1 month ago
17 comments
*edited 1 month ago
gaes tiba2 aku terinspirasi pingin nulis lagi dan nerbitin buku (salah satu cita2 mama yg blm tercapai), rasanya aku pingin wujudin itu buat dia..

tapi aku pingin tau, aku kan habis browsing tuh cara nerbitin buku ke penerbit, ada lewat penerbit gramedia, trus nanti klo misal rejeki ku buku aku diterima, aku bakal dpt komisi gk sih? soalnya di web nya gramedia gk diterangkan

mungkin ada yg udh punya pengalaman nerbitin ke penerbit bisa sharing?


Sort Comments by:
Points Newest Oldest

Summer / 1 pts / 1 month ago
Biasanya sih dapet
Imfine9 / 1 pts / 1 month ago
Iya, bisa dapet royalti klo semisal bukumu jadi best seller
claire / 1 pts / 1 month ago
Kalo gk best seller, cuma kejual aja?
Blessedforlyf / 1 pts / 1 month ago
Royalti penulis itu dari penjualan buku. Kalau bukumu kejual, ya kamu dapat royalti. Nah besar/enggaknya, tergantung dari berapa banyak yg beli buku kamu. Begitu sih.
claire / 1 pts / 1 month ago
Ooo oke2 jadi walaupun kejual cuma 1 juga dpt yaa

Kak udh ada pengalaman nerbitin ke penerbit blm mungkin bisa sharing?
Blessedforlyf / 1 pts / 1 month ago
Belumm, aku ikut lomba2 yang bukunya dicetak. Tapi aku gak jualin buku2 nya😅 jadi aku gak dapat royalti, karena dari lomba juga aku gak beli bukunya. Cuma ikut aja. Kalau aku beli, terus masarin bukunya, aku dapet royalti.

Tapi sepengetahuanku, penulis baru harus gencar masarin bukunya kalau mau bukunya dibeli banyak orang. Apalagi kalau kamu mau langsung ngajuin karya ke penerbit, gak dikenalin di tempat kepenulisan kayak wattpad, novelme, dreame, dll, pasti masih belum banyak yang kenal ceritamu. Jadi kerjanya harus ekstra.
claire / 1 pts / 1 month ago
Kenapa gk dijualin?

Terus misal ni kita nulis di wattpad, klo mau diterbitin emang masih ada yg mau beli klo bisa dibaca aja di wattpad?
Blessedforlyf / 1 pts / 1 month ago
Gamau, aku malu dan gak pinter promosi.

Masih dong. Pernah baca wattpad kah? Kan banyak novel2 yang dibukukan dari wattpad. Masih banyak juga yang beli bukunya, bahkan jadi best seller. Cetakannya sampe ke delapan. Kayak Dignitate. Cuna emang agak dibedain gitu ceritanya kayak diwattpad. Entah konfliknya atau ... endingnya. Pembelinya ya pembaca di wattpad. Tapi kalau dibukukan dan dijual di toko buku, pembelinya bukan lagi pembaca wattpad aja.
putrisolo / 1 pts / 1 month ago
Royaltinya kira2 berapa banyak?
Imfine9 / 1 pts / 1 month ago
Tergantung kesepakatan lu sama penerbit, lu dapetnya berapa persen
Lolly / 1 pts / 1 month ago
Menurut pengalaman ku, penerbit² besar gitu agak susah nembusnya, seleksi nya agak ketat juga. Tapi ada banyak kok sekarang beberapa penerbit indie yang bisa nerbitin karyamu, mereka juga kasih jasa layout cover dan desain , asal bukan yg abal² dan gak salah pilih penerbit ya.
Aku pernah nerbitin buku sama tim di penerbit indie, lumayan lah .

Atau bisa juga self publishing aja, tentu ini mudah dan yang pasti tidak akan ada penolakan karna kita selaku penulis juga jadi penerbit karya sendiri . Tapi kalo ini segala hal dari penyuntingan, desain dll itu penulis urus sendiri, mandiri pokoknya. Pemasaran nya pun juga cuma dilakukan penulis, keuntungan nya lebih besar si dripd royalti penerbit besar. Krna apa? Ya karna self publishing itu semuanya penulis yg ngatur.
Ini ada lebih ada kurangnya jg sih, mudah, tapi prosesnya lama, modal sendiri, keuntungan sesuai kualitas naskah dan peminat buku kita, rugi juga ditanggung sendiri, perlu waktu lama juga buku kita nangkring dengan indah di toko buku besar.
claire / 1 pts / 1 month ago
Penerbit indie contohnya apa aja ya klo boleh tau? Aku mau nyoba
Lolly / 1 pts / 1 month ago
Laditrikarya, Penerbit kata depan, jejak publisher , Azizah publishing, cahaya pelangi media, redaksi.rumah kita, ini di IG ada kok.
claire / 1 pts / 1 month ago
Oke2 makasi infonya