Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Teknologi

8 Aplikasi Edit Desain Grafis AI Untuk Buat Ide Desain Dengan Instan

×

8 Aplikasi Edit Desain Grafis AI Untuk Buat Ide Desain Dengan Instan

Share this article
Aplikasi Edit Desain Grafis AI

Jika anda mencari aplikasi edit desain grafis yang mudah dan instan, maka anda bisa mencoba bantuan dari aplikasi edit desain dengan teknologi AI yang dapat semakin memudahkan anda mendapatkan ide dan hasil desain grafis yang mantab dengan sangat cepat.

Dalam era digital yang terus berkembang seperti saat, aplikasi edit desain grafis berbasis AI telah menjadi alat revolusioner bagi banyak orang baik itu para desain profersional maupun para individu kreatif.

Example 300x600

AI sendiri merupakan terobosan terbaru dalam dunia teknologi dimana AI merujuk para kecerdasan buatan yang dapat membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan mudah dan cepat, termasuk dalam dunia desain grafis.

Penggunaannya pun sangat mudah, bahkan tanpa skill dan keterampilan yang memadai, setiap orang bisa membuat desain grafis yang keren dengan bantuan AI ini. Dan kini, telah hadir beragam aplikasi yang menerapkan AI dalam membantu penggunanya dalam membuat desain grafis.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi edit desain grafis AI untuk buat desain yang bisa anda simak sebagai berikut.

Aplikasi Edit Desain Grafis AI

Aplikasi Edit Desain Grafis AI

Adobe Express (beta)

Rekomendasi AI untuk desain grafis pertama dalam daftar ini adalah Adobe yang memiliki AI generatif canggih bernama Firefly yang sudah diintegrasikan ke dalam produknya seperti Photoshop dan Adobe Express.

Di Adobe Express versi beta, anda bisa menikmati dua fitur berbasis AI yang sangat menarik. Yang pertama adalah menggunakan efek visual untuk menyempurnakan teks, dan yang kedua menggunakan teks untuk membuat ilustrasi. Karena pengguna hanya perlu mendeskripsikan efek atau gambar yang ingin dibuat, kedua fitur ini mampu bekerja sama dengan baik.

Untuk menggunakan aplikasi ini, andaa bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store bagi pengguna Android dan iPhone. Sedangkan pengguna PC atau laptop, bisa mengaksesnya melalui browser saja, tanpa perlu install aplikasi.

Anda bisa men-download Adobe Express secara gratis dan menggunakannya selama 30 hari. Namun jika ingin memanfaatkan fungsionalitas yang lebih canggih, bisa berlangganan ke versi premium dengan biaya $9,99 per bulan atau setara dengan Rp.142.000.

Bing Image

Saat ini banyak orang menyukai dan mengikuti tren poster bergaya kartun ala Disney. Untuk membuat poster tersebut, andaa bisa menggunakan fitur AI (Artificial Intelligence) secara gratis. Bing Image Creator adalah salah satu platform yang menawarkan fitur ini. Bing Image adalah platform resmi Microsoft yang dapat digunakan untuk menghasilkan gambar berdasarkan deskripsi tertulis. Nantinya fitur AI akan memproses dan membuat gambar tersebut.

Berdasarkan perintah atau deskripsi teks yang diberikan, AI untuk desain grafis ini akan menghasilkan serangkaian gambar yang sesuai. Jika deskripsinya jelas, AI akan menghasilkan tiga hingga empat foto yang di inginkan.

Selain itu, andaa bisa menyesuaikan gambar dengan berbagai kata kunci dan detail yang relevan. Misalnya hal itu berhubungan dengan lokasi, sifat hingga gaya artistik lainnya. Kabar baiknya, pengguna bisa menguji platform Bing Image Creator di smartphone atau PC secara gratis.

Adapun cara mengakses tools ini, andaa cukup mendaftar dan login di lama Bing.com tanpa perlu menggunakan Microsoft Edge. Tools ini juga ringan, sehingga mendukung semua jenis smartphone dan PC/laptop.

Designs.ai

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana fitur AI dikembangkan untuk menyederhanakan alur kerja sekaligus mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan. Dalam konteks desain grafis, kehadiran AI sangat bermanfaat karena mampu menghemat waktu secara efisien, misalnya dari 2 jam menjadi 2 menit saja. Dan aplikasi Designs.ai adalah tools yang berdasarkan prinsip-prinsip tersebut.

Apapun jenis konten yang ingin dibuat, baik itu logo, video, banner, atau postingan media sosial, andaa bisa melakukannya di sini tanpa harus mengambil kursus desain grafis terlebih dahulu. Bahkan untuk memudahkan pengguna, AI untuk desain grafis ini selalu memberikan akses jutaan stok foto premium, beserta elemen grafis pendukung lainnya.

Mengenai harga, semua fitur yang disediakan oleh Designs.ai tersedia dengan biaya berlangganan bulanan mulai dari $29 per bulan. Namun tidak perlu khawatir, alat ini juga menyediakan program uji coba gratis bagi yang ingin mencobanya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk menggunakan tools ini, andaa bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu di website resminya yaitu Designs.ai, dan langsung mengakses secara otomatis juga di platform tersebut. Alat ini juga bisa digunakan baik bagi pengguna H, PC maupun laptop.

StockIMG

Stockimg.ai adalah alat kecerdasan buatan (AI) yang dapat menghasilkan gambar hanya dalam 12 detik. Melalui tools ini, andaa bisa membuat logo, sampul buku, poster, spanduk, ilustrasi, ikon, UI web dan masih banyak lagi.

