-20
1 year ago
79 comments


Sort Comments by:
Points Newest Oldest

BayiMerpatiHijau / 4 pts / 1 year ago
Mungkin sebenarnya bukan tentang agama gua yg bikin gua ragu. Pada dasarnya kalau yg kita omongin adalah agama sebagai sebuah kepercayaan, sebuah pedoman hidup, rasanya gak mungkin ada keraguan.

Tapi kalau kita bicara keimanan, well gua ngerasain ragu setiap saat. Gua merasa iman gua sangat-sangat-sangat perlu diragukan. Bukan masalah agama gua. Gua percaya sama ajaran agama gua. Percaya bgt. Tapi gua merasa rasa percaya itu belum cukup bikin gua mempertahankan keimanan gua. Duh, susah deh ngomonginnya.

Pengen bgt kayak orang-orang yg aura keimanannya itu tinggi bgt. Sebagai manusia berkepercayaan, gua sangat nol besar dalam membuktikan bahwa gua adalah salah satu umat agama gua.

Mungkin ada andilnya juga sama lingkungan, ya? Maksud gua, kdg gua merasa gua ibadah itu cuma buat memuaskan ekspektasi orang-orang sekitar gua atau hanya untuk membuktikan bahwa gua masih ingat Tuhan gua.

Pertanyaan yg tepat buat gua: "Sejak kapan lu merasa ragu dgn keimanan lu sendiri?" Maka, jawabannya: "Sejak gua mengenal diri gua sendiri."
Agathas / 2 pts / 1 year ago
Ah iya, kasusnya sama kaya gue. Gue sempet ketakutan banget waktu iman gue bener-bener lagi goyah. Gue takut karna iman gue yang lemah, gue akhirnya kehilangan grip dan mutusin buat keluar karna gue percaya banget sama kebenaran agama gue (dan ini yang bikin complicated).
Dulu dimata orang lain gue mencerminkan orang yang religius banget, ditambah bg keluarga gue, padahal ya gitu.. gue sendiri sering bingung kaya, "apa iya, semua ibadah yang gue lakuin itu beneran buat hubungan gue sama Tuhan? Bukan sekedar menuhin kewajiban n ekspektasi orang?" karna setiap kali gue ibadah gue ga bisa ngerasain 'iman' itu di hati gue. Jangankan sampe ke tahap cinta, iman sama Tuhan aja, gue sering ga bisa ngerasain itu. Makanya, gue perlahan nyoba buat ngikis ekspektasi orang ke gue. Gue tau cara gue salah banget, tapi gue ga mau disebut munafik.

Kalo ditanya, kenapa gue ga coba eksplor agama lain aja siapa tau gue nemuin keyakinan yang gue cari disitu? Ya karna gue percaya sama ajaran agama gue itu yang bikin gue ga mau ngelepasin. Tho gue sekarang ga mencerminkan orang yang beragama itu sendiri, tapi gue tetep ga bisa dan ga mau ngelepasin diri gue dari agama gue sekarang, apa ya mungkin karna gue masih berharap kalo suatu saat gue bisa balik lagi dan ngedapetin 'iman' yang gue mau(?)
Agathas / 1 pts / 1 year ago
[deleted]
Aisyaqilla / 3 pts / 1 year ago
Sejauh ini sih belum pernah ragu, mungkin karena ilmu agama gw masih sangat cetek kali ya, jadinya ga banyak hal yg gw tau. Mengenai ketauhid-an gw sangat yakin dan percaya kepada Tuhan gw, meskipun yaa buat taat beribadah belum nyampe ke level itu.
Stargirl / 3 pts / 1 year ago
Alhamdulillah gak pernah ragu..
Sholat bolong doang sih, tp kalo ragu alhamdulillah jangan sampai terjadi...
dindingretak / 2 pts / 10 months ago
Iya betul iman emang naik turun tapi gak pernah ragu karena ngerasa aja koneksi antara diri dan Tuhan, meski kadang koneksi terhambat akibat ibadah bolong
Fredomikey / 1 pts / 9 months ago
Hai stargirl, aku baca komen di tread lain yg masalah santet atau pelet...aku mau tanya paranormal yg kamu temui di pekan baru itu...alamatnta dmn sih...aku butuh bgt ngobatin mertuaku sakitnya aneh gitu e....
Boleh minta wa km....aku cuma pengen nanya dukun itu aja....
diedhephaestion / 3 pts / 1 year ago
17. and still going till now
i really want this to end, the guilt and confusion is too much sometimes
neko_ / 3 pts / 1 year ago
Seumur hidup, gue belum pernah sekalipun meragukan Agama
ochacamaricakkk / 3 pts / 1 year ago
kalau ragu sih engga, lebih ke penasaran aja.
dulu di umur 13tahun sempet banyak banget pertanyaan:
- Katolik tu apa sih?
- Kenapa dulu bisa pada yakin sama Yesus?
- Yesus aja dulu agamanya ga Katolik loh, terus kok bisa kita jadi Katolik?
- Tritunggal Maha Kudus tu gimana konsepnya?
dan masih banyaaak lagi.

