Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Teknologi

Begini Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Agar Tidak Tertipu

×

Begini Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Agar Tidak Tertipu

Share this article
Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Agar Tidak Tertipu

Jika anda mencari cara cek kerusakan HP Xiaomi yang tidak terlihat agar tidak tertipu, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak tips dan panduannya sebagai berikut.

Memeriksa kerusakan HP penting untuk anda ketahui, baik itu untuk memeriksa kesehatan HP anda sendiri maupun bagi anda yang ingin transaksi membeli HP bekas. Dengan begitu anda pun terhindari dari penipuan yang mengatakan HP nya dalam keadaan normal dan lancar, tetapi ternyata memiliki banyak kerusakan yang pastinya akan merugikan anda.

Example 300x600

Sedangkan memeriksa kerusakan di HP milik sendiri, maka anda pun mengetahui kekurangan HP anda dan bisa segera mengatasinya agar aktivitas di HP kembali lancar dan berjalan normal.

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan cara cek kerusakan HP Xiaomi yang tidak terlihat agar tidak tertipu bagi anda yang akan membeli HP dalam kondisi bekas pakai, atau ingin memeriksa kesehatan HP anda sendiri.

Tanpa basa-basi lagi, simak panduan dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Agar Tidak Tertipu

Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Agar Tidak Tertipu

Cek Fisik

Hal pertama dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan melihat kondisi fisik HP yang menjadi langkah penting pertama untuk dilakukan saat perlu mengecek perangkat Xiaomi. Sebagian kerusakan soalnya juga disertai dengan perubahan bentuk yang mana dapat dilihat secara kasat mata.

Contohnya untuk baterai, kemampuan penyimpanan daya yang sudah mulai menurun biasanya akan diikuti dengan perubahan bodi seperti menggembung atau penutup belakang mulai terangkat. Degradasi reaksi kimia di dalamnya sering kali mengakibatkan pelepasan gas yang dapat mengubah bentuknya.

Kerusakan seperti bingkai penyok, penutup bodi retak, hingga layar pecah atau tergores juga sering diikuti dengan malfungsi pada sebuah ponsel. Soalnya saat perangkat tidak sengaja terjatuh, terbanting, atau terbentur sehingga mengakibatkan beberapa hal tersebut, beberapa komponen di dalamnya juga bisa ikut terlepas atau rusak.

Perubahan fisik komponen pada sebuah ponsel bahkan kadang-kadang dapat mengindikasikan kerusakannya secara langsung. Contohnya pada layar, fungsi pengoperasian dengan sentuhan jari tidak bekerja ketika pecah atau LED latar melemah saat muncul perubahan warna secara permanen.

Cek Fungsi dan Fitur

Setelah mengecek fisik, kita selanjutnya dapat menjajal berbagai macam fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh ponsel terkait. Ada banyak hal yang perlu dites dalam hal ini mulai dari tombol, kamera, speaker, jaringan, mikrofon, hingga soket-soketnya.

Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan aplikasi atau pengaturan di dalam HP. Sebut saja seperti contoh dimana anda dapat mengecek kamera dengan aplikasi kamera bawaan, speaker dengan memutar video atau musik, mikrofon dengan melakukan panggilan telepon, serta soket USB dengan melakukan pengisian daya dan transfer data.

Namun selain menggunakan cara manual tersebut, anda juga dapat mengecek berbagai macam fungsi di ponsel buatan Xiaomi melalui CIT atau engineering mode. Biasanya dapat diakses menggunakan kode tertentu misalnya *# *#6484#*#*.

Cek Kesehatan Baterai

Penting untuk anda perhatikan bahwa anda juga tidak boleh lupa untuk memastikan bahwa baterainya masih normal dimana anda dapat melihat data kesehatannya melalui halaman Charging and battery info.

Namin sayangnya, informasi yang ditampilkan di halaman Charging battery info memang sedikit kurang lengkap. Contonnya anda cuma akan melihat keterangan Good untuk baterai yang masih prima dalam bentuk persentase.

Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih baik, maka anda dapat memanfaatkan bantuan dari layanan pihak ketiga seperti AccuBattery. Pastikan untuk mengunduh aplikasinya melalui saluran resmi seperti Google Play Store.

Namun perlu diingat bahwa beberapa aplikasi pengecek kesehatan baterai sering kali memerlukan waktu sangat lama untuk menganalisisnya karena berusaha untuk membaca siklus pemakaian terlebih dulu. Jadi sedikit kurang cocok untuk mengecek kerusakan pada HP yang ingin dibeli.

Memanfaatkan Engineering Mode

Engineering mode di ponsel Xiaomi mencakup banyak menu pengetesan untuk fungsi dan komponen milik perangkat. Jadi anda bisa mengecek berbagai kerusakan tanpa perlu berpindah-pindahan aplikasi atau mode seperti cara manual.

Adapun sebagian di antaranya meliputi pengetesan micro SD, Kartu SIM, getaran, tombol, lampu notifikasi, lampu flash, fungsi sentuh, layar, speaker, mikrofon, jack audio, radio, WiFi, Bluetooth, akselerometer, giroskop, sensor magnetik, sensor jarak, sensor cahaya, kamera, indikator baterai, pengisian daya, OTG, NFC, GPS, maupun pemindai sidik jari.

Hanya saja ketersediaan menu pengetesan untuk setiap model perangkat bisa berbeda-beda. Selain itu, kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengakses engineering mode juga tidak sama di mana sejumlah HP jadul Xiaomi misalnya memakai *#*#64663#*#*.

Demikian informasi mengenai cara cek kerusakan HP Xiaomi yang tidak terlihat agar tidak tertipu. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600