Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Uncategorized

5+ Panduan Cara Modifikasi Motor Yang Baik dan Aman Dari Tilang Polisi

×

5+ Panduan Cara Modifikasi Motor Yang Baik dan Aman Dari Tilang Polisi

Share this article
Cara Modifikasi Motor Yang Baik dan Aman Dari Tilang Polisi

Melakukan modifikasi motor merupakan cara untuk membuat motor kesayangan makin terlihat menarik. Namun penting untuk mengetahui cara modifikasi motor yang baik dan aman dari tilang polisi sehingga anda pun tidak perlu was-was ketika berada di jalan raya dan bertemu polisi atau saat sedang sweeping.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana modifikasi motor merupakan hal umum yang dilakukan banyak pemilik motor dan sudah menjadi pemandangan umum ditemukan di jalan raya. Dengan modifikasi motor, maka pemilik motor pun bisa mengekspresikan gaya dan kepribadian serta membuat motor kesayangan terlihat makin menarik dan membuat bangga pemiliknya.

Example 300x600

Akan tetapi terdapat “batasan” hukum dalam melakukan modifikasi motor untuk kenyamanan dalam berkendara di jalan raya agar anda tidak ditilang polisi dimana terdapat peraturan lalu lintas yang harus dipatuhi dalam modifikasi motor yang digunakan sehar-hari di jalan raya untuk kenyamanan pengendara pribadi, menjaga keselamatan pengguna jalan yang lain serta administrasi negara.

Dan sesuai dengan judul diatas, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara modifikasi motor yang baik dan aman dari tilang polisi untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Modifikasi Motor Yang Baik dan Aman Dari Tilang Polisi

Cara Modifikasi Motor Yang Baik dan Aman Dari Tilang Polisi

Mengubah rangka

Mengubah rangka motor bisa berakibat fatal jika dilakukan secara sembarangan. Oleh karenanya hal ini di larang dalam undang – undang yang berlaku. Lagian rangka motor sudah terdapat nomor seri untuk administrasi motormu. Jika anda ubah, tidak heran kalau nanti motor anda ditahan oleh pihak yang berwajib.

Banyak memang yang mengubah rangka motornya supaya terkesan lebih garang dan hal yang wajar punya keinginan seperti itu dimana motor yang beredar di Indonesia memang kebanyakan serupa. Jadi wajar saja kalau anda ingin terlihat berbeda di jalanan.

Bahkan motor kopling seperti Vixion, Thunder, RX King yang terkenal garang juga kadang masih di modif supaya terlihat lebih macho. Padahal cara modifikasi motor vixion biasanya terkenal dengan biaya yang mahal. Begitu juga dengan cara modifikasi motor Thunder dan cara modifikasi motor RX King yang tidak jarang bikin kantong pemotor langsung kempes.

Bore up mesin

Siapa sih yang tidak ingin memiliki mesin yang bisa bikin motor melaju dengan cepat? Modifikasi kapasitas mesin atau yang istilahnya adalah bore up selalu jadi andalan penggila otomotif. Motor yang biasanya tampak lemah seperti Jupiter Z bisa jadi “jahat” lantaran menambah kapasitas mesinnya. Cara modifikasi motor Jupiter Z seperti ini banyak banget ditemui di jalanan.

Motor lain yang sering bore up yaitu Legenda dan Supra. Kedua jenis motor ini memang terkenal bandel di kelasnya. Menjadikannya kencang cukup dengan melakukan bore up dan penyetelan karburator yang sesuai. Cara modifikasi motor legenda dan cara modifikasi motor supra seperti ini banyak ditemui di balapan liar tahun 2010-an. Kedua motor ini selalu ada disetiap event balap liar jalanan.

Sayangnya modifikasi ini juga dilarang oleh undang – undang. Jadi sebaiknya jangan asal bore up mesin kalau anda tidak ingin membayar tilang ke polisi.

Menghilangkan alat keselamatan

Modifikasi dengan mencopot spion dan peralatan yang menunjang keselamatan anda sudah pasti dilarang dimana tidak perlu alasan panjang untuk menjelaskannya. Sudah pasti karena hal ini berbahaya. Jangan jadi pengendara bodoh dengan mengendarai motor yang tidak dilengkapi dengan aksesoris pengaman seperti lampu dan spion. Alih alih tampak keren, hal itu malah membuat anda tampak bodoh di mata banyak orang.

Modifikasi motor tidak akan pernah disalahkan ketika motor itu hanya digunakan untuk kontes saja. Tapi jika motor tersebut dipergunakan untuk kegiatan harian, segera daftarkan motor anda dengan prosedur yang benar supaya anda tidak diberi surat tilang oleh Pak Polisi dan Mbak Polwan cantik yang bertugas.

Mengubah warna

Walaupun sebenarnya tidak ada hubungannya dengan keselamatan berkendara, tapi mengubah warna juga dilarang jika warna yang baru berbeda dengan yang ada di stnk motor anda. Prosedur penggantian warna di STNK sebenarnya tidak makan biaya banyak, makanya anda wajib mengurusnya sebelum anda kena tilang di jalanan.

Demikian informasi mengenai cara modifikasi motor yang baik dan aman dari tilang polisi. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600