Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Teknologi

7 Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaik di HP Android

×

7 Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaik di HP Android

Share this article
Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaik di HP Android

Jika anda berusaha mengakses situs atau web tertentu dan akses anda terblokir dan tidak bisa memasukinya, maka pada kesempatan kali in kami akan membagikan aplikasi browser anti blokir terbaik yang bisa anda gunakan di Hp android anda.

Mengakses konten di internet tanpa batasan tentunya menjadi keinginan banyak pengguna smartphone, terutama di negara-negara dengan regulasi internet yang ketat seperti di tanah air.

Example 300x600

Banyak hal yang bisa menjadi pemicu sebuah situs atau web terblokir dan tidak bisa diakses secara umum, mulai dari melanggar hukum, tidak memiliki izin beroperasi, mengandung konten yang berbahaya dan lain sebagainya.

Namun, pengguna internet tidak perlu kuatir sebab aplikasi browser anti blokir hadir sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan akses tersebut. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menjelajahi web secara bebas tanpa khawatir terhalang oleh blokir regional atau sensor.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan aplikasi browser anti blokir terbaik di Hp android yang bisa anda simak dibawah ini.

Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaik di HP Android

Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaik di HP Android

Opera

Opera memiliki fitur VPN gratis yang mudah diaktifkan. Saat anda membuka aplikasi Opera, cukup dengan mengetuk simbol profil di pojok kiri bawah, dan opsi menyalakan VPN langsung terpampang jelas. Sekali ketukan pada ikon VPN dan kita pun dapat langsung terhubung.

Kendati terhubung secara otomatis, Anda juga bisa memilih wilayah jaringan secara spesifik, yakni Amerika, Asia, dan Eropa. Namun sepengalaman anda, cukup menggunakan jaringan yang optimal dan Anda sudah dapat merasakan kecepatan yang stabil dan kencang.

Saat terhubung dengan jaringan optimal, anda tidak mengalami kendala saat mengakses Reddit. Kecepatannya tidak berkurang jauh ketimbang saat tidak terhubung dengan VPN.

Hal menarik lainnya, Opera memiliki opsi untuk melakukan bypass search engine. Ketika fitur ini aktif, mesin pencari tetap dapat mengetahui lokasi perangkat untuk memberikan hasil pencarian yang relevan.

Skenario sebaliknya juga berlaku. Jika ingin mengetahui hasil pencarian dari suatu wilayah yang berbeda dengan wilayah sebenarnya, fitur bypass search engine ini tinggal perlu dinonaktifkan.

Aloha

Aloha adalah aplikasi browser gratis yang bisa Anda unduh di Google Play Store. Sejumlah fitur utamanya mencakup pencegahan kebocoran DNS, traffic tidak terbatas, dan IP tersembunyi untuk menghindari tracking.

Sayangnya, ukuran instalasi aplikasinya cukup besar sehingga dapat memakan banyak ruang di memori internal HP Anda. Sisi antarmukanya menurut anda bisa dibenahi lagi agar bisa diakses lebih cepat.

Setidaknya, dibutuhkan tiga kali ketukan (tap) untuk dapat menyalakan fitur VPN, proses yang mestinya bisa terjadi dalam satu atau dua kali ketukan.

Di luar hal-hal tersebut, fitur VPN pada browser ini memiliki jaringan yang cukup cepat. Saya bisa membuka Reddit dengan lancar, dan berpindah-pindah antar thread juga terasa smooth dan menyenangkan.

Sayangnya, anda tidak dapat memilih region tertentu. Aplikasi hanya akan mengantarkan Anda pada server tercepat, dan mengharuskan pengguna berlangganan jika ingin memilih lokasi tertentu, seperti Indonesia, Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

TOR Browser

“TOR” pada nama browser ini merupakan singkatan dari “The Onion Router”. Diibaratkan dengan “onion” alias bawang, karena browser ini memiliki banyak lapisan untuk menyembunyikan privasi penggunanya.

Selain tersedia untuk PC, TOR Browser juga bisa diunduh lewat Google Play Store untuk platform Android. Karena pengguna VPN sering memiliki kekhawatiran berlebih terhadap kerahasiaan identitas pribadi, maka TOR Browser ini adalah opsi yang tepat sebagai penyedia VPN.

