar agama yang bagus.

Selain daripada diatas menurut aku gagal, contoh ada org yg anaknya sukses jadi pejabat tapi menindas rakyat, anaknya sukses jadi pengusaha besar tapi tinggi hati dann angkuh terhadap orang dibawah nya, anaknya bergelar pendidikan tinggi tapi tdk punya attitude yang baik.
zaramaraz / 2 pts / 1 week ago
Setiap orang tua punya cara yang berbeda dalam mendidik anak, cara orang tua saya mendidik saya mungkin berbeda dengan cara orang tua lain dalam mendidik anaknya. Ada juga orang tua yang membedakan cara mendidik anak pertama dan anaknya yang lain

Ketika menurut saya orang tua saya berhasil mendidik saya belum tentu orang lain memiliki pemikiran yang sama

Menurutku pribadi, orang tua yang berhasil dalam mendidik anak yaitu ketika seorang anak tahu apa yang harus dilakukan untuk masa depannya dan merealisasikannya ketika dia beranjak dewasa, tentunya dengan penanaman nilai nilai moral dan agama yang baik agar anak tahu tindakan yang dilakukannya benar dan sesuai atau sebaliknya
ehs / 2 pts / 1 week ago
Berhasil atau enggak, menurutku peran mereka hanya 50%, karena sisanya dari dalam diri anak itu sendiri karena pengaruh lingkungan tempat dia melakukan kegiatan sehari2, juga karena pola berpikirnya dalam merespons faktor2 itu.
bawang_goreng23 / 2 pts / 5 days ago
Yg bisa bikin anaknya nyaman curhat sama ortunya.
Yg gk maksain anaknya jdi apa yg ortu mau
Yg kasih kebebasan ke anaknya buat milih jalan hidupnya (tpi tetep di hal yg bener dong)

Ortu gw nerapin ini, tapi tetep aja kdg ortu gw strict gk bolehin keluar rumah sering", gk boleh jalan sendirian, gk bolehin pacaran atau kontekan fisik yg too much ke lawan jenis (bahkan tlponan malem" gw diomelin)😭 gw jg gk dibolehin pergi berudaan sma lawan jenis

Tpi gw paham dgn aturan" itu, selain dri sisi agama, aturan ini emg bkin gw jadi lebih aman dan lebih bisa waspada klo gw lagi di luar atau gk di lingkungan ortu. Jadi kek sadar diri gitu loh
Markonah_nich / 2 pts / 5 days ago
Kalau dari sudut pandangku (anak), orang tua yang berhasil itu yang bisa bikin anaknya bahagia dan berkembang tapi tetap dalam aturan Tuhan dan negara. Tapi kalo dari sudut pandang mamaku, ya selama anaknya memenuhi standarnya baru berhasil.
Kitsune / 2 pts / 5 days ago
Anaknya berprilaku baik dan sukses bikin bangga orang tua
danzer_atc01 / 2 pts / 4 days ago
Tidak terlalu memanjakan anaknya banget itu adalah salah satunya. Jadi boleh aja memanjakan tapi jangan terlalu sampai semua yang diminta malah dituruti
Bukankalian / 2 pts / 4 days ago
Menurutku, orangtua yg dikatakan berhasil itu bukan dilihat dari keberhasilan anak di usia dewasa, karena itu udah terlalu kompleks, ada banyak faktor, bisa lingkungan, kemauan anak, peluang, guru, program pendidikan, dsb.

Jadi, orangtua yg berhasil itu sih menurutku yaa, bisa dilihat dari perkembangan anaknya pada usia emas atau masa² kecil si anak.
Jika si anak perkembangan emosionalnya ketika usia 5 atau 7 tahun udah baik, bisa menjadi anak yang ceria, mau berinteraksi dengan ortunya, punya sopan santun sedari kecil dengan baik, atau bisa ngungkapin keinginannya dengan mudah tanpa takut tapi juga tanpa memaksa manja berlebihan. Juga, anak itu bisa melakukan hal² kebiasaan baik tanpa terpaksa.

Nah, kalo gini menurutku orangtua itu udah berhasil, berhasil membentuk karakter awal anaknya dengan baik, sisanya anak yg eksplorasi minat bakat dan kemauannya dengan bimbingan ortu. Berhasil sukses atau tidak, udah bukan karena ortu semata.
BubuAndRuby / 2 pts / 5 days ago
Faktor keberhasilan yg pling utama si kesehatan mental anak diperhatikan,ortu yg peduli dan aware dengan kesehatan mental anaknya udah bisa dibilang berhasil,karna di jaman skrang banyak bnget anak menderita mental illness,dan salah satu faktor utama nya itu kluarga.

Ortu ku trmasuk disiplin saat ngedidik aku dulu,jdi aku sama skli nggk bisa berkata kasar,di daerahku aku slalu pake bhasa halus,kyak misalnya aku nggk pernah make 'lo gue' yg lbih casual,aku biasanya pake 'aku kamu',disatu sisi aku bangga krna temen2 sering kagum saking tata bahasa ku dijaga,di sisi lain aku jadi pendiem krna temen2 nggk nyaman kalo harus ngomong 'aku kamu' ke aku.

Tapi ortu ku nggk trlalu peduli tentang kesehatan mental ku,dibanding bandingin,dipaksa masuk jurusan yg mreka sukai,kalo aku masuk ke jurusan yg aku sukai,mreka bilang 'coba aja kamu masuk kedokteran' 'kedokteran bukannya lebih ngehasilin uang ya?' berujung aku depressed dan mendem masalah sendiri,mreka bahkan nggk tau kalo aku berulang kali nyobak bunuh diri.

Jadi,mungkn bgi orang lain,ortu yg ngedidik anaknya agar penuh sopan santun,tata bahasa yg slalu dijaga,nggk trlibat pergaulan bebas itu adalah ortu yg berhasil,tapi mnurutku sendiri,kesehatan mental si anak jauh lebih penting.