Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Teknologi

Begini Cara Menerjemahkan Video Youtube yang Tidak Memiliki Subtitle

×

Begini Cara Menerjemahkan Video Youtube yang Tidak Memiliki Subtitle

Share this article
Cara Menerjemahkan Video Youtube yang Tidak Memiliki Subtitle

Jika anda mencari referensi video di youtube dan menemukan video dengan bahasa asing dari negara lain dan anda tidak mengerti isi videonya, begini cara menerjemahkan video youtube yang tidak memiliki subtitle yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana youtube merupakan platform berbagai video yang sudah sangat populer diseluruh dunia dan digunakan banyak orang dari berbagai negara dengan berbagai bahasa yang berbeda. Tidak heran apabila di youtube sering ditemukan berbagai video dengan bahasa asing, mulai dari bahasa inggris, bahasa spanyol, bahasa latin dan lain sebagainya.

Example 300x600

Bagi anda yang menemukan video menarik dan sayangnya video tersebut berisi bahasa asing yang tidak anda mengerti, maka jangan kuatir sebab anda bisa mencoba menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia sehingga anda bisa lebih mudah mengerti isi video tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menerjemahkan video youtube yang tidak memiliki subtitle. Apa saja saja caranya? simak panduannya sebagai berikut.

Cara Menerjemahkan Video Youtube yang Tidak Memiliki Subtitle

Cara Menerjemahkan Video Youtube yang Tidak Memiliki Subtitle

Dengan Captions Tertutup

  • Mainkan video yang anda inginkan dengan membuka aplikasi atau situs YouTube.
  • Apabila anda berada di web, tekan tombol CC di bagian bawah video hingga aktif, atau jika anda berada di aplikasi, tekan tombol roda gigi untuk mengatur.
  • Pilih Subtitel/CC dan pilih Bahasa Indonesia.

Sangat penting untuk diingat bahwa Auto Translate akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengubah pengucapan yang terdeteksi ke bahasa yang dipilih. Akibatnya, walaupun hasilnya tidak akan sepenuhnya akurat, hasilnya seharusnya cukup untuk memberikan gambaran yang jelas.

Namun, terdapat saat-saat ketika fitur CC tidak dapat digunakan pada beberapa video. Akibatnya, anda harus mencari cara lain, seperti menggunakan bantuan dari situs pihak ketiga untuk menampilkan subtitle.

Melewati lokasi Kapwing

  • Untuk membuka situs Kapwing, tekan tombol “Start Now”. Masuk dengan akun anda yang didaftarkan di Kapwing, Facebook, atau Google. Anda bisa mengisi beberapa informasi untuk pengaturan yang diminta oleh Kapwing hingga selesai.
  • Tekan tombol “Create New Project” di halaman “Folder Baru”. Anda bisa buka situs YouTube dan pilih video yang akan diterjemahkan. Salin tautan video yang telah dilihat, lalu kembali ke Kapwing, dan tempel tautan ke kolom yang tersedia.
  • Anda akan melihat preview video, timeline, dan berbagai tools.
  • Anda bisa pilih menu Subtitles dan pilih opsi Auto subtitles. Kemudian, pilih bahasa subtitle yang Anda inginkan di bagian Translate video to.  Sebagai contoh, anda bisa tekan tombol “Auto Subtitle” untuk menambahkan subtitle.
  • Anda akan melihat penambahan subtitle di preview video setelah Anda menyelesaikannya.
  • Apabila dirasa sudah selesai, tekan tombol Ekspor di bagian atas. Anda bisa pilih Format MP4, Resolusi Auto, dan Tingkat kompresi Medium. Kemudian anda bisa tekan tombol Ekspor sebagai MP4 setelah pengeksporan video selesai. Tekan tombol Download setelah pengeksporan video selesai.
  • Subtitle muncul setiap menit dimaksudkan untuk memungkinkan anda mengedit teks dan memindahkan waktu apabila terjadi kesalahan kecil, karena AI terkadang melakukan kesalahan.
  • Setelah anda memilih tombol Ekspor, anda dapat memilih format data yang akan diekspor, seperti MP4, GIF, PNG, atau MP3. Anda juga dapat memilih resolusi, seperti 480p, 720p, 1080p, atau 4K.

Dengan memilih Auto, resolusi video yang diekspor akan disesuaikan dengan ukuran video aslinya, sementara tingkat kompresi akan menentukan kualitas video yang diekspor dari rendah hingga tinggi.

Apabila anda memilih video dengan kualitas yang lebih tinggi, maka ukuran file akan menjadi lebih besar. Akan tetapi jika anda menggunakan akun gratis, akan ada beberapa batasan, seperti munculnya watermark setelah video diekspor.

Sekian informasi tentang cara menerjemahkan video youtube yang tidak memiliki subtitle. Dengan begitu, anda pun bisa lebih mudah mengerti isi video tersebut. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600