Saat pertama kali menyalakan aplikasi, Anda akan dibuat menunggu hingga browser terhubung dengan lapisan jaringan yang telah digambarkan tadi. Pengalaman anda, durasi menunggunya terbilang sangat lama, kira-kira makan waktu hingga satu menit.

Untungnya saja, durasi tersebut hanya terasa lama ketika membuka aplikasi untuk pertama kalinya. Ketika anda coba melakukan force close dan membuka aplikasinya dari awal, durasi terhubungnya dipangkas sangat drastis.

Namun begitu selesai terhubung, anda terpukau dengan tampilan laman start-up yang bersih dan tanpa iklan. Bahkan, laman ini sama sekali tidak menyediakan feed berita seperti browser lain kebanyakan.

Kabar bagusnya lagi, aplikasi ini akan langsung terhubung dengan “TOR Network” ketika dinyalakan sehingga pengguna tidak perlu mengaktifkan fitur VPN secara manual untuk membuka situs yang diblokir, dan ISP pun tidak akan mengetahui situs apa yang Anda kunjungi.

Epic Privacy Browser

Meski tidak menyediakan fitur VPN, Epic Privacy Browser menyediakan fitur proksi yang kurang lebih memiliki tujuan yang sama, yakni mengakses situs yang diblokir serta menyamarkan IP Address untuk privasi yang lebih terjaga.

Fitur proksi ini mesti di-“instal” secara manual melalui laman ekstensi mobile. Namun, proses instalnya sangat mudah dan cepat. Begitu terinstal, pengguna bisa langsung mengaktifkan proksi dengan memberi tanda centang pada tulisan Encrypted Proxy di laman start-up.

Di bawah menu Encrypted Proxy, pengguna juga bisa memilih lokasi proksi mulai dari USA East, USA West, UK, Jerman, Prancis, Kanada, Belanda, dan Singapore. Namun perlu diperhatikan, tidak semua proksi berjalan lancar.

Saya coba memilih proksi Jerman, namun tidak bisa terhubung ke internet saat mengunjungi laman Reddit. Barulah ketika memilih USA East, laman Reddit bisa terbuka.

Menurut pengalaman anda menavigasikan Reddit selama lima menit, semua berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun. Aplikasi ini juga tidak akan begitu banyak makan tempat di ruang penyimpanan internal lantaran ukuran file instalasi yang sangat kecil.

Proxydo

Di antara aplikasi lainnya, Proxydo juga melakukan tugasnya dengan cukup baik untuk mengunjungi situs yang terblokir. Saya sangat menyukai betapa banyaknya jumlah lokasi virtual yang bisa diakses secara gratis, yakni Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Prancis, Finlandia, Kanada, Jepang, Inggris, Itali, dan masih banyak lagi.

Sisi antarmukanya tampak begitu bersih, namun kurang terlihat cantik dibandingkan aplikasi lain di daftar ini. Saat browsing, anda dapat senantiasa mengetahui lokasi virtual mana yang sedang dihubungkan dengan perangkat. Antarmukanya menampilkan logo bendera di pojok kiri bawah yang dapat dicek setiap saat.

AVG Secure Browser

Untuk pengguna yang sering kesulitan mencari menu untuk fitur-fitur tertentu, AVG Secure Browser akan menjadi pilihan yang pas. Browser ini adalah besutan AVG selaku perusahaan antivirus ternama. Jadi, Anda bisa percayakan urusan privasi dan keamanan Anda pada aplikasi ini.

AVG Secure Browser secara otomatis mengaktifkan fitur ad block dan juga web shield yang dapat mendeteksi serangan malware. Di dalamnya, terdapat pula fitur Security Scanner yang bisa memindai adanya potensi bahaya dari laman atau unduhan yang Anda lakukan saat memakai browser ini.

Mengaktifkan fitur VPN di browser ini sangat mudah, yakni dengan mengetuk tanda roda gigi di kanan atas, pilih menu Settings, lalu ketuk pada opsi Browser VPN dan geser bulatan toggle ke sebelah kanan sampai tandanya berwarna hijau.

Satu-satunya lokasi VPN yang tersedia secara gratis adalah Singapura. Anda tidak berkemungkinan mengakses lokasi lainnya tanpa berlangganan terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai aplikasi browser anti blokir terbaik yang bisa anda gunakan di Hp android. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600