karena jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan itu selalu ku cari, malah bikin aku makin cinta sm Papi J. dan bahkan jadi pengen masuk biarawati.

cara Tuhan memeluk tu emang ajaib sih.
skysegara / 3 pts / 1 year ago
pemikiran Tuhan ga terbatas, gabisa kita lampaui. jadi wajar muncul pertanyaan kaya gitu. btw lu keren bgt dapet panggilan Tuhan buat jadi biarawati. GBU 🤍
ochacamaricakkk / 1 pts / 1 year ago
dan perjalanan dalam mencari jawaban itu yg malah menguatkan rasa cinta ke papi J. akhirnya, semuanya emang gaharus bisa dimengerti dalam kata-kata.

semua punya panggilan untuk jadi garam dan terang, kok.
jangan lelah mewartakan kabar gembira.🤍
Tuhan berkati.
Reset / 3 pts / 1 year ago
Sampai saat ini, aku belum pernah meragukan Agamaku...
Aku bangga dengan yang kumiliki saat ini, dan akan kupertahankan sampai mati...
biaan / 3 pts / 1 year ago
antara 15/16 sih.

waktu itu ada beberapa hal yang terus menerus ada dipikiran gue, kek, muter² aja gitu itu pertanyaan. mau gue tanya juga takut dimarahin, wkwkwk. awal akarnya sih dari situ. sampe skrg gue masih cari agama yg pas sama prinsip hidup gue.
LS123 / 3 pts / 1 year ago
13 tahun
Summer / 3 pts / 1 year ago
Klog gak salah sekitar umur 22
myun97 / 3 pts / 1 year ago
gapernah ragu sama agama
chocolava651 / 2 pts / 1 year ago
umur 23 an. sempet mikir kenapa Allah ga segera mempertemukan dua manusia yang memang bener² ditakdir kan bersama alias jodoh. justru di tunda² terus alhasil banyak orang terjerumus zina kayak pacaran. padahal banyak hamba Nya yang udah siap nikah tapi jodoh belum ketemu.
nah saat itu lah gue ragu sama agama gue sendiri. tapi itu nggak berlangsung lama. hati gue nggak tenang karna ngerasa ragu dan mulai jauh dari Allah
Gopal / 2 pts / 1 year ago
klo gak salah inget saat umur 8 atau 10 tahun
surreptitious / 2 pts / 1 year ago
Tigas belas tahun
Keyre_ / 2 pts / 1 year ago
Alhamdulillah ga pernah, malah semakin yakin
water / 2 pts / 1 year ago
15, dulu udah tanya tanya ke pendeta tentang beberapa hal dan pemikiran yang buat ragu, pernah sampe berdebat juga, umur 16 ampe sekarang agnostik-teisme, tapi ngga sepenuhnya lepas dari agama karna ada beberapa hal dari agama yang emang ngerasa dibutuhin, misalnya berdoa, ngerasa berdoa itu memberikan ketenangan juga menyadarkan diri agar ngga tinggi hati, dan masih ngikutin cara sikap berdoa secara kristen, tapi ga lagi berdoa dalam nama tuhan yesus
MusuhMasyarakat / 2 pts / 1 year ago
Alhamdulillah ga pernah ragu sm agama gw ya, cmn dulu waktu masih kecil suka ngerasa aja agama lain kayaknya lbh keren hahaha kadang kepo juga sm tata cara ibadah agama lain
tergojogojo / 2 pts / 1 year ago
sama haha, dulu pas kecil suka niru agama lain karena keren haha sekarang sih kagak
Lamputerbang / 2 pts / 1 year ago
17 maybe, setelah baca "lo kalo ditanya kenapa milih agama ini jawabannya apa?"
Summer / 2 pts / 1 year ago
Klog gak salah umur 18 - 22 tahun

