Sort Comments by:
Points Newest Oldest

posty / 1 pts / 1 month ago
Bantu kasih saran ya guys, gw lagi ada problem dlm hal menabung nih.

Fyi, gaji gw ga banyak tp gw sedang berlatih untuk menyimpan sebagian uang. Nah sbg anak muda yg sok gaul, gw jg belajar ttg investasi.

Jadi gini, gw tuh punya banyak tabungan, mulai dr celengan, tabungan bank, dan invest. Karena gaji gw kecil, tiap tabungan isinya ga banyak. Celengan buat receh2 sisa belanja, tabungan di rekening itu gw bagi lg menjadi bbrp, dan untuk investasi yg gw mulai sejauh ini baru 2, yaitu emas sm reksadana (itupun baru 2 kali tabung setelah itu blm dilanjut lagi)

Nah problemnya disitu, karena gaji gw kecil dan tabungan gw banyak, gw jd bingung cara ngatur keuangannya gimana. Gw merasa udh banyak nabung tp kok ga keliatan. Ngerasanya selalu kaya ga punya uang, ya karena uangnya berceceran dimana2. Ada yg disono ada yg disini. Padahal kalo dikumpulin jadi satu lumayan gede. Gw msh bingung menentukan tabungan mana yg harus gw prioritaskan ?

Bodohnya gini nih, gw sendiri msh blm bisa menempatkan mana uang panas sm uang dingin. Karena aslinya tuh gaji gw sendiri msh sering numpang lewat wkwkw

Ya namanya anak muda yah, jiwa keponya besar. Gw sendiri aslinya dlm hal invest baru nyoba2 doang. Paham dikit sih, tp blm bisa ngembangin.

Buat teman2 mohon saran dan bimbingannya, Terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿป
ManusiaKesepian / 1 pts / 1 month ago
Disatu tempat di bank lebih aman
posty / 1 pts / 1 month ago
iya bang sempet kepikiran juga kalo uangnya ditaro di bank semua, cmn pikir gw klo cmn disimpen uangnya ga berkembang. memang ada sistem deposito, cmn msh ga berani nyoba karena msh jd perdebatan halal atau haramnya, begitu bang
Lamputerbang / 1 pts / 1 month ago
Kalo investasi bisa coba reksadana yg rendah resiko. Bisa juga simpan di bank buat dana darurat. Atau kalo mau nabung di celengan dikit dikit gapapa nanti kan dikumpulin bisa disetor ke bank.
posty / 1 pts / 1 month ago
Siap kak, alhamdulillah sudah terlaksana bbrp, tinggal disiplin menjalaninya saja, terimakasih sudah mau sharing๐Ÿ˜Š
surreptitious / 1 pts / 1 month ago / *edited 1 month ago
Secara umum, lebih baik menyimpan uang itu di banyak tempat karena dapat membantu melindungi uang dari kemungkinan kehilangan atau pencurian. Misalnya, kalau kamu cuma punya uang di satu rekening bank dan bank tersebut gulung tikar atau diretas, uangmu bisa hilang semua.

Di sisi lain, kalau kamu punya uang di beberapa rekening bank, atau dalam kombinasi rekening bank dan produk keuangan lainnya, kaya saham atau obligasi, risikonya itu lebih merata dari potensi kerugian. Sebutannya diversifikasi.

Penting juga buat menyeimbangkan kebutuhan diversifikasi sama kebutuhan akan kemudahan dan akses ngambil uangnya. Pada akhirnya, cara terbaik untuk menghemat uang itu tergantung keadaan pribadi sama tujuan keuangan kamu.
posty / 1 pts / 1 month ago
Maaf baru dibaca,

Wah bener juga katamu, makasih ya sudah mau sharing, hr ini bertambah satu istilah dalam kamusku "diversifikasi" yeay, makasih banyak ๐Ÿ˜Š
surreptitious / 1 pts / 1 month ago
Senang bisa membantu!
kuncenforgansmith / 1 pts / 1 month ago
di satu tempat aja, biar nanti pas kita meninggal, ahli waris kita gak kebingungan ngurus pencairannya.