Cara kerjanya cukup sederhana, dimana setelah login, anda cukup memilih fitur yang ingin digunakan dan mengetikkan jenis gambar yang ingin dibuat. AI untuk desain grafis ini memiliki pilihan model output seperti model Disney, Disco Diffusion, potongan kertas dan lain-lain.

Mirip dengan Deep AI dan Crayon, StockIMG juga berbasis web dengan interface berbahasa Inggris. Sehingga alat ini kompatibel dengan Chrome, Safari, Opera, dan Firefox. Kabar baiknya, AI ini bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

Midjoerney

Midjourney adalah alat yang dapat menghasilkan gambar berdasarkan deskripsi teks. Dengan menggunakan teknologi yang menggabungkan pemrosesan bahasa alami dan jaringan saraf tiruan, alat ini mampu menafsirkan deskripsi dan mendesain gambar sesuai imajinasi pembuatnya.

Nantinya, data yang dikumpulkan akan digabungkan dengan gambar yang tersedia di internet. Bahkan AI untuk desain grafis ini mampu mengubah teks menjadi gambar dalam waktu kurang dari satu menit. Tidak hanya teks, data perintah juga bisa dimasukkan dalam bentuk gambar.

Bagi anda yang ingin mencoba AI art generator ini, Midjourney telah menyediakan 25 fitur pengolah gambar secara gratis. Namun, pengguna akan dikenakan biaya setelahnya. Adapun biaya berlangganan tersebut sebesar US$ 10 per bulan atau sekitar Rp. 157.000.

Sedangkan untuk menggunakan alat ini, anda bisa membuka aplikasi Discord di laptop/PC. Jika sudah, silahkan login atau mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan akun Discord tersebut, baru kemudian kunjungi laman https://discord.com/invite/midjourney untuk mulai mengkases tools ini.

DALL-e

DALL-E adalah sistem Open AI yang dapat menghasilkan gambar realistis dari perintah teks. Selain kemampuan menerjemahkan teks menjadi gambar, AI untuk desain grafis ini juga menyertakan dua fitur baru. Yang pertama adalah Variations.

Dimana andaa bisa menggunakan fitur ini untuk mengunggah gambar ke sistem Dall-E 2 dan menerima gambar dengan artstyle serupa atau gambar dari objek yang sama. Selain itu, pengguna juga bisa mengedit gambar yang dihasilkan AI tersebut.

Misalnya, anda bisa mengubah objek pada gambar seekor anjing yang sedang duduk di sofa menjadi seekor kucing. Kabar baiknya, DALL-E dapat diakses secara gratis. Sehingga para pengguna bisa mendapatkan 50 gambar di bulan pertama, lalu menghasilkan 15 gambar gratis di bulan-bulan berikutnya.

Leonardo.ai

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi bernama Leonardo AI yang merupakan platform yang memungkinkan anda membuat gambar dalam berbagai gaya seni hanya dengan perintah teks. AI untuk desain grafis ini menyediakan beberapa fitur untuk membantu pengguna meningkatkan kreativitasnya, antara lain Image Generation, AI Canvas, dan 3D Texture Generation.

Degan Image Generation, pengguna bisa memasukkan ide-ide dan mendefinisikan hal-hal yang sebelumnya dianggap mustahil. Lalu AI Canvas menawarkan alat pengeditan yang canggih serta kontrol desain yang lengkap. Dan terakhir 3D Texture Generation menghidupkan aset 3D dengan menghasilkan tekstur berdasarkan kecerdasan kontekstual.

Leonardo AI menawarkan opsi gratis dengan 150 kredit per hari. Dengan ketentuan ini, andaa bisa membuat 25-50 gambar per hari. Selain itu, para pengguna juga akan diberi pilihan untuk memilih antara model seperti Difusi Stabil atau SDXL.

Kemudian untuk menggunakan tools ini, andaa bisa mengunjungi laman Leonardo.ai untuk login atau mendaftar. Jika sudah, anda harus menunggu terlebih dahulu sampai ada pengumuman dari email bahwa sudah bisa mengaksesnya.

Hotpot Ai

Dan rekomendasi terakhir dalam daftar ini adalah Hotpot Ai yang merupakan teknologi kecerdasan buatan yang membantu dalam membuat grafik, gambar, dan teks secara efektif dan efisien. Menggunakan algoritma pemrosesan berupa gambar dan teks, alat ini mampu menghasilkan konten visual yang diinginkan penggunanya. Tujuannya yaitu membantu individu atau perusahaan untuk membuat konten kreatif tanpa memerlukan keterampilan desain yang mendalam.

Selain itu, AI untuk desain grafis ini juga menyediakan sejumlah fitur menarik, seperti kemampuan menghasilkan berbagai jenis karya seni digital, seperti lukisan, ilustrasi, dan gambar fotorealistik. AI ini juga mencakup fitur pengeditan gambar untuk menghapus latar belakang, memperbaiki foto lama, dan meningkatkan kualitas foto.

Namun aplikasi ini tidak gratis alias berbayar. Harga juga bervariasi tergantung fitur apa yang ingin anda beli. Untuk opsi langganannya sendiri bisa sekali bayar, bulanan, dan tahunan. Dimulai dari $1 untuk negara-negara yang berkembang, lalu untuk negara maju akan menyesuaikan.

Walaupun begitu, Hotpot Ai juga menawarkan paket gratis untuk pengguna yang tidak mampu membeli. Sayangnya paket gratis ini hanya mampu mengakses beberapa fitur dan berbasis konten watermark. Sedangkan untuk mendaftar dan menggunakannya, anda bisa langsung mengunjungi laman Hotpot.ai.

Sekian informasi tentang rekomendasi aplikasi edit desain grafis AI yang bisa anda manfaatkan untuk membuat desain grafis dengan cepat dan instan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600