sukatoro
2176 points

sukatoro's Awards
Reach 100 Points

Latest Threads by sukatoro
1 month ago
by sukatoro
24 comments

Latest Comments by sukatoro
sukatoro / 3 pts / 1 day ago
Perokok mau gendernya apapun pasti negatif, karena ga baik buat kesehatan.

Soal setuju atau nggak itu irrelevant, karena itu pilihan mereka, jadi suka2 mereka.

Kalo gw pribadi liat cewe merokok sih biasa aja. Kalau liat cewe bisa nyemburin api itu baru luar biasa.
sukatoro / 1 pts / 2 days ago
Rambut limbad, karena limbad kuat.
sukatoro / 1 pts / 3 days ago
Gw kagak. Temen gw jg cuma ada 1 yang kayak gitu.
sukatoro / 3 pts / 3 days ago
Gw Januari 2020 sempet ke Malaysia naik pesawat. Pas udah di atas KL (keliatan dari flight radar), si pilot info bahwa karena cuaca buruk, kita belum bisa landing. Ada sekitar setengah jam muter2 di atas KL, sebelum pilot info lagi bahwa karena takut kehabisan bahan bakar, pesawat bakal didaratin di Medan dulu untuk isi bensin, sambil nunggu cuaca membaik. Agak tegang sih, karena baru pertama kejadian kayak gitu. Tapi untungnya ga ada kejadian buruk lain.
sukatoro / 2 pts / 3 days ago
PSBB emang perlu, kenapa? Karena karakter masyarakat kita, kalau gak ada aturan, gak ada kesadaran buat patuh sendiri. Gw sering menganalogikan ini sama peraturan pake helm dan pake sabuk pengaman. Jaman belum ada denda/tilang buat dua hal itu, gak ada kan yang peduli pake helm dan sabuk? Sekarang aja masih banyak kok yang ga pake, alesannya selalu 'kan deket'. Padahal udah ada aturannya. Apalagi kalau tidak diatur.

Lagian, kemaren waktu ga ada PSBB, lihat aja - tiap liburan tempat wisata selalu rame. Liburan tahun baru kemaren ada berapa temen/keluargamu yang ga peduli dan tetep keluar kota, walau jelas instruksinya adalah 'membatasi mobilitas'. Warung dan kafe masih aja rame. Mall masih rame. Orang masih aja berkerumun di tempat ibadah. Dan PAKAI MASKER itu gak buat anti-corona. Masker itu untuk jaga-jaga aja. Paling baik ya, stay dirumah.
Tentu saja jawabannya 'lho kan stress di rumah, sama aja nanti bisa sakit'. Ya, ya.

Belum lagi kaum konspirasi mamarika yang tidak percaya dengan corona. Bilang kalau corona ini buatan. Bilang kalau vaksin corona ada microchipnya buat deteksi ini itu. Bilang kalau vaksin corona bikin sumbing dan cacat lain sebagainya. Udah kebakaran, disiram bensin.

Dan lagi, 'PSBB = rakyat kecil sengsara' ini pemikiran yang naif. Lu lagi disetir media untuk berpikir seperti itu. Ga cuma rakyat kecil, hampir semua juga sengsara. Pemilik usaha semakin diperkecil jam buka usahanya, belum lagi yang bisnisnya ga bisa dilakukan secara online, contoh : hotel, pariwisata, salon kecantikan, tempat pijat, rental mobil, antar jemput sekolah, dan lain sebagainya. Percayalah, ga ada yang mau pandemi terus-terusan ada.

I agree with you, masih banyak orang di sekitar gw yang ngomel mulu 'duh kapan ya pandemi berakhir', tapi tiap mau liburan masih pada planning mau jalan2 kemana.

Ngomong realistisnya, gw tahun ini masih nge-plan semuanya dengan pertimbangan corona masih tetap ada sepanjang tahun. Kita lihat lagi perkembangannya tahun depan.