Masalahnya bukan ke agamanya tapi ke manusianya, keluarga dari ayah ku sekolahnya rata-rata sekolah islam.

Pernah waktu aku masuk smk, aku di antar ayah ke sekolah sekalian wisudah sama kakak sepupuku.

Logo sekolahku kan parabola yg artinya jaringan, trus sama pakde ku ayah kakak sepupuku di giniin
"Kamu sekolah kristen ta? Kog logonya salip gitu"

Padahal jelas-jelas sekolahku sekolah terbuka, yg muslim ya pake hijab dan yg non muslim ya biasa saja. Dari kecil semua temen ku itu berasal dari muslim dan non muslim tapi kebanyakan non muslim kita saling mengerti satu sama lain, mereka gak pernah sekali pun ngejek aku tapi kenapa pakde ku kayak gitu ke aku?
Jujur sampe sekarang aku kesel banget sama dia

Aku pernah liat kalimat
"islam adalah agama cinta damai"

Di situ aku mulai ragu dengan kalimat ini, apakah yg salah itu agamanya atau manusianya?
Heidy / 2 pts / 1 year ago
Dulu waktu SD s.d SMP
bebeh / 2 pts / 1 year ago
dari zaman kuliah sampai sekarang.
BlackMagic / 2 pts / 1 year ago
Pas tk kakak gw bilang kalo mama dedeh itu bukan tuhan kita😐
dindingretak / 1 pts / 10 months ago
kok ngakak, emang dari kapan mamah dedeh itu tuhan
ehs / 2 pts / 1 year ago / *edited 9 months ago
Belum pernah meragukan agama apapun, tapi meragukan anggapan bahwa hanya ada satu yg paling...diantara semuanya.
Karena aku yakin, bahwa semuanya itu sebenarnya menggambarkan satu Tuhan, dengan sudut pandang yang berbeda menurut morality tempat asal Agama masing-masing.

Dan kita sekarang yang merupakan Global Civilization, harus berpikir itu, sebab kita bukan lagi Tribal civilization kayak zaman dulu.
Tiniwinibiti / 2 pts / 1 year ago
Dari umur 13 atau 14 taunan. Makin mendalami, kok makin merasa janggal? Makin merasa kalo aturan-aturannya salimh bertolak belakang? Makin mendalami lagi malah makin meragukan, makin ga yakin. Akhirnya mulai jadi deisme, dan makin mendalami lagi, skrg jadi atheist.
BubuAndRuby / 2 pts / 1 year ago
Hmm kalo nggk salah sktar jaman2 SMP?.

Aku dari SD setiap plajaran agama slalu diajari dan diceritakan mengenai kisah2 mahabratha,ramayana,cara membuat banten ini,mantra2 persembahyangan juga.

aku yg masih kecil cuma nyimak aja,nggk sampe menghayati banget dan jarang aku praktekin. Pikirku,itu nggk penting2 banget bhkan aku nggk hafal mantra2 persembahyangan,banten2 dan cara membuatnya disaat anak seumuranku udah bisa.

'agamaku trlalu ribet,agama ini rasanya nggk ribet2 amat,mungkin aku harus pindah agama?' berulang kali aku mikir kyak gtu saking dangkalnya kepercayaanku dengan tuhan.

'toh yang disembah sama,cuma cara nyembahnya yg berbeda' aku bahkan mikir persembahyangan cuma rutinitas sehari hari yg kdang aku lakukan kadang enggak dan nggk mempunyai makna yg dalam.

Sampai aku nggk inget ada masalah apa,pokoknya saat2 itu bener2 berat banget bagi aku dan aku mutusin untuk bener2 berdoa,bener2 rajin sembahyang,bener2 berdoa sambil nangis dan nggk beberapa lama,masalahku menemukan titik terangnya.

Sejak saat itu aku mulai percaya akan agamaku,mulai lebih mendekatkan diri kepadaNya. Walau skrang aku akui ibadahku masih banyk yg bolong,aku nggk belajar lebih jauh mengenai banten2 dan mantra2 peesembahyangan,dan kdang aku berdoa disaat kepepet aja. Aku nggk ada pikiran untuk pindah agama seperti saat itu.

Semoga aja kedepannya aku bisa lebih memperdalam iman lagi dan bisa sembahyang tanpa bolong2,bukan hanya saat rahinan dan kepepet doang.
kuncenforgansmith / 2 pts / 1 month ago
Hey, aku umur 22-23 pernah agnostik gara2 dikeluarin dari halaqoh sama murobbi, dan dimusuhin akhwat satu majelis.....
gegara apa dikeluarinnya? Gegara aku ikut HMJ dan sering jadi panitia konser sampe malem, ikut joget2 pas guest star tampil, terus suka aplot selfie di sosmed dengan model hijab diubet2 (Jaman itu hijabers community booming). Selain itu aku suka salah satu girlband yg booming di jaman itu, dinaudzubillahin sama murobbi.
Sakit hati akutu dilarang menjadi diri sendiri. After 6 years joining that halaqah dari jaman masih SMA. Awalnya ngebahas hal2 yang basic seperti fiqih harian, tentang bakti pada ortu, dsb. Sampe akhirnya kajiannya makin mendalam dan aku mulai kerasa nggak sreg, bukan seperti ini ajaran yang aku yakini.
Setelah dikeluarkan dari halaqoh, setiap kali aku beribadah, selalu keingetan akhwat2 itu dan jadi marah sendiri. Masak sih agamaku kayak gini?
sampe akhirnya aku di umur 25-26 menemukan beberapa tokoh agama yang ternyata juga tidak setuju dengan gerakan yang berafiliasi dengan halaqohku dulu, dan mulai merasa, "Oh ternyata ajaran yang kuterima pas aku TK-SD dulu sebenernya udah bener, gausah ngikutin yg diajarkan halaqohku gapapa kok"... and here I am slowly rebuilding my faith again, dan jd belajar, hati2 memilih sumber belajar agama.
cocoapowder / 2 pts / 1 year ago
15th, mulai lelah dengan peraturan agama 'warisan'
Fresshh03 / 2 pts / 1 year ago
15, pas masuk SMA. kebetulan sekolah milik yayasan religius. gw malah ngerasa di-opress banget sama semua aturan agama dan rasanya banyak yg munafik. soal alkitab dan Tuhan nomor 1 tp kelakuan mereka ke sesama kayak ta*k
contoh aja guru agama gw, paling pinter lah kalo bisa dibilang, soal agama. tp waktu itu bisa sensi2in dan pilih kasih ke muridnya. apa kayak gitu cba
terus pengurus asrama gw jg tiap pagi koar2 ajakin doa pagi tp tutup mata sama bullying senior terhadap junior yg bener2 udh diluar akal sehat
diedhephaestion / 2 pts / 1 year ago
ini telat sih haha, tp sama banget sm yg kurasain. smp ku religius parah dan baru ketika aku udh pertengahan sma aku sadar betapa kuatnya doktrin yg mereka ajarin ke anak2nya. intinya aku lulus smp dengan pandangan bahwa org lain selain org muslim adalah kafir yg fix bakal masuk neraka, aku ga boleh akrab dgn org2 yg beda agama denganku dan aku hrs judgemental sm org2 muslim yg 'beda' (dlm artian ngga religius, atau penampilannya ga seperti org muslim yg 'seharusnya')
coffeelady / 2 pts / 1 year ago
gak pernah si.. masi nyaman2 aja disini
Uknowngirl / 1 pts / 5 months ago
11 tahun mungkin hingga saat ini, karena banyak perspektif yang berbeda dari orang lain, sehingga bingung mana yang benar?
Soalnya kalo si A bilang agamaku yg paling benar, si B juga gitu.
Jadi jujur, agamaku Kristen cuma masih kek ragu-ragu utk mengakui Yesus Kristus itu juruselamat.
-kenapa ada yang namanya Tritunggal? Knapa Yesus dianggap Tuhan?
-kenapa Yesus disembah?
Jdi klo ditanya siapa tuhanku ak masih bingung hingga saat ini wkwk.
Mskipun dh ikut ke gereja, baca firman Tuhan dn kelas agama ttp aja msih bingung wkwkwk
Anhedonia / 1 pts / 11 months ago
Kenapa topik ini bisa terus bertahan menjadi QOTD sejak 5 bulan yang lalu?
dindingretak / 1 pts / 10 months ago
karena pancasila nomer 1 rakyat Indonesia sangat menghargai ketuhanan
Kuroneko / 1 pts / 3 months ago
karena @admin udah ga aktif.. 😔
Anhedonia / 1 pts / 3 months ago
Gawat dong, kayaknya website ini pun tinggal menunggu hitungan hari atau bulan saja :ToT
Kuroneko / 1 pts / 3 months ago
iyap.. padahal admin disini jumlahnya ga sedikit hrsnya
Ayara / 1 pts / 9 months ago
Gua engga pernah ragu
Ayara / 1 pts / 9 months ago
Gua engga pernah ragu
Megumi / 1 pts / 9 months ago
Hem.. jujur aku ga pernah kaya gitu.
karena, terkadang agama bukan hanya soal kepercayaan dan iman. melainkan relationship kita ke Tuhan.
bayang kan ya, setiap hari kita berdoa dan bergantung padaNya, mungkin kita juga cerita permasalahan kita dll. itu sudah disebut dengan hubungan sama Tuhan.

itu yg membuat aku sendiri ga pernah ragu dengan agama ku saat ini, yaitu karena relationship ku sama Tuhan terjalin dengan baik
dindingretak / 1 pts / 10 months ago / *edited 10 months ago
Gak pernah ragu karena udah mengalami koneksi hubungan dengan Tuhan alias merasakan spiritual journey... meskipun Iman naik turun lebih ke ragu kepada diri sendiri yg gak mau memperbaiki diri sih bukan kepada Tuhan
Dragonfly / 1 pts / 1 year ago
Di usia yg sekarang sih, soalnya gw udah sering ninggalin ibadah² gw dan gw sekarang lebih ke agnostik , tapi gw ga blg ke ortu gw. Dan gw gini bukan karna gw malas tapi memang gw lebih percaya ke ke yakinan itu aja
johan015 / 1 pts / 11 months ago
dah lama sih, kadang kalo aku dengar kabar duka, ke tempat acara duka.

langsung deh aku terpikir begini "mereka masuk neraka atau surga ya ?
aduuh, mana aku juga pasti mati, aku takut kalo mati salah pilih agama, mana Tuhan gak kasih petunjuk mana agama yang benar, kalo cuma kitab semua secara logika buatan manusia, gak ada yang benar benar Tuhan kasih untuk manusia.
secara logika islam masuk akal ku pikir, karna menyembah Allah.
aku takut kalo pilih islam, nantinya kristen yang benar, pas mati nanti Tuhan Yesus gak mengakuiku, ntar Tuhan bilang, KAMU BILANG KAMU MENYEMBAH ALLAH, TAPI KAMU MENYANGKAL AKU SEBAGAI ALLAH, KAMI TIDAK MENGENAL ALLAH.
haduh pusing juga ya, ya Tuhan berilah aku kebenaran hidup cuma sekali, aku gak mau mati nanti masuk neraka selama nya"
kira kira begitulah pikiran ku, kalo lagi meragukan agamaku.
MasMasBiasa / 1 pts / 1 year ago
Temen gw kuliah filsafat jadi atheis
dindingretak / 1 pts / 10 months ago
Pas di Ponpes dulu aku udah dibilangin sama guru ku gini, kalo kamu gak mendalami ketauhidtan mu sejak sekarang dan kuliah ambil filsafat bisa2 kamu keblinger karena otak mu gak nyampe dalam menikmati keagungan Allah, logika mu bisa diputar balik
Lara / -2 pts / 1 year ago
bkn hal baru
blackman / 1 pts / 1 year ago
Alhamdulillah gw ga pernh
mapilloww / 1 pts / 11 months ago
ga pernah ragu, tapi selalu ngerasa penasaran kenapa gini kenapa gitu, dan mulai cari tau tentang agama lain juga
Fredomikey / 1 pts / 9 months ago
Masak iya ragu sama agama,..saya malah yakin banget sama akhirat...Allahualbar
nime_vers / 1 pts / 1 year ago
15 tahun, gue mulai bertanya tanya soal agama gue sendiri
schlecht / 1 pts / 8 months ago
11/12 tahun, tapi lebih kek "gimana kalau agama yang ku percayai itu justru agama yang salah, agama mereka yang benar" terus ya sudah, terserah benar atau salahnya yang penting aku melakukan ajaran agamaku dan melakukan kebaikan. Karena setahuku, inti dari semua agama adalah untuk mengajarkan melakukan kebaikan.
N_R / 1 pts / 7 months ago
Sebenernya ya, gua mulai ragu akan adnya tuhan itu dari gua masih smp, why because gua ngerasa tuhan utu gak adil,why kehidupan gua dan orang lain itu beda, gua cuma pengen hidup tenang dikelilingi orang yang bisa ngertiin gua, gua rela kok ngorbanin segalanya hanya untuk mendapatkan itu, rela kehilangan keluarga, teman,lingkubgan vahkan kehilangan tuhan
netijen-bedjo / 1 pts / 1 month ago
umur 35an, pulang dari tanah suci sekitar 10th lalu fixed saya bekesimpulan saya tdk perlu agama dalam hidup saya tapi saya tetap respect sama semua pemeluk agama apapun
claire / 1 pts / 1 week ago
Loh emag sekarang Tanya Netizen udh bisa ganti nickname ya?
asoygeboy / 1 pts / 6 months ago
Gada ragu, semakin bertambah umur gua malah semakin yakin sama agama gua.
miazuzuzu / 1 pts / 8 months ago
Usia 21

Aku yg sekarang cuma pengen ikut suatu sistem yg humanis, tanpa kontradiktif dan tetap bertuhan 1
Vodka_Machiato / 0 pts / 1 year ago
20 atau 21 kayaknya, lupa, it's a phase
danzer_atc01 / -1 pts / 1 year ago
Sedikitpun aku tak meragukan agamaku
dindingretak / 0 pts / 10 months ago
Iya jadi agak miris melihat ternyata banyak yg meragukan agamanya 😢 padahal itu koneksi intim yg super pribadi antara kita dan Tuhan.
Sugary_Caramel / -2 pts / 1 year ago
Ngga inget pasti 🤣
Tapi itu masih SD, ragu agama sendiri sama agama lain ngga percaya

Waktu itu pemikiran gw mulai kritis, tapi kemampuan pemahaman gw masih sedangkal itu, disisi lain orang yang lebih dewasa bingung cara jelasin konsep agama yang serumit itu ke sesosok bocil yang somehow tiba tiba nanya nanya soal isi Alkitab

Terus begitu masuk SMK, punya midset baru, ngga peduli agama lo apa, tapi Dia itu ada
Buktinya ada something yang selalu mengabulkan doa doa gw yang kadang ngelantur parah