Sort Comments by:
Points Newest Oldest

al_start / 2 pts / 2 months ago
Wih sama kita✨
Trgntung kmu nya kalo kmu mau kuliah sma tp klo km mau krja smk
bersyucure / 2 pts / 2 months ago
sebenernya sama aja, cuma smk kan lebih spesifik untuk jurusannya, walaupun gitu ttp ada pelajaran umum,

sedangkan sma lebih difokusin ke pelajaran umum, walaupun ada jurusan ipa/ips tp masih lebih umum dibanding smk

kalau kamu udah ada bidang yg diminati sih saranku lebih ke smk aja, pilih jurusan yg kamu kuasai, kalau masih bingung mending ke sma aja, biar nemuin dimana passion kamu dulu
pembantu_Bighit / 2 pts / 2 months ago
Tergantung Lo maunya dimana.


SMA fokus ke materi
- Biasanya yang masuk sma , punya keinginan untuk bisa kuliah.
SMK fokus ke praktek.
- Biasanya yang masuk smk, punya keinginan untuk langsung kerja pas lulus


Tapi, sebenernya dua-duanya bisa lanjut kuliah kok pas lulus. Cuman, emang untuk SMK aga terbatas ( karena kan emng tujuan smk buat langsung kerja..., tapi engga menutup kemungkinan ga bisa kuliah yaa! )


Saran gue, lebih baik yakinin diri sendiri. Lo maunya apa. Jangan tergantung "ikutan temen/ disuruh orang". Karena kan yang lebih tau kemauan Lo, ya diri Lo sendiri.
Kalo masih bingung, bisa cari info-info lebih lanjut di google.
parkjaehyon / 1 pts / 2 months ago
Maksih banyak kak masukaknya..mambantu bangett😊😊😊
pembantu_Bighit / 1 pts / 2 months ago
Sipp, semangat ya!
Smongko4 / 2 pts / 2 months ago
Setelah gue jalani hidup hingga gue kuliah nih, semuanya bagus menurut gue. Lo bebas mau pilih apa. SMK bagus, SMA bagus. Mau negeri ataupun swasta. Semua ada baik buruknya tergantung dari segi mana Lo menilai Pendidikan formal tersebut. Jangan mau ikutan ajakan temen mau sekolah dimana, fokus sama bakat, keinginan, faktor ekonomi, dan mau jadi apa Lo nanti.

SMK juga bisa kuliah dan ada keunggulannya malah. SMA juga gitu. Ingat, fokus sama keahlian Lo,biar gak nyesel dan merasa salah jurusan, biar Lo enjoy menikmati enak gak enaknya menempuh pendidikan, gak ada kata penyesalan. Semangat dek!!!
parkjaehyon / 1 pts / 2 months ago
Iya kakkk maksihhh
Aurigel71 / 2 pts / 2 months ago
Gak ada yang enak. Percaya deh🀣
Sebenarnya sama aja sih.
Katanya kalo lo pengen kuliah lebih baik lo ke sma gitu kan...
Tapi menurut gue itu gak menjamin juga sih. Ini buktinya temen gue smk banyak yang kuliah. Snmptn pula. Lah gue yang sma(?)
Wkwkwkw
Terus kalo katanya smk cocok buat yang mau kerja. Kalo menurut gue, gak juga kok. Banyak loh anak sma yang lulus langsung dapet kerja juga. Tergantung pada orangmya sih.
KandZ / 2 pts / 2 months ago
Gausah ngikutin jaman kmarin jaman sekarang, intinya lu mau ambil jurusan apa/passion lu apa, udh tau rencana kedepannya gimana.
parkjaehyon / 1 pts / 2 months ago
Ok kak makasihhh banyakk😊😊
Naniel17 / 2 pts / 2 months ago
Tergantung minat dan bakat lo dimana sih. Jujur, gua dulu bahkan nggak tau apa yg gua mau, jadi ya asal masuk aja karena kebetulan gua keterima disekolah yg lumayan 'favorit'. Belakangan ini gua nyadar, ternyata gua lebih ikhlas ngapalin nama ilmiah-ilmiah makhluk hidup dibandingkan bikin garis-garis buat neraca lajur. Tapi yaudahlah, nggak ada yg sia-sia terhadap apa yg gua pilih.
parkjaehyon / 1 pts / 2 months ago
Ok kak makasih....
rizukisara / 1 pts / 2 months ago
tergantung kebutuhan kamu utk masa depanmu... kalo di SMK prospeknya kamu lebih siap kerja, kalo mau kuliah juga boleh aja. kamu akan dapat mapel yg sesuai dg jurusan yg kamu masuki. biasanya sih pas kelas 2 SMK itu ada PKL atau praktek kerja biasanya 3 bulan, ada jg yg 1 semester (tiap SMK beda2 sih aturannya). kalo di SMA kebanyakan setelah lulus ya kuliah... keduanya sama2 bagus kok, tapi itu semua tergantung kebutuhan dan minatmu
sukatoro / 1 pts / 2 months ago
Enakan cari suami kaya
coffeelady / 1 pts / 2 months ago
nah.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
coffeelady / 1 pts / 2 months ago
masi muda banget siiii.. baru mikir mau sma ato smk 😚😚😚

setuju sama komen2 diatas.. googling2 dulu, mantapkan hati, baru buat pilihan.. jgn krn ikut2an, tar menyesal.. smangat dek!!
quirkyalone / 1 pts / 2 months ago
Saran gue, pikirin mateng2 dulu, sesuaiin kemampuan lu, minat bakat, dan gini sih kalo pengalaman gue.
Kalo lu pgn bebas masuk kuliah di manapun mending ambil SMA aja. Krn banyak bgt temen gue yg SMK pd ngeluh gabisa daftar ini daftar itu. Akhirnya kuliah ga sesuai minat.

Tapi kalo lu mau fokus sm keahlian tertentu dan punya skill buat kerja mending pilih